1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

30 Mei 2014

Pelantikan Kelulusan Peserta Diklat Calon Hakim Terpadu Angkatan II

Balitbang Diklat Kumdil MARI - Sehubungan akan diadakan Pelantikan Kelulusan Calon Hakim PPC Terpadu Angkatan II Lingkungan Peradilan Umum, Agama, dan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia, yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juni 2014 di Gedung Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Megamendung - Bogor, berikut diberitahukan kepada Calon Hakim Peradilan TUN yang namanya tercantun dalam daftar lampiran untuk hadir.

Informasi selengkapnya silahkan unduh surat undangan dibawah ini :

Suratnya


Ditulis oleh STM 23 Mei 2014

Pemberitahuan Peserta Bimtek Pemberkasan Perkara Tata Usaha Negara (Revisi)

Dalam rangka melaksanakan kegiatan DIPA Ditjen Badilmiltun tahun Anggaran 2014, diharapkan kehadiran Panitera / Sekretari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara / Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak yang namanya terdapat dalam surat (terlampir) untuk mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak yang akan dilaksanakan pada :


Hari / Tanggal :  Minggu 8 Juni s/d selasa 10 Juni 2014

Tempat HOTEL ASTON DENPASAR Jl. Gatot Subroto barat 283 Denpasar Bali 80231  Telp. 0361 411999 - 422999


Apabila yang bersangkutan berhalangan hadir dimohon untuk menunjuk penggantinya.

Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.

download surat, daftar peserta dan jadwal kegiatan

download surat konfirmasi pemesanan tiket


16 Mei 2014

Bintek Kepaniteraan Peradilan Militer 2014

Yogyakarta, 12 Mei 2014

Bintek Kepaniteraan Militer-Jogja 2014Direktorat Pranata dan Tatalaksana Ditjen Badilmiltun pada tanggal 12 Mei 2014 sampai dengan 14 Mei 2014 mengadakan Bimbingan Teknis Kepaniteraan Peradilan Militer di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Bintek yang diikuti oleh 40 orang peserta terdiri  dari  para  Panitera  yang berpangkat Perwira Pertama Letnan Dua sampai Kapten sebanyak 18  Orang, Para Bintara 12 orang serta Pegawai Negeri Sipil yang memegang tugas pemberkasan sebanyak 10 orang. Bintek ini dihadiri para pimpinan Ditjen Badilmiltun diantaranya Sulistyo, SH.M.Hum (Dirjen), H. Sugiyoto, SH. CN, MM. (Ses Ditjen), Brigjen Purn Anthon R. Saragih (Dir Bin Ganis Mil), Kol. Purn. H. Sunardi, SH. MH. (Dir Pratalak Mil), Waka Dilmiltama Birjen AAA. Oka Dewi Iriani, SH. MH. dan pejabat eselon II, III dan IV lainnya.

Meskipun Bintek semacam ini sudah dilaksanakan hampir setiap tahunnya, namun untuk kali ini antusias dan partisipasi dari para peserta sangat tinggi sekali, terbukti pada hari pertama yang membahas kapita selekta pemberkasan perkara pidana militer dengan narasumber Letkol Sarwo Edi, SH. MH. dari Puslitbangdiklat Kumdil MA diadakan sesi tanya jawab hingga larut sampai pukul 23.30. Demikian juga pada hari kedua dengan materi implementasi SEMA No.1 Tahun 2014 yang disampaikan oleh narasumber Asep Nursobah, S.Ag dari Kepaniteraan MA, para peserta juga sangat banyak menyampaikan pertanyaan-pertanyaan termasuk masukan dan kendala yang dihadapi di daerah, khususnya yang terkait dengan upload putusan melalui direktori putusan dan pengiriman dokumen elektronik. Sesi terakhir pada malam harinya diadakan praktek simulasi langsung pemberkasan yang sesuai dengan buku II Pedoman Teknis Administrasi dan Pemeriksaan Di Sidang Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan Militer, dengan dibagi menjadi 7 kelompok dan diberikan penilaian dengan diberikan peringkat.

Foto lainnya disini.


