1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




Peradilan Militer


PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmil I-04 Palembang

Melanjutkan program untuk mendukung pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmil I-04 Palembang. Kali ini Tim Monev SIPP Peradilan Militer dipimpin langsung oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. dengan anggotanya 3 orang masing-masing Arif Zainuri, S.H., M.H., Hari A. Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. Rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil ini juga membawa misi yang sama seperti sebelumnya, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmil I-04 Palembang yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Hanya pada kegiatan kedua ini ditambahkan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang termasuk Kadilmil I-04 Palembang, Surono, S.H., M.H. juga ikut serta menjadi user yang berwenang membuat Penetapan Majelis Hakim (Tapkim).

Secara keseluruhan antusiasme dan semangat para personil Dilmil I-04 Palembang sangat tinggi. Sedangkan untuk penerapan aplikasi SIPP sesuai dengan keinginan pimpinan Mahkamah Agung R.I. yang dituangkan dalam pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP, Dilmil I-04 Palembang sudah cukup baik walaupun baru melaksanakannya sekitar 40% secara benar. Hal ini banyak terkendala masalah sumberdaya manusia, adaptasi melaksanakan proses perkara dengan aplikasi SIPP dan permasalahan-permasalahan lain secara teknis maupun non teknis. Semoga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan dengan baik dan pihak pimpinan di lingkungan Peradilan Militer serta pimpinan Mahkamah Agung R.I. dapat melahirkan kebijakan yang sungguh-sungguh dapat membantu satker untuk meningkatkan kinerja yang berbasis informasi teknologi sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. (drm)

Foto

Video


PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan

  

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer telah membentuk satu Tim Khusus yang terdiri dari anggota Tim IT Dibin Ganisminmil Ditjen badilmiltun untuk melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Satuan kerja pertama yang menjadi tujuan adalah Dilmilti I Medan dan Dilmil I-02 Medan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 20-22 Juli 2016 dipimpin oleh Ketua Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil, Arif Zainuri, S.H., M.H. bersama 3 orang anggota masing-masing Hari A. Darmawan, S.H., Arianie Amanda, S.E. dan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia.

Di Medan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil diterima oleh Kadilmilti I Medan, Kolonel Chk Yan Akhmad Mulyana, S.H., M.H. dan Kadilmil I-02 Medan, Kolonel Chk Sutrisno Setio Utomo, S.H., M.H. Selama kegiatan, Tim melaksanakan beberapa hal seperti melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di kedua satker tersebut, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti I dan Kadilmil I-02 Medan yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan lancar tanpa halangan. Banyak catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Foto

Video

PDFCetakE-mail

Ditulis oleh Hari Darmawan

KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS HAKIM LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TAHUN 2016

 


Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung Republik Indonesia kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis untuk para Hakim lingkungan Peradilan Militer seluruh Indonesia yang berlangsung sejak tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2016 yang lalu bertempat di Hotel Inna Sindu Beach, Denpasar Bali. Kegiatan ini mengambil tema “Meningkatkan Profesionalisme Hakim Militer Dalam Mengadili Perkara Di Persidangan” dibuka oleh Yang Mulya Hakim Agung Mayjen TNI (Purn) Burhan Dahlan, S.H., M.H. dihadiri oleh ibu Sekretaris Ditjen Badilmiltun, Jeanny H.V Hutauruk, S.E., Ak., M.M., Kadilmiltama Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H., serta para Kepala dari 3 lingkungan Peradilan dan para undangan lainnya. Peserta yang mengikuti Kegiatan Bintek ini adalah para Hakim di lingkungan Peradilan Militer dari seluruh Indonesia. Dalam pidato pembukaannya,  Yang Mulya Hakim Agung Mayjen TNI (Purn) Burhan Dahlan, S.H., M.H. antara lain mengatakan bahwa seorang hakim sebagai penegak hukum harus memiliki kemandirian sikap, kemandirian berpikir dan kemandirian tanggung jawab dalam memahami kasus yang dipercayakan kepadanya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan menghasilkan sebuah Pembulatan Hasil berupa Kesepakatan Denpasar 2016 yang terdiri dari 6 Materi tentang hal-hal yang menyangkut permasalahan teknis maupun non teknis. Selengkapnya isi dari Kesepakatan Denpasar 2016 dapat di unduh pada link di bawah. Secara umum kegiatan ini berlangsung lancar sampai dengan acara penutupan pada hari rabu tanggal 1 Juni 2016 yang ditutup oleh Kadilmiltama Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H.

