1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




Peradilan Militer


PDFCetakE-mail

PELAKSANAAN AKREDITASI PADA PENGADILAN MILITER III-16 MAKASSAR

 

Ditjen Badilmiltun melanjutkan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Militer III-16 Makassar, dilaksanakan tanggal 28 sampai dengan 30 Juni 2018 yang lalu. Kembali Dirbin Ganisminmil, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. menjadi Ketua Tim Akreditasi dan memimpin asesmen dengan anggotanya, Kolonel Sus Reki Irene Lumme, S.H., M.H. sebagai penanggung jawab Area 2, Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H., penanggung jawab Area 3 dan 5 serta Hari Arief Darmawan, S.H. sebagai penanggung jawab Area 4. Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Ditjen Badilmiltun melakukan assesmen secara cermat dan penuh seksama dengan pemeriksaan bukti dukung (evidence) yang cukup detail.

Dari hasil assesmen selama kurang lebih 3 hari, didapat kesimpulan bahwa Dilmil III-16 Makassar dibawah kepemimpinan Kadilmil Kolonel Chk (K) Faridah Faisal, S.H., M.H. telah cukup baik menjalankan fungsinya. Kerja keras dan usaha seluruh anggota personil Dilmil III-16 Makassar membuahkan hasil yang memuaskan sehingga di akhir kegiatan assesmen diumumkan keberhasilan satuan kerja peradilan militer ini untuk meraih status Terakreditasi.

Ketua Tim Akreditasi, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. berpesan agar Kadilmil dan seluruh personil Dilmil III-16 Makassar jangan berpuas diri meraih hasil ini, karena tantangan yang paling berat adalah membuktikan dan mempertahankan status Terakreditasi yang telah disandang. Bahkan jadikan hasil ini sebagai pemicu semangat dan motivasi untuk lebih menciptakan inovasi-inovasi baru khususnya di bidang Teknologi Informasi.

Selamat atas teraihnya status Terakreditasi bagi Pengadilan Militer III-16 Makassar. Perjuangan belum berakhir, masih harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari waktu ke waktu. (drm1075)

Dokumentasi Foto

Video Asesmen Area

Video Yel-Yel Akreditasi Dilmil III-16 Makassar


PDFCetakE-mail

PELAKSANAAN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PERADILAN MILITER I-06 BANJARMASIN

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I. kembali melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Peradilan Militer I-06 Banjarmasin yang dilaksanakan tanggal 25-27 Juni 2018. Tim Akreditasi langsung dipimpin oleh Dirbin Ganisminmil, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. sebagai Ketua dengan anggota Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H., Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. dan Hari A. Darmawan, S.H. dengan kriteria penilaian pada 5 Area masing-masing Area 1 Pengawasan dan Evaluasi Terhadap Kepemimpinan, Area 2 Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara Peradilan Militer, Area 3 Sarana dan Prasarana Peradilan Militer, Area 4 Pengelolaan Aplikasi SIPP dan Aplikasi Berbasis IT Lainnya Di Peradilan Militer serta Area 5 Pelaksanaan Pelayanan Meja Pengaduan dan Penanganan Pengaduan Di Peradilan Militer.

Sejak hari pertama telah terlihat antusiasme seluruh personil Dilmil I-06 Banjarmasin dalam menghadapi proses assesmen akreditasi ini. Tentunya persiapan matang telah dilakukan dengan kerja keras yang maksimal demi meraih predikat Terakreditasi. Dokumen-dokumen serta berbagai inovasi dijabarkan dengan jelas dan kekompakan seluruh personil yang dikomandoi Kadilmil I-06 Banjarmasin, Letkol Sus Tri Akhmad Baykhoni, S.H., M.H. beserta Panitera, Sekretaris dan para Hakin Militer membuat pelaksanaan assesmen berjalan dengan lancar, cepat serta memudahkan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu dalam menjalankan tugas.

Di akhir pelaksanaan assesmen pada taklimat akhir, Ketua Tim yang mewakili suara seluruh anggota menyampaikan rasa bangga dan respect akan keseriusan, kesiapan dan kerjasama seluruh personil Dilmil I-06 Banjarmasin sehingga dinyatakan mendapat status Terakreditasi yang disambut gemuruh tepuk tangan yang menggema, menggambarkan rasa sukacita yang mendalam dari segenap personil.

Selamat dan sukses untuk Dilmil I-06 Banjarmasin. Semoga dengan keberhasilan ini dapat lebih memacu semangat, motivasi, keinginan untuk maju dan berkembang serta meningkatkan kinerja seluruh personil dalam upaya mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung yang modern. (drm1075)

Dokumentasi Foto

Video Penyambutan

Video Yel-Yel

Video Pembacaan Catatan dan Saran Ketua TAPM

PDFCetakE-mail

KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PANITERA DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018 DI SURABAYA


 

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan Bimbingan Teknis Panitera di Lingkungan Peradilan Militer pada tanggal 11 sd 13 April 2018 dengan tema ”Melalui Bimtek Kita Tingkatkan Kompetensi Panitera Militer Menuju Peradilan Militer Yang Agung. Bimtek yang diadakan di Java Paragon Hotel Surabaya ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari Panitera, Panitera Pengganti, Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Pidana di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bimtek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam pidato pembukaannya, Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan Teknis Panitera merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan Peradilan. Maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para Panitera Militer tentang perkembangan di lingkungan Peradilan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan para Panitera Militer dalam teknik pembuatan Berita Acara Sidang dan  Produk-Produk Kepaniteraan, sehingga dapat menjadi Panitera yang profesional.