08 Mei 2014

Rapat Penyusunan RUU Peratun

rapat ruu peratun 1Jakarta - Rabu, 7 Mei 2014 Ditjen Badilmiltun menggelar Rapat Penyusunan RUU Peratun di Hotel Alila, Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh Hakim Agung Ketua Kamar TUN, Dr. H. Imam Soebechi, SH, MH dan Hakim Agung Dr. H. Supandi, SH, MHum serta para Hakim Tinggi TUN Dr. Arifin Marpaung, SH, MHum, Dr. Santer Sitorus, SH, MH, Dr. Disiplin F. Manao, SH, MH, Dr. H. Dani Elpah, SH, MH dan Hakim PTUN Teguh Satya Bhakti, SH, MH. Rapat di buka oleh Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum dengan menjelaskan latar belakang perlunya dilakukan penyusunan RUU Peratun yang baru jika kelak RUU Administrasi Pemerintahan disahkan. RUU Peratun yang baru ini disusun memang dalam rangka menyongsong lahirnya UU Administrasi Pemerintahan, karena dengan berubahnya UU Administrasi Pemerintahan maka akan berdampak pada UU Peratun, salah satunya adalah bertambah luasnya objek sengketa Peradilan Tata Usaha Negara. Hakim Agung Ketua Kamar TUN dalam pengarahannya juga memberikan beberapa catatan-catan penting untuk diperhatikan oleh tim penyusun. Tim Penyusun yang diketuai oleh Hakim Agung DR. H. Supandi, SH, MHum membagi tugas dengan membentuk kelompok-kelompok kerja dengan tugasnya masing-masing.

Rapat penyusunan RUU Peratun ini adalah rapat yang pertama, rapat selanjutnya dijadwalkan awal Juni 2014 dengan salah satu agenda rapat untuk membahas hasil kerja kelompok masing-masing.(ns)


28 April 2014

Diskusi Troubleshooting Para Admin SIADPTUN

Jakarta - Dalam kesempatan Bimbingan Teknis Administrasi Peradilan di Bandung beberapa hari lalu, para admin SIADPTUN dikumpulkan untuk menerima materi dan diskusi mengenai beberapa permasalahan yang sering dihadapi saata implementasi SIADPTUN. Menghadirkan narasumber dari konsultan IT Badilmiltun, Ervan Wiravan, SE, MH dan Jefri Wijaya, ST para peserta nampak antusias dengan kesempatan ini, selain itu mereka juga dapat saling bertukar ilmu dengan sesama admin lainnya. 

Kesempatan ini juga tidak disia-siakan oleh pihak konsultan untuk memberi pengarahan, mengumpulkan informasi dari para admin untuk pengembangan aplikasi dan mensosialisasikan versi terbaru SIADPTUN, versi 2.43 yang dilengkapi dengan sebuah fitur baru yaitu Kunci Perkara yang berguna saat proses input data maupun preview dokumen. Ervan Wiravan, SE, MH mengatakan bahwa titik akhir dari perjalanan ini bukanlah ketika aplikasi sudah selesai dibuat atau dipasang, bahkan mungkin titik akhir itu tidak pernah ada karena untuk membuat sistem yang sempurna akan terus dilakukan penyempurnaan. Harapannya kelak Peradilan Tata Usaha Negara memiliki tingkat kemandirian yang tinggi, suatu hari nanti bahkan admin diharapkan sudah dapat membuat template sendiri. Berbagai tips dan trik juga diberikan untuk memudahkan pekerjaan mereka. 

Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan koordinasi Peradilan Tata Usaha Negara se-Indonesia, telah dibuat grup di facebook dengan nama Ksatria SIAD-MILTUN, para admin diharapkan dapat bergabung dan memanfaatkan grup ini untuk saling berkomunikasi dan menerima informasi-informasi terbaru mengenai update aplikasi maupun informasi-informasi penting lainnya yang terkait dengan tugas dan fungsinya sebagai admin SIADPTUN. Adapun beberapa tugas para admin diantaranya mengumpulkan hasil review saat implementasi SIADPTUN, error debugging, membuatkan hak akses bagi user, dan kelak akan diarahkan agar dapat membuat template sendiri. Narasumber juga berpesan jika kelak ada pelatihan-pelatihan SIADPTUN diharapkan satker dapat membawa backup database-nya masing-masing untuk keperluan praktek. (ns)


25 April 2014

Penyelenggaraan Bintek Administrasi Peradilan TUN T.A. 2014

 Bandung - Pada 23-25 April 2014, Ditjen Badilmiltun menyelenggarakan Bimbingan Teknis Administrasi di Hotel Golden Flower, Bandung. Peserta bimbingan teknis kali ini adalah Panitera Sekretaris, Panitera Muda Hukum dan para admin SIADPTUN. Bimbingan teknis kali ini memiliki beberapa agenda,yang pertama mengenai wawasan kepemimpinan, keseragaman pelaporan perkara, sosialisasi SIADPTUN bagi para Panitera Sekretaris dan troubleshooting SIADPTUN bagi para admin. Narasumber yang di hadirkan untuk memberikan materi adalah Dr. Arifin Marpaung, SH, MH (Hakim PTTUN Jakarta), Asep Nursobah, S.Ag, MH (Hakim Yustisial MARI), Ervan Wiravan, SE, MH (Tiim Konsultan IT Ditjen Badilmiltun) dan Jefri Wijaya, ST (Tim Konsultan IT Ditjen Badilmiltun). Terlihat bahwa para peserta datang dengan penuh semangat dari satker asalnya untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini.

