Ditjen Badilmiltun khususnya Subdit Bangganismil melaksanakan Bimbingan Teknis Hakim TA. 2023, kegiatan dilaksanakan sesuai dengan arahan dan perintah dari pemerintah agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Bimtek Hakim dilaksanakan di Hotel Holiday Inn & Swites Jakarta Gajah Mada, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari hari Senin sampai dengan hari Rabu tanggal 20 s.d. 22 Februari 2023 dan diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari 10 orang Luring (9 orang Pengadilan Militer, 1 Orang dari Otjen TNI) dan 30 orang Daring yang terdiri dari jajaran Pengadilan Militer Seluruh Indonesia.

Bimtek kali ini mengangkat tema Bimbingan Teknis Penyelesaian Perkara Koneksitas di Lingkungan Peradilan Militer, dengan mengundang nara sumber dari berbagai instansi maupun akademisi yang terdiri dari  Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Laksamana Muda TNI Anwar Saadi, S.H.) dengan materi Mekanisme Penyidikan dan Penuntutan Perkara Koneksitas ditinjau dari Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Pidana Militer, dari Babinkum TNI (Laksamana Pertama TNI Krisno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D.) dengan materi Struktur dan Kultur Hukum Penanganan Perkara Koneksitas, dan dari Waka Dilmilti III Surabaya (Kolonel Chk Dr. Esron Sinambela, S.S., S.H., M.H.) dengan materi Mekanisme Pemeriksaan Perkara Koneksitas dan Upaya Hukumnya. Kegiatan Bimtek Hakim di buka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, namun pada pelaksanaannya diwakili oleh Kasubdit Binganismil (Kolonel Chk Widodo, S.H.), selanjutnya kegiatan disesuaikan yang telah dijadwalkan oleh panitia penyelenggara kegiatan Bimbingan Teknis.

Kegiatan tersebut sangat antusias sekali diikuti oleh para peserta baik secara Daring/Luring dengan adanya tanya jawab ataupun diskusi antara peserta dengan nara sumber, karena diharapkan kedepannya para Hakim Militer agar lebih profesional dalam membuat putusan perkara. Selama 3 (tiga) hari kegiatan Bimtek Hakim Peradilan Militer berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Kegiatan Bimtek Hakim ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, dikarenakan berhalangan hadir pelaksanaan penutupan juga diwakili oleh Kasubdit Binganismil (Kolonel Chk Widodo, S.H.).

 

Dokumentasi :

 

DSC04106

DSC04132DSC04212

DSC04253WhatsApp Image 2023 03 08 at 121612

DSC04133

DSC04469

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca