1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PANITERA DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018 DI SURABAYA


 

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan Bimbingan Teknis Panitera di Lingkungan Peradilan Militer pada tanggal 11 sd 13 April 2018 dengan tema ”Melalui Bimtek Kita Tingkatkan Kompetensi Panitera Militer Menuju Peradilan Militer Yang Agung. Bimtek yang diadakan di Java Paragon Hotel Surabaya ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari Panitera, Panitera Pengganti, Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Pidana di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bimtek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam pidato pembukaannya, Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan Teknis Panitera merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan Peradilan. Maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para Panitera Militer tentang perkembangan di lingkungan Peradilan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan para Panitera Militer dalam teknik pembuatan Berita Acara Sidang dan  Produk-Produk Kepaniteraan, sehingga dapat menjadi Panitera yang profesional.

Saat ini masih ditemukan adanya kesalahan maupun keterlambatan   admnistrsi di bidang kepaniteraan, hal ini  disebabkan karena manajemen yang kurang baik, mulai dari perencanaan sampai kepada implementasi dan pengawasan di lapangan, demikian pula adanya kesalahan-kesalahan yang bersifat non teknis yang justru bersumber dari aspek mentalitas individu. Oleh sebab itu, bimtek yang akan dilaksanakan ini diberikan kepada para Panitera Militer, baik Panitera Militer pada lingkungan Peradilan Militer tingkat banding maupun pada tingkat pertama dengan harapan agar penyelenggaraan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan Panitera Militer dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat terwujud  peradilan yang berwibawa, mandiri dan dihargai. Selain itu juga untuk membangun mentalitas Panitera Militer agar  dapat menjaga kehormatan dan keluhuran martabat sebagai Panitera Militer sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima dan adil kepada masyarakat pencari keadilan.

Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek Panitera Militer tahun 2018 :

1.  Teknik Pembuatan BAS dan produk-produk kepaniteraan dengan narasumber Brigjen TNI (purn) Anthon R. Saragih, S.H., M.H., Hakim Tinggi Tipikor pada Pengadilan Tinggi Jakarta;

2.  Pedoman Penyusunan Putusan di lingkungan Peradilan Militer menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan Narasumber Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., Pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa pada Universitas Negeri Jakarta.

3.  Kode Etik Panitera dengan Narasumber H. Tavip Dwiyatmiko, S.H., M.H., Panitera pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara narasumber dengan peserta menjadikan Bimtek ini berlangsung baik, terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bimtek serta diperoleh 3 (tiga) orang Peserta terbaik yang dinilai dari penilaian Pre Test, Post Test serta keaktifan bertanya dalam proses kegiatan Bimtek.

Selanjutnya Penutupan Bimtek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Bapak Brigadir Jendera TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. (drm)


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday532
mod_vvisit_counterYesterday3362
mod_vvisit_counterThis week532
mod_vvisit_counterAll days7590635

We have: 106 guests, 3 bots online
Your IP: 18.234.51.17
 , 
Today: Mei 26, 2019