Pelatihan Aplikasi Perkantoran “Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Dokumen Kerja Pada Sitem Komputer dengan Strategi Collaboration Work Teams Software”

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari senin tanggal 26 April 2021 bertembat di ruang rapat besar Lt. 9 Ditjen Badilmiltun, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Perkantoran “Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Kerja Pada Sitsem Komputer dengan Strategi Collaboration Work Teams Software” yang dibuka langsung oleh Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Dalam pembukaan serta amanat yang diberikan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mengharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi bagi seluruh peserta yang mengikutinya, kegiatan ini diharapkan bisa memancing diri kita untuk bisa mengambangkan diri sendiri serta diharapkan tidak ada yang menuntut posisi maupun jabatan tanpa adanya kompetensi pada dirinya.

Pelaksanaan pelatihan aplikasi perkantoran menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dibidang IT lebih dari 10 tahun yaitu Yogi Kristiyanto, S.Kom., M.M.S.I. dengan memberikan 6 point utama dalam materinya :

Sesi 1 : Collaboration Work Teams Software

Pada sesi 1 narasumber mengarahkan kita untuk beralih supaya kita bisa meningkatkan kecepatan dalam bekerja dengan menggunakan google workspace, dimana salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah google sheets yang dapat digunakan secara bersamaan, sehingga bekerja bisa dilakukan secara bersama-sama dan akan mempersingkat waktu dalam pengerjaan.

Sesi 2 : Struktur File dan Folder

Pada sesi 2 narasumber menyampaikan untuk memperhatikan dalam pembuatan Maupun pengelolaan file dan folder agar kinerja komputer tetap maksimal, beberapa poin dalam melakukannya yaitu segera pindahkan file-file yang terdapat pada folder download, jika file pada folder tersebut sudah tidak digunakan lebih baik dihapus, jangan menyimpan file-file di desktop, jangan menggunakan terlalu banyak folder dan selalu bersihkan file-file temporary yang berada pada folder "local disk C -> Windows -> Temp" (Hapus semua file yang terdapat di dalamnya)

Sesi 3 : Keamanan Komputer

Pada sesi 3 menekankan perlunya pengamanan pada sistem komputer kita untuk meminimalisir resiko terhadap ancaman pada perusahaan atau institusi, serta melindungi dari kerentanan terjadinya kehilangan data dan gaungguan lainnya, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasang antivirus pada computer, selalu melakukan update windows maupun software, selalu melakukan pergantian password secara berkala dan membackup data-data penting.

Sesi 4 : Keamanan Komputer dengan Domain Controller

Pada sesi 4 narasumber menganjurkan untuk dapat menggunakan Domain Controller yaitu server yang memberikan respon untuk request security authentication seperti permission, login dan sebagainya.

Sesi 5 : Akses File Share dengan NAS

Pada sesi 5 di dalam mengamankan data-data penting kita perlu adanya sistem penyimpanan data yang terpusat dimana dapat menggunakan sistem NAS yang memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data melalui jaringan.

Sesi 6 : Troubleshoot Computer

Pada sesi 6 narasumber menambahkan beberapa cara didalam menangani komputer yang mengalami gangguan, seperti menangani komputer yang menyala tapi monitor kosong yaitu dengan cara membersihkan RAM yang terpasang pada komputer kita.

Materi diatas adalah gambaran besar yang telah disampaikan oleh narasumber dimana dalam prakteknya banyak manfaat dan ilmu-ilmu lain yang bisa digunakan, serta dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan aplikasi perkantoran juga tidak luput selalu menerapkan protocol kesehatan pencegahan covid-19 dengan selalu menggunakan masker, menggunakan handsanitizer dan menajaga jarak.

1 2
3 4

Share to Social Media