Demikian kegiatan Bintek Hakim lingkungan Peradilan Militer tahun 2016 ini, semoga dapat meningkatkan kualitas dan kinerja para Hakim lingkungan Peradilan Militer untuk dapat lebih baik lagi dalam kontribusinya mewujudkan misi menjadi peradilan yang agung. (drm)

Pembulatan Hasil Bintek Hakim Militer 2016


PDFCetakE-mail

Ditulis oleh Hari Darmawan Jumat, 27 Mei 2016

Pelantikan dan Penyumpahan Pejabat Fungsional Hakim Militer Utama dan Hakim Militer Tinggi Di Lingkungan Peradilan Militer

  

  

Pengadilan Militer Utama pada hari Rabu, 25 Mei 2016 melaksanakan penyumpahan jabatan fungsional di lingkungan Peradilan Militer. Acara tersebut berlangsung tepat pada pukul 10.00 Wib bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Militer Utama, Jl. Raya Penggilingan Cakung, Jakarta Timur. Sebanyak 1 orang Hakim Militer Utama dan 8 orang Hakim Militer Tinggi disumpah oleh Kadilmiltama, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 57/P Tahun 2016 tanggal 13 Mei 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim di Lingkungan Peradilan Militer. Nama-nama pejabat fungsional yang disumpah masing-masing adalah :

1.    Marsma TNI Bambang Aribowo, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmiltama Dilmiltama

2.    Kol. Chk Muh. Mahmud, S.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti I Medan

3.    Kol. Chk Roza Maimun, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti I Medan

4.    Kol. Sus Priyo Mustiko S., S.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti II Jakarta

5.    Kol. Chk Parman Nainggolan, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti II Jakarta

6.    Kol. Chk Moch. Afandi, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti III Surabaya

7.    Kol. Chk Hulwani, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti II Jakarta

8.    Kol. Chk Apel Ginting, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti I Medan

9.    Kol. Chk Suryadi Syamsir, S.H., M.H. sebagai anggota Pokkimmilti Gol. IV pada Dilmilti III Surabaya

Kadilmiltama Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. dalam pidato penyumpahannya mengucapkan selamat menunaikan tugas dan berpesan kepada para pejabat yang telah disumpah untuk mengemban dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Selamat kepada para pejabat Hakim Militer Utama dan Hakim Militer Tinggi, semoga dapat memberikan kontribusi yang positif demi meningkatkan kualitas Peradilan Militer ke arah yang lebih baik lagi. (drm)

PDFCetakE-mail

Ditulis oleh Hari Darmawan Selasa, 24 Mei 2016

RAPAT KOORDINASI DITJEN BADILMILTUN DENGAN JAJARAN PERADILAN MILITER

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengadakan Rapat Koordinasi dengan jajaran Pengadilan Tingkat Banding di Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara yang berlangsung mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Mei 2016 di Medan. Pembukaan tepat pada pukul 14.00 WIB oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun, ibu Jeanny H.V Hutauruk, S.E., M.M., Ak., CA dihadiri oleh Dirbinganis Dilmil, Bapak Kol. Chk Agung Iswanto, S.H., M.H., Dirbinganis Diltun, Bapak H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H., Kadilmiltama Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. serta para pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dari lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Dalam pidato pembukaannya, ibu Sekretaris Ditjen Badilmiltun antara lain mengemukakan harapannya agar kesempatan pada kegiatan Rakor ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi terjalinnya koordinasi yang lebih baik antara satuan kerja Pengadilan Tingkat Banding Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dengan Ditjen Badilmiltun.

Rakor diikuti Pengadilan Militer Utama, Dilmilti I Medan, Dilmilti II Jakarta, Dilmilti III Surabaya, Dilmil II – 08 Jakarta dan Dir Binganismin Perdilan Militer berlangsung di Dimilti I Medan. Untuk lingkungan peratun peserta dari PT.TUN Medan, PT.TUN Jakarta, PT.TUN Surabaya, PT.TUN Makassar, PTUN Jakarta, PTUN Serang. Adapun Rakor untuk lingkungan Peradilan Militer diselenggarakan pada hari kedua, yaitu Jumat 26 April 2016 bertempat di Pengadilan Militer Tinggi I Medan (Dilmilti I Medan). Dalam Rakor tersebut dibahas mengenai Strategi dan Kebijakan Pimpinan dalam Pencapaian ISO kemudian Strategi dan Kebijakan Pimpinan dalam Pengembangan SIPP Militer serta Pembahasan Permasalahan Teknis di Jajaran Pengadilan Militer. (drm)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday176
mod_vvisit_counterYesterday3522
mod_vvisit_counterThis week3698
mod_vvisit_counterAll days7593801

We have: 81 guests, 3 bots online
Your IP: 54.157.61.68
 , 
Today: Mei 27, 2019