1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




Peradilan Militer


PDFCetakE-mail

Ditulis oleh @x_cisadane Kamis, 13 Oktober 2016

Pengadilan Militer II-09 Bandung Meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Pengadilan Militer II-09 Bandung Meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

ISO Mil Bandung

Seluruh Personel Pengadilan Militer II-09 Bandung yang terdiri dari Hakim Militer, Pejabat Struktural : Panitera, Sekretaris, Para Panitera Muda, Para Pejabat Eselon dan Para Staf telah mempersiapkan kurang lebih 1,5 (satu setengah) bulan untuk menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008 berdasarkan Standar Audit ISO 19011:2011. 

TUV NORD INDONESIA adalah salah satu Lembaga Sertifkasi, Supervisi, Inspeksi dan Pengujian terbesar di Indonesia dan di Dunia Intema.sional dengan lingkup pelayanan meliputi sertifikasi sistem manajemen ISO 900I:2008 Quality Management, ISO I400I:2004 Environmental Management, OHSAS I 800 I :2007 Health and Safety Management, HACCP, ISO 22000 Food Safety, ISO I3485 Medical Devices, ISO/TS I6949 Automotive, ISO ISO SOOOI Energy Management, ISPO, RSPO, sertifikasi produk Indonesia berda.sarkan SNI, pengujian teknik, analisa laboratorium, supervisi pemeriksaan pabrik (factory inspection), jasa pelatihan sistem manajemen dan lingkup jasa sertifikasi lainya. Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman di tambah dengan tenaga ahli yang sangat ahli bidangnya dan sarana prasarana yang sangat lengkap, TUV Nord Indonesia bertekad menjadi !embaga sertifikasi terbesar yang dipercaya oleh semua jenis dunia usaha dengan memaksimalkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Hingga saat ini telah lebih dari 25.000 sertifikat di dunia telah diterbitkan oleh TUV NORD Group yang berpusat di Jerman. 

Kadilmil II-09 Bandung menyambut baik team dari Tuv Nord Indonesia serta beliau memberi dukungan penuh agar proses Pelatihan Audit Internal, Audit Internal dan Audit Eksternal berjalan lancar dan sebaik-baiknya. Pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016, yaitu pada hari kedua Audit Eksternal, Auditor dari PT Tuv Nord Indonesia menyampaikan rekomendasi kepada Pengadilan Militer II-09 Bandung. Setelah melakukan Audit Eksternal selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12 Oktober 2016 sampai dengan 13 Oktober 2016, Rekomendasi tersebut yaitu Pengadilan Militer II-09 Bandung berhak meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 900I:2008. Berkat kerja keras seluruh Personel, Pengadilan Militer II-09 Bandung berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2008, sehingga bertambah satu lagi jajaran Peradilan Militer yang telah meraih Sertifikasi ISO, dimana sebelumnya Pengadilan Militer Utama, Pengadilan Militer Tinggi III-Surabaya dan Pengadilan Militer III-12 Surabaya juga telah meraih Sertifikasi ISO. 

Berita ini disadur dari situs Resmi Pengadilan Militer II-09 Bandung : http://www.dilmil-bandung.go.id/


PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmil II-09 Bandung

  

  

Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil kembali melanjutkan program untuk mendukung pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan dengan melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi ke satker Dilmil II-09 Bandung dipimpin langsung oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. sebagai Ketua Tim dengan anggota sebanyak 3 orang masing-masing Arif Zainuri, S.H., M.H., Hari A. Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. berlangsung sejak tanggal 07 sampai dengan 09 September 2016. Misi yang dibawa tidak berubah seperti kegiatan Monev SIPP sebelumnya, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmil II-09 Bandung yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal.

Kegiatan Monev SIPP di Dilmil II-09 Bandung ini terasa khusus karena bapak Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. berkesempatan pula untuk memberikan pembinaan dan pembekalan kepada seluruh personel satker Dilmil II-09 Bandung dilanjutkan pula dengan session penjabaran tentang pelaksanaan reformasi birokrasi oleh ibu Widiyanti, S.H., M.H. yang juga merupakan Kasubdit Ortala Setditjen Badilmiltun. Dalam pidato pembinaannya, bapak Dirjen Badilmiltun mengingatkan bahwa seluruh jajaran lingkungan peradilan militer harus siap berjibaku meningkatkan kinerja yang berbasis teknologi informasi sesuai dengan harapan dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan baik tenaga, waktu maupun materil demi mewujudkan itu semua. Pada sesi terakhir diadakan simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang termasuk Kadilmil II-09 Bandung, Kol. Chk Marwan Suliandi, S.H., M.H. juga ikut serta menjadi user yang berwenang membuat Penetapan Majelis Hakim (Tapkim).

Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar, semangat seluruh personil Dilmil II-09 Bandung sangat tinggi untuk dapat melaksanakan aplikasi SIPP sesuai dengan keinginan pimpinan Mahkamah Agung R.I. walaupun masih banyak kendala-kendala baik teknis maupun non teknis. Semoga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan dengan baik dan pihak pimpinan di lingkungan Peradilan Militer serta pimpinan Mahkamah Agung R.I. dapat melahirkan kebijakan yang sungguh-sungguh dapat membantu satker untuk meningkatkan kinerja yang berbasis informasi teknologi sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. (drm)

Dokumentasi Foto

Dokumentasi Video

PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya

 

Pada tanggal 24-26 Agustus 2016, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya guna melanjutkan program dukungan pada pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan di satuan kerja peradilan militer. Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil dibagi menjadi dua, Tim 1 dipimpin oleh Sutikno Effendi, S.H. beranggotakan Hari Arief Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmilti III Surabaya, sedangkan Tim 2 dipimpin oleh Arif Zainuri, S.H., M.H. beranggotakan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia dan Nandayu Anisa Ajitrisnani, S.T. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmil III-12 Surabaya.

