Pemanggilan Peserta Fit and Propher Test Lingkungan Peradilan Militer T.A. 2017

Bersama ini diberitahukan bahwa Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer akan mengadakan kegiatan Fit and Propher Test untuk calon Kepala Pengadilan Militer tingkat pertama type B pada tanggal 22-23 Maret 2017 bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung R.I., Jl. Jenderal A. Yani Kav. 58 By Pass Jakarta Pusat Lantai XI. Untuk keterangan dan nama-nama peserta dapat di unduh pada SK dan Ratgas dibawah ini. Demikian diberitahukan agar nama-nama yang tertera di lampiran surat tugas dapat hadir tepat pada waktunya.

Surat Keputusan Dirjen Badilmiltun

Surat Tugas Peserta

Kegiatan Bintek Hakim Peradilan Militer T.A. 2017

Jakarta - Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Tenaga Teknis untuk Hakim Peradilan Militer seluruh Indonesia. Kegiatan yang mengambil tema "Membangun Integritas dan Profesionalisme Hakim Militer Menuju Peradilan Militer yang Agung" ini berlangsung sejak tanggal 15-17 Maret 2017 di Hotel Sovereign, Bali dan di ikuti oleh 31 (tiga puluh satu) Hakim dari Peradilan Militer tingkat pertama maupun tingkat Banding. Dalam pidato pembukaannya, Dirjen Badilmiltun berpesan agar para Hakim lingkungan Peradilan Militer senantiasa berusaha untuk meningkatkan kemampuan, menjaga kewibawaan profesi dan bisa menjadi pengadil yang baik dengan melahirkan putusan-putusan yang berkualitas sehingga dapat memberi kepuasan kepada semua unsur masyarakat secara luas. Penyelenggaraan berjalan dengan lancar, semua peserta dengan khidmat mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh para Narasumber diantaranya :

- Prof. DR. Surya Jaya, S.H., M.Hum memberikan materi tentang Pertanggungjawaban Pidana Korporasi

Dalam Tindak Pidana Korupsi

- Laksma TNI Bambang Angkoso Wahyono, S.H., M.H. memberi materi tentang Pertimbangan Hukum

Sebagai Dasar Argumentasi Hakim Dalam Memutus Suatu Perkara

- Jeanny H.V. Hutahuruk, S.E., Ak., M.M., C.A. memberi materi tentang Reformasi Birokrasi

- Marsma TNI Yadi I. Sutanandika, M.S.S dengan materi tentang Integritas Hakim Militer

Dalam Memutus Perkara Dilihat Dari Sudut Pandang Doktrin TNI

- Laksma TNI (KH/W) Dr. Sinoeng Hardjanti, S.H., M. Hum. memberi materi tentang Integritas Hakim Militer

Dalam Memutus Perkara Dilihat Dari Sudut Pandang Profesi Hakim Militer

Demikian kegiatan Bimbingan Tenaga Teknis Hakim Peradilan Militer yang akhirnya ditutup oleh Kadilmiltama, Marsma TNI Bambang Aribowo, S.H., M.H. yang berharap semoga semua peserta dapat mengambil banyak manfaat dari materi-materi yang telah diberikan sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan integritasnya sebagai seorang Hakim di lingkungan Peradilan Militer. (drm)

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmil II-09 Bandung

  

  

Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil kembali melanjutkan program untuk mendukung pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan dengan melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi ke satker Dilmil II-09 Bandung dipimpin langsung oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. sebagai Ketua Tim dengan anggota sebanyak 3 orang masing-masing Arif Zainuri, S.H., M.H., Hari A. Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. berlangsung sejak tanggal 07 sampai dengan 09 September 2016. Misi yang dibawa tidak berubah seperti kegiatan Monev SIPP sebelumnya, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmil II-09 Bandung yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal.