Saat ini masih ditemukan adanya kesalahan maupun keterlambatan   admnistrsi di bidang kepaniteraan, hal ini  disebabkan karena manajemen yang kurang baik, mulai dari perencanaan sampai kepada implementasi dan pengawasan di lapangan, demikian pula adanya kesalahan-kesalahan yang bersifat non teknis yang justru bersumber dari aspek mentalitas individu. Oleh sebab itu, bimtek yang akan dilaksanakan ini diberikan kepada para Panitera Militer, baik Panitera Militer pada lingkungan Peradilan Militer tingkat banding maupun pada tingkat pertama dengan harapan agar penyelenggaraan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan Panitera Militer dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat terwujud  peradilan yang berwibawa, mandiri dan dihargai. Selain itu juga untuk membangun mentalitas Panitera Militer agar  dapat menjaga kehormatan dan keluhuran martabat sebagai Panitera Militer sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima dan adil kepada masyarakat pencari keadilan.

Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek Panitera Militer tahun 2018 :

1.  Teknik Pembuatan BAS dan produk-produk kepaniteraan dengan narasumber Brigjen TNI (purn) Anthon R. Saragih, S.H., M.H., Hakim Tinggi Tipikor pada Pengadilan Tinggi Jakarta;

2.  Pedoman Penyusunan Putusan di lingkungan Peradilan Militer menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan Narasumber Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., Pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa pada Universitas Negeri Jakarta.

3.  Kode Etik Panitera dengan Narasumber H. Tavip Dwiyatmiko, S.H., M.H., Panitera pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara narasumber dengan peserta menjadikan Bimtek ini berlangsung baik, terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bimtek serta diperoleh 3 (tiga) orang Peserta terbaik yang dinilai dari penilaian Pre Test, Post Test serta keaktifan bertanya dalam proses kegiatan Bimtek.

Selanjutnya Penutupan Bimtek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Bapak Brigadir Jendera TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. (drm)


PDFCetakE-mail

Senin, 02 April 2018

BIMBINGAN TEKNIS SIPP (SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA) DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Aplilasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Versi 3.2.0 Bagi Para Admin IT dan Panitera di Lingkungan Peradilan Militer” pada tanggal 21 sd 23 Maret 2018. Bintek yang diadakan di Hotel Ibis Gading Serpong  ini diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari para Admin IT dan Panitera di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bintek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam Pembukaan tersebut, Bapak Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) atau yang sering disebut CTS (Case Tracking System) merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan peradilan. Maksud dan tujuan dari bimtek  ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para peserta tentang perkembangan teknologi informasi di lingkungan peradilan khususnya mengenai Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) sehingga masyarakat pencari keadilan dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat begitu juga dengan seluruh aparatur pengadilan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pengadilan Militer dewasa ini sudah dapat mengikuti perkembangan sistem yang baru dibangun oleh Mahkamah Agung RI. Hal tersebut patut kita syukuri tentunya dengan tidak berbangga hati dan terus berusaha untuk menjadi pengadilan yang bermutu dan berintegritas. Pengadilan Militer harus terus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi baik dalam hal administrasi maupun dalam teknis peradilan. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa Mahkamah Agung RI sedang giat-giatnya memberlakukan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) baik pada Mahkamah Agung sendiri maupun empat lingkungan peradilan di bawahnya hal tersebut tidak lain  agar tujuan one day publis dan one day minut dapat terlaksana di tahun 2018 serta dapat menjadi  peradilan yang bermutu dan berkualitas. 
Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek sipp tahun 2018 adalah sebagai berikut:
1.      Integrasi SIPP – direktori putusan (dan SIAP), dengan narasumber Helmi Indra Mahyudin, S.Fil.;
2.      Business process dan troubleshoot SIPP TK I, dengan narasumber Didik Irfan Setiawan, S.Kom.; 
3.      Business process dan troubleshoot SIPP Tk Banding, dengan narasumber Zullvan Sugiantoro, S.T..; dan
4.      Penjelasan dan Troubleshooting Sinkronisasi dengan narasumber Adityo Nugroho, S.T.
Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara Pemateri dengan Peserta menjadikan Bintek ini berlangsung dengan sangat baik, yang terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bintek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bintek.
Menjelang Penutupan, disampaikan pemaparan tentang Reformasi Birokrasi oleh Ketua Tim RB Mahkamah Agung yang juga Sekretaris Ditjen Badilmiltun Ibu Jeanny H.V. Hutauruk, SE., MM., Ak., agar setiap Satker di lingkungan Peradilan Militer dapat meningkatkan capaian Reformasi Birokrasinya. Selanjutnya Penutupan Bintek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer. (Amanda)

PDFCetakE-mail

Permohonan Peserta Seleksi Fit & Proper Test / Eksaminasi  Di Lingkungan Peradilan Militer

Dalam rangka pengisian jabatan Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding, Hakim Militer Tinggi dan Pengadilan Militer Tipe A di Lingkungan Perdilan Militer, Ditjen Badilmiltun MARI membuka Seleksi Fit & Proper Tets / Eksaminasi.

Syarat dan ketentuan bisa di lihat pada surat berikut :

Surat Permohonan Peserta Seleksi Fit & Proper Test / Eksaminasi

(Amanda)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2771
mod_vvisit_counterYesterday3827
mod_vvisit_counterThis week2771
mod_vvisit_counterAll days7846943

We have: 59 guests, 6 bots online
Your IP: 18.206.13.39
 , 
Today: Agus 18, 2019