Kegiatan bimbingan teknis yang bertema "Dengan Pola Bindalmin dan Aplikasi SIADPTUN Kita Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Peradilan Tata Usaha Negara" dibuka secara resmi oleh Dirjen Badimiltun, Sulistyo, SH, MHum dengan mengajak seluruh peserta untuk menggunakan kesempatan bimbingan teknis ini untuk sungguh-sungguh menimba ilmu hingga kelak dapat dibawa sebagai bekal yang berguna ketika kembali ke satker masing-masing. 

Seperti diketahui bahwa saat ini merupakan masa-masa 'pergerakan' bagi Peradilan Tata Usaha Negara untuk menuju Peradilan yang modern, dimana salah satu usahanya melalui pengelolaan perkara yang terotomatisasi yaitu aplikasi SIADPTUN, sehingga setiap kesempatan diusahakan untuk mengoptimalkan sosialisasi SIADPTUN kepada satker pengadilannya. Seperti halnya dalam bimbingan teknis ini, juga diselipkan materi sosialisasi kepada para Panitera Sekretaris mengenai manfaat menggunakan SIADPTUN mengingat Panitera Sekretaris juga merupakan salah satu pengguna aplikasi tersebut. Sedang bagi para admin SIADPTUN diundang menghadiri bimbingan teknis untuk bersama-sama berbagi solusi dari berbagai masalah teknis yang muncul saat menggunakan SIADPTUN. 

Kegiatan bimbingan teknis ini ditutup oleh Direktur Pembinaan Tenga Teknis dan Adminisrasi, Yodi Martono Wahyunadi, SH, MH. Dalam pengarahannya Direktur mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas, penting untuk selalu mengingat pada tujuan yang hendak dicapai. Sedang peran pimpinan dalam hal ini adalah sebagai penunjuk arah. Setelah mengetahui tujuan maka ditetapkanlah strategi atau upaya terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan Peradilan Tata Usaha Negara saat ini adalah mewujudkan peradilan yang modern, dan upaya terbaik yang dapat dilakukan saat ini adalah melalui melalui aplikasi SIADPTUN. "Tentu saja dalam perjalanannya akan banyak menemui tantangan, gangguan, hambatan bahkan mungkin ancaman, namun seorang pemimpin tidak boleh menyerah", demikian jelasnya. "Setiap jabatan yang diemban pada hakekatnya adalah amanah dari Tuhan, sehingga niatkan juga kerja sebagai ibadah. "Untuk itu dibutuhkan bukan hanya kompetensi, melainkan juga integritas", tambahnya lagi. (ns)


24 April 2014

PELAKSANAAN KEGIATAN TEST WAWANCARA CALON HAKIM MILITER T.A 2014 DITJEN BADILMILTUN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

Jakarta - Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dalam rangka rekrutmen calon Hakim Militer Mahkamah Agung R.I tahun anggaran 2014 telah melaksanakan kegiatan seleksi tahap akhir berupa test wawancara bagi para peserta yang lulus seleksi tahap sebelumnya yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 22 – 23 April 2014 bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung R.I. Lantai IX, Jl. Jenderal A. Yani Kav. 58 By Pass Jakarta Pusat. Test dibagi dalam dua hari masing-masing untuk 20 orang peserta cakimmil yang keseluruhan berjumlah 40 orang. Ada 6 Penguji yang dihadirkan untuk seleksi wawancara ini, beliau adalah Ketua Kamar Pidana Militer MA-RI Yang Mulia Dr. H.M. Imron Anwari, SH., S.pn., MH., Ketua Kamar Pidana MA-RI Yang Mulia Dr. Artidjo Alkostar, SH., LLM., Ketua Kamar Pengawasan MA-RI Yang Mulia Bpk. Timur P. Manurung, SH., MM., Hakim Agung MA-RI Yang Mulia Drs. Burhan Dahlan, SH., MH., serta dua orang dari kalangan akademisi, Prof. Arbiyoto dan Prof. Abdussalam. Test wawancara ini dimulai pukul 08.00 Wib dan berlangsung dengan lancar, tertib sampai dengan selesai. Para peserta terlihat begitu khidmat dan serius mempersiapkan diri menghadapi seleksi tahap akhir yang akan menentukan kepastian perjalanan karirnya sebagai seorang Hakim di lingkungan Peradilan Militer Mahkamah Agung R.I.