Seperti kegiatan Monev SIPP sebelumnya, misi yang diemban tetap sama, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti III dan Kadilmil III-12 Surabaya yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Tiba di Surabaya, rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil di terima oleh Kadilmilti III Surabaya, Kolonel Laut (KH/W) Sinoeng Hardjanti, S.H., M.H. dan Kadilmil III-12 Surabaya, Letkol Laut (KH) Hari Aji Sugianto, S.H. beserta jajaran pejabat dan staf di kedua satker tersebut. Pada hari itu juga langsung diadakan koordinasi awal untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pada keesokan harinya, kamis tanggal 25 Agustus 2016 kegiatan diawali dengan sesi forum diskusi umum yang diadakan di ruang rapat Dilmilti III Surabaya dengan peserta diskusi para pejabat dan staf kedua satker yang berkaitan dengan aplikasi SIPP dan proses perkara. Cukup banyak permasalahan-permasalahan teknis maupun non teknis yang berhasil dihimpun pada sesi ini, ada beberapa permasalahan teknis yang bisa dicarikan solusinya saat itu, namun banyak juga permasalahan yang membutuhkan kebijakan pimpinan tingkat pusat seperti bagaimana menyikapi perbedaan proses perkara di peradilan militer yang notabene ada beberapa proses yang berbeda dengan proses perkara dengan 3 lingkungan peradilan lainnya, peradilan umum, agama dan TUN. sedangkan permasalahan yang berhubungan dengan faktor non teknis adalah prosedur penghapusan perkara di aplikasi SIPP, kesepakatan data perkara yang wajib di input di aplikasi SIPP serta beberapa hal lain. Kemudian pada sesi selanjutnya Tim bergerak terbagi dua, Tim 1 melaksanakan check on the spot di Dilmilti III Surabaya dan Tim 2 di Dilmilti III-12 Surabaya, meliputi monitoring infrastruktur pendukung aplikasi SIPP, check implementasi pelaksanaan SIPP ke user yang berwenang, check pelaksanaan prosedur penggunaan aplikasi SIPP dan ditutup dengan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang.

Dari hasil monitoring dan evaluasi yang sudah dilaksanakan banyak didapat catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Dokumentasi Foto

Dokumentasi Video


PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmil I-04 Palembang

Melanjutkan program untuk mendukung pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmil I-04 Palembang. Kali ini Tim Monev SIPP Peradilan Militer dipimpin langsung oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. dengan anggotanya 3 orang masing-masing Arif Zainuri, S.H., M.H., Hari A. Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. Rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil ini juga membawa misi yang sama seperti sebelumnya, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmil I-04 Palembang yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Hanya pada kegiatan kedua ini ditambahkan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang termasuk Kadilmil I-04 Palembang, Surono, S.H., M.H. juga ikut serta menjadi user yang berwenang membuat Penetapan Majelis Hakim (Tapkim).

Secara keseluruhan antusiasme dan semangat para personil Dilmil I-04 Palembang sangat tinggi. Sedangkan untuk penerapan aplikasi SIPP sesuai dengan keinginan pimpinan Mahkamah Agung R.I. yang dituangkan dalam pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP, Dilmil I-04 Palembang sudah cukup baik walaupun baru melaksanakannya sekitar 40% secara benar. Hal ini banyak terkendala masalah sumberdaya manusia, adaptasi melaksanakan proses perkara dengan aplikasi SIPP dan permasalahan-permasalahan lain secara teknis maupun non teknis. Semoga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan dengan baik dan pihak pimpinan di lingkungan Peradilan Militer serta pimpinan Mahkamah Agung R.I. dapat melahirkan kebijakan yang sungguh-sungguh dapat membantu satker untuk meningkatkan kinerja yang berbasis informasi teknologi sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. (drm)

Foto

Video

PDFCetakE-mail

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan

  

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer telah membentuk satu Tim Khusus yang terdiri dari anggota Tim IT Dibin Ganisminmil Ditjen badilmiltun untuk melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Satuan kerja pertama yang menjadi tujuan adalah Dilmilti I Medan dan Dilmil I-02 Medan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 20-22 Juli 2016 dipimpin oleh Ketua Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil, Arif Zainuri, S.H., M.H. bersama 3 orang anggota masing-masing Hari A. Darmawan, S.H., Arianie Amanda, S.E. dan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia.

Di Medan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil diterima oleh Kadilmilti I Medan, Kolonel Chk Yan Akhmad Mulyana, S.H., M.H. dan Kadilmil I-02 Medan, Kolonel Chk Sutrisno Setio Utomo, S.H., M.H. Selama kegiatan, Tim melaksanakan beberapa hal seperti melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di kedua satker tersebut, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti I dan Kadilmil I-02 Medan yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan lancar tanpa halangan. Banyak catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Foto

Video




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday605
mod_vvisit_counterYesterday3827
mod_vvisit_counterThis week605
mod_vvisit_counterAll days7844777

We have: 63 guests, 30 bots online
Your IP: 18.206.13.39
 , 
Today: Agus 18, 2019