1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

20 Mei 2013

PENGUMUMAN KELULUSAN REKRUTMEN CALON HAKIM MILITER MAHKAMAH AGUNG R.I TAHUN ANGGARAN 2013

Berdasarkan hasil Rapat Panitia Rekrutmen Calon Hakim Militer Mahkamah Agung R.I  Tahun Anggaran 2013 pada hari Senin tanggal 20 Mei 2013 bertempat di Ruang Rapat Dirjen Badilmiltun, telah diputuskan nama-nama peserta yang LULUS calon Hakim Militer. Selanjutnya dapat dilihat dan diunggah pada link di bawah ini.

Pengumuman Hasil Kelulusan Rekrutmen Cakimmil MA-RI T.A 2013


18 Mei 2013

Bintek Kepaniteraan 2013 : Mengenai Pedoman Pelaksanaan Administrasi Kepaniteraan Hingga Pelaporan Perkara dan Keuangan Perkara Berbasis Web

wahidin subejoJakarta-Pada 15-17 Mei 2013, Ditjen Badilmiltun telah menggelar kegiatan bimbingan teknis kepaniteraan di Yogyakarta, yang pesertanya terdiri dari para panitera muda hukum dari lingkungan Peradilan TUN seluruh Indonesia ditambah peserta dari Pengadilan Pajak, sehingga peserta bintek kepaniteraan ini berjumlah 37 orang.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber, Wahidin, SH (Pansek PTUN Jakarta), Subejo, SH (Pansek PTUN Bandung), dan Haemiwan Fathoni (Tim Pembaharuan MA RI). Materi bintek adalah mengenai pelaporan keuangan perkara, pelaporan perkara serta mengenai kearsipan. Narasumber Wahidin dan Subejo kembali mengingatkan bagaimana pembuatan laporan-laporan berdasarkan standarisasi yang telah disusun dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Administrasi Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara sebagai suplemen Buku II Mahkamah Agung tantang Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Tata Usaha Negara. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para peserta untuk bertanya serta saling berbagi pengalaman serta hal-hal yang menjadi kendala dalam hal pelaporan.

bintek himawanSalah satu agenda dalam bintek ini adalah pelatihan pelaksanaan pelaporan melalui website sms.mahkamahagung.go.id yang juga merupakan aplikasi SMS Gateway untuk Pelaporan Perkara dan Keuangan Perkara. Setelah memberikan materi bagaimana era teknologi informasi telah mengubah cara kerja orang dan institusi, khususnya dalam lingkungan peradilan di Indonesia, narasumber Haemiwan Fathoni memberikan pelatihan kepada para peserta tentang cara penggunaan pelaporan berbasis web, dimana setiap peserta diminta melakukan input data perkara maupun keuangan perkara satker-nya masing-masing. Meskipun, dalam prakteknya tugas input data untuk keperluan pelaporan ini dilakukan oleh petugas/staf, namun tetap dirasa perlu bagi para pejabat kepaniteraan untuk mengetahui cara pengoperasiannya terutama untuk tujuan cek dan ricek atau pengawasan. (ns)

link foto-foto bintek


17 Mei 2013

PENGUMUMAN PENDAFTARAN PESERTA PELATIHAN SERTIFIKASI HAKIM LINGKUNGAN HIDUP

Jakarta-Humas: Sehubungan akan diselenggarakannya Pelatihan bagi Calon Hakim Lingkungan Hidup sebagai bagian dari Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup, bagi Hakim-hakim di Lingkungan Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara, untuk tahun anggaran 2013.