Untuk pengumuman hasil test wawancara akan diberitahukan lebih lanjut melalui website Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I., www.ditjenmiltun.net. Diharapkan dari seleksi yang ketat dan transparan dengan dukungan kerjasama yang baik dari lembaga Quantum sebagai tim seleksi tahap awal serta melibatkan 6 orang Penguji berkualitas yang merupakan pakar-pakar hukum di lingkungan Mahkamah Agung R.I dan kalangan akademisi, kegiatan rekrutmen cakimmil T.A 2014 kali ini akan menghasilkan para Hakim Militer yang berkualitas, teruji dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat mengemban visi dan misi Lembaga Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk menjadi sebuah Lembaga Peradilan yang Agung dan berpihak pada rasa keadilan masyarakat Indonesia. (drm)


17 April 2014

Rapat Persiapan Bintek Administrasi Peradilan TUN T.A. 2014 

Jakarta - Kamis, 17 April 2014 Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN mengadakan rapat persiapan kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi yang akan diselenggarakan di Bandung pada tanggal 23-25 April 2014. Rapat tersebut membahas pembagian tugas panitia bimbingan teknis, pengecekan administrasi surat-surat, susunan acara, serta perlengkapan ATK yang akan dibawa ke lokasi bintek. Rapat dibuka oleh Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN, Kartono, SH, MH dan dipimpin oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN. (ns) 


09 April 2014

Pelantikan Kepala Seksi Peningkatan Mutu Hakim Direktorat Bin Ganismin Militer

Jakarta - Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara melantik dan mengambil sumpah pejabat Eselon IV Susetyo, SH sebagai Kepala Seksi Peningkatan Mutu Hakim pada Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan Militer pada Selasa, 8 April 2014 pada pukul 14.00 WIB. Sebelum menduduki jabatan tersebut, Susetyo, SH adalah Kepala Sub Bagian Kesekretariatan Ketua Muda Pidana Khusus pada Bagian Kesekrertariatan Pimpinan Biro Kesekretariatan Pimpinan Badan Urusan Administrasi MA RI. Sedangkan Kasi Peningkatan Mutu Hakim Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Militer sebelumnya dijabat oleh Udin Ramdhan yang sekarang beralih tugas di Kesekretariatan Ketua Mahkamah Agung RI. (sdm/ns)


28 Maret 2014

Sosialisasi Implementasi SEMA No.1 Tahun 2014 Direktorat Pratalakra Militer

Direktorat Pranata dan Tatalaksana Perkara Pidana Militer (Dit Pratalakra Mil) Ditjen Badilmiltun menyelenggarakan kegiatan Pokja sosialisasi Implementasi SEMA Nomor : 1 Tahun 2014 Dalam Pemberkasan  Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali di Direktorat Pratalakra Pidana Militer Mahkamah Agung RI, sekaligus sebagai wujud  pelaksanaan Program Ditjen Badilmiltun Tahun Anggaran 2014. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel d’Batoe Bandung selama 3 hari dari tanggal 25 s.d 27 Maret 2014 dengan dipandu narasumber Asep Nursobah, S.Ag. (Koordinator IT/Hakim Yustisial pada Kepaniteraan Mahkamah Agung) dan PANGIHUTAN SIMORANGKIR, SH, MH. (Panitera Muda Perkara Pidana Militer). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Badilmiltun Sulistyo, SH. M.Hum, Sekretaris Ditjen Badilmiltun H. Sugiyoto, SH. CN. MM, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer Brigjen (Pur) Anthon R. Saragih, SH. MH., Direktur Pranata dan Tatalaksana Perkara Pidana Militer Kolonel Sunardi, SH. MH. dan seluruh Pejabat dan Staf Direktorat Pratalakra Militer. Hal-hal khusus yang disampaikan oleh narasumber pertama dalam pokja ini diantaranya adalah, bahwa dalam SEMA No.14 Tahun 2010 yang termuat atau disertakan sebagai kelengkapan dalam berkas terdiri dari : Putusan Tingkat Pertama, Putusan Tingkat Banding, Memori kasasi dan masih bisa menggunakan CD. Dalam SEMA No.1 Tahun 2014 yang termuat atau disertakan sebagai kelengkapan dalam berkas terdiri dari : Relaas Pemberitahuan Putusan Banding, Akta Permohonan Kasasi; Tanda Terima Memori Kasasi; Putusan Pengadilan tingkat pertama; dan/atau Putusan Pengadilan tingkat banding/kasasi; Surat Dakwaan Jaksa; Memori Kasasi/PK; Kontra Memori Kasasi, dan semuanya harus diinputkan melalui aplikasi Direktori Putusan. Sementara dari narasumber kedua menekankan pada kebijakan Tuaka Militer mengenai kupingan berkas ada penambahan penyebutan antara lain yang tadinya hanya memori kasasi menjadi memori kasasi terdakwa/oditur dan susunan/urutan berkas putusan tingkat pertama, tingkat banding harus berurutan untuk mempermudah Majelis membaca.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1773
mod_vvisit_counterYesterday1502
mod_vvisit_counterThis week3275
mod_vvisit_counterAll days6711338

We have: 76 guests, 1 bots online
Your IP: 54.198.111.185
 , 
Today: Jul 16, 2018

peraturan-button