Tim Pelaksana Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup mengundang para hakim dan hakim tinggi, dalam lingkungan Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara untuk mendaftarkan diri mengikuti pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup, dengan persyaratan sebagai berikut:

1.Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan (copy scan) Surat Keterangan Dokter;
2.Jujur dan memiliki integritas moral yang tinggi serta reputasi yang baik, dibuktikan dengan (copy scan) Surat Keterangan dari Pimpinan Pengadilan bahwa tidak pernah dikenai tindakan hukuman disiplin tingkat berat;
3.Telah menjabat sebagai hakim selama 10 tahun dan minimal memiliki golongan kepangkatan III/d, dibuktikan dengan (copy scan) SK Kepangkatan terakhir;

Selain persyaratan tersebut di atas, Pendaftaran dilakukan dengan melampirkan persyaratan administrasi sebagai berikut:
1.Daftar Riwayat Hidup;
2.Soft copy passphoto berwarna yang terbaru dengan latar belakang warna terang;
3.Soft copy putusan perkara lingkungan yang pernah ditangani;
4.Copy scan Surat rekomendasi/usulan dari Ketua Pengadilan Tinggi atau Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau atasan langsung yang bersangkutan;
5.Copy scan sertifikat pelatihan yang pernah diikuti (diutamakan bagi yang telah mengikuti pelatihan hukum lingkungan);

Proses pendaftaran dilakukan dengan: mengisi formulir Daftar Riwayat Hidup terlampir dan disertai soft copy atau copy scan dokumen persyaratan, mengirimkannya melalui e-mail ditujukan kepada Tim Seleksi Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Mahkamah Agung RI, dengan alamat email sebagai berikut:
-Hakim Peradilan Umum: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
-Hakim Peradilan TUN: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
dengan subjek e-mail Pendaftaran Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup, dikirim mulai tanggal 31 Mei 2013 dan paling lambat 20 Juni 2013 jam 23:59 WIB. 

Apabila ada pertanyaan terkait dengan hal-hal yang kurang jelas dalam pendaftaran sertifikasi hakim lingkungan, dapat diajukan secara tertulis kepada Tim Pelaksana melalui email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya  

Dokumen administratif yang asli, wajib ditunjukkan pada saat calon peserta telah ditetapkan menjadi peserta pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup dengan cara-cara yang akan disampaikan dalam pengumuman terkait.

Pengumuman kelulusan administrasi dapat dilihat pada website Mahkamah Agung www.mahkamahagung.go.id atau http://litbangdiklatkumdil.net pada tanggal 12 Juli 16 Agustus 2013, selanjutnya bagi hakim yang lulus seleksi administrasi akan diberikan undangan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi dan Integritas dilanjutkan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup sesuai jadwal yang ditentukan. 

Tim Seleksi Administrasi berhak untuk melakukan verifikasi atas data-data yang disampaikan oleh calon peserta dan/atau melakukan proses lain untuk memastikan keahlian dan kompetensi calon peserta.

Jakarta, 15 Mei 2013
Ketua Tim Pelaksana
Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup

TTD
Prof. Dr. TAKDIR RAHMADI, S.H. 


16 Mei 2013

Pemberian Penghargaan Kepada 5 PTUN Sebagai Apresiasi Terhadap Pelaporan Melalui SMS Gateway

penggahargaan sms gatewayYogyakarta-Dalam acara pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Kepaniteraan Peratun 2013 di Yogyakarta tadi malam, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara memberikan penghargaan kepada 5 Pengadilan TUN dengan apresiasi terbaik terhadap pelaporan melalui aplikasi SMS Gateway, yaitu Pengadilan TUN yang paling cepat dan lengkap memberikan Laporan Keuangan Perkara, Laporan Bulanan Perkara dan Laporan SMS Perkara Khusus Perkara TUN-nya. Pengadilan TUN tersebut adalah, PTUN Bandung, PTUN Banjarmasin, PTUN Jambi, PTUN Serang dan PTUN Yogyakarta pada periode Januari-April 2013.

Pemberian penghargaan ini juga untuk memberikan motivasi kepada pengadilan-pengadilan TUN lainnya yang belum melaksanakan pelaporan dengan lengkap. Dalam pengarahannya, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN juga memaparkan status pelaporan dari masing-masing pengadilan TUN agar untuk kemudian hari laporan yang belum lengkap dapat segera dilengkapi oleh satker pengadilan. (ns)


14 Mei 2013

Permohonan Data Hakim Peratun Berdasarkan Surat Kemsesneg RI No. B-03/Kemsetneg/D-2/APN/KN.01/05/2013

Menunjuk Surat Kementrian Sekretariat Negara RI No. B-03/Kemsetneg/D-2/APN/KN.01/05/2013, diberitahukan kepada seluruh Pengadilan TUN dan Pengadilan Tinggi TUN seluruh Indonesia agar mengirimkan data hakim sesuai dengan format data isian terlampir pada surat resmi berikut ini.

surat dan lampiran form data isian 

Data dikirimkan dalam bentuk file excel ke alamat email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat pada tanggal 24 Mei 2013.


14 Mei 2013

Buku Petunjuk Penggunaan SMS Gateway : Keuangan Perkara dan SMS Perkara

Dalam rangka mendukung program Mahkamah Agung RI untuk mempercepat proses penyajian laporan keuangan secara efektif dan efisien, Direktorat Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara akan menggelar Bimbingan Teknis Kepaniteraan pada 15-17 Mei 2013 di Yogyakarta, dimana salah satu agendanya adalah sosialisasi kembali penggunaan aplikasi SMS Gateway (sms.mahkamahagung.go.id) kepada para Panitera Muda Hukum Peradilan TUN seluruh Indonesia.

Buku petunjuk penggunaan aplikasi tersebut dapat didownload melalui website ditjenmiltun.net pada menu GANISMIN Tata Usaha Negara, berikut shortcut ke halaman web tersebut :

download buku manual aplikasi


10 Mei 2013

Permintaan KP4 : Panitera Yang Mendapat Promosi Mutasi Berdasarkan TPM Kepaniteraan PERATUN 30 April 2013

Diberitahukan kepada para panitera di lingkungan peradilan tata usaha negara yang mendapatkan promosi dan mutasi berdasarkan hasil rapat TPM Kepaniteraan PERATUN 30 April 2013 agar menyerahkan kelengkapan KP4 dan berkas-berkas lain yang diperlukan dan dikirimkan ke email :  Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya cc: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya , Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat tanggal 31 Mei 2013. Untuk keterangan yang lebih lengkap dapat dilihat melalui surat terlampir dibawah ini.

Suratnya


10 Mei 2013

Hasil Seleksi Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup

Berdasarkan Surat Keputusan Wakil Ketua Tim Pengarah Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup No. 09/Tuadabin/SK/V/2013, tentang Hasil seleksi Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup, yang diantaranya terdapat 9 Hakim Peradilan Tata Usaha Negara, berikut surat keputusan tersebut:

SK Hasil Seleksi


07 Mei 2013

Permintaan Laporan Pelaksanaan SIADPTUN dari 5 Pengadilan TUN

Berikut ini diberitahukan kepada Ketua PTTUN Surabaya, Ketua PTUN Jakarta, Ketua PTUN Surabaya, Ketua PTUN Yogyakarta, dan Ketua PTUN Palu sebagai Pengadilan Pelaksana Uji Coba Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara (SIADPTUN), untuk memberikan laporan hasil pelaksanaan uji coba aplikasi tersebut. Terlampir surat resmi permintaan laporan tersebut. (ns)

Suratnya     


03 Mei 2013

PENGUMUMAN HASIL RAPAT TPM KEPANITERAAN PERATUN 30 APRIL 2013 

Pada tanggal 30 April 2013 telah dilaksanakan rapat Tim Promosi dan Mutasi Peradilan Tata Usaha Negara, dengan hasilnya terlampir sebagai berikut:

hasil tpm kepaniteraan 



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1429
mod_vvisit_counterYesterday1871
mod_vvisit_counterThis week3300
mod_vvisit_counterAll days7749551

We have: 15 guests, 3 bots online
Your IP: 18.206.241.26
 , 
Today: Jul 22, 2019

peraturan-button