Kegiatan Monev SIPP di Dilmil II-09 Bandung ini terasa khusus karena bapak Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. berkesempatan pula untuk memberikan pembinaan dan pembekalan kepada seluruh personel satker Dilmil II-09 Bandung dilanjutkan pula dengan session penjabaran tentang pelaksanaan reformasi birokrasi oleh ibu Widiyanti, S.H., M.H. yang juga merupakan Kasubdit Ortala Setditjen Badilmiltun. Dalam pidato pembinaannya, bapak Dirjen Badilmiltun mengingatkan bahwa seluruh jajaran lingkungan peradilan militer harus siap berjibaku meningkatkan kinerja yang berbasis teknologi informasi sesuai dengan harapan dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan baik tenaga, waktu maupun materil demi mewujudkan itu semua. Pada sesi terakhir diadakan simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang termasuk Kadilmil II-09 Bandung, Kol. Chk Marwan Suliandi, S.H., M.H. juga ikut serta menjadi user yang berwenang membuat Penetapan Majelis Hakim (Tapkim).

Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar, semangat seluruh personil Dilmil II-09 Bandung sangat tinggi untuk dapat melaksanakan aplikasi SIPP sesuai dengan keinginan pimpinan Mahkamah Agung R.I. walaupun masih banyak kendala-kendala baik teknis maupun non teknis. Semoga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan dengan baik dan pihak pimpinan di lingkungan Peradilan Militer serta pimpinan Mahkamah Agung R.I. dapat melahirkan kebijakan yang sungguh-sungguh dapat membantu satker untuk meningkatkan kinerja yang berbasis informasi teknologi sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. (drm)

Dokumentasi Foto

Dokumentasi Video

Pengadilan Militer II-09 Bandung Meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

ISO Mil Bandung

Seluruh Personel Pengadilan Militer II-09 Bandung yang terdiri dari Hakim Militer, Pejabat Struktural : Panitera, Sekretaris, Para Panitera Muda, Para Pejabat Eselon dan Para Staf telah mempersiapkan kurang lebih 1,5 (satu setengah) bulan untuk menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008 berdasarkan Standar Audit ISO 19011:2011. 

TUV NORD INDONESIA adalah salah satu Lembaga Sertifkasi, Supervisi, Inspeksi dan Pengujian terbesar di Indonesia dan di Dunia Intema.sional dengan lingkup pelayanan meliputi sertifikasi sistem manajemen ISO 900I:2008 Quality Management, ISO I400I:2004 Environmental Management, OHSAS I 800 I :2007 Health and Safety Management, HACCP, ISO 22000 Food Safety, ISO I3485 Medical Devices, ISO/TS I6949 Automotive, ISO ISO SOOOI Energy Management, ISPO, RSPO, sertifikasi produk Indonesia berda.sarkan SNI, pengujian teknik, analisa laboratorium, supervisi pemeriksaan pabrik (factory inspection), jasa pelatihan sistem manajemen dan lingkup jasa sertifikasi lainya. Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman di tambah dengan tenaga ahli yang sangat ahli bidangnya dan sarana prasarana yang sangat lengkap, TUV Nord Indonesia bertekad menjadi !embaga sertifikasi terbesar yang dipercaya oleh semua jenis dunia usaha dengan memaksimalkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Hingga saat ini telah lebih dari 25.000 sertifikat di dunia telah diterbitkan oleh TUV NORD Group yang berpusat di Jerman. 

Kadilmil II-09 Bandung menyambut baik team dari Tuv Nord Indonesia serta beliau memberi dukungan penuh agar proses Pelatihan Audit Internal, Audit Internal dan Audit Eksternal berjalan lancar dan sebaik-baiknya. Pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016, yaitu pada hari kedua Audit Eksternal, Auditor dari PT Tuv Nord Indonesia menyampaikan rekomendasi kepada Pengadilan Militer II-09 Bandung. Setelah melakukan Audit Eksternal selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12 Oktober 2016 sampai dengan 13 Oktober 2016, Rekomendasi tersebut yaitu Pengadilan Militer II-09 Bandung berhak meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 900I:2008. Berkat kerja keras seluruh Personel, Pengadilan Militer II-09 Bandung berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2008, sehingga bertambah satu lagi jajaran Peradilan Militer yang telah meraih Sertifikasi ISO, dimana sebelumnya Pengadilan Militer Utama, Pengadilan Militer Tinggi III-Surabaya dan Pengadilan Militer III-12 Surabaya juga telah meraih Sertifikasi ISO. 

Berita ini disadur dari situs Resmi Pengadilan Militer II-09 Bandung : http://www.dilmil-bandung.go.id/

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya

 

Pada tanggal 24-26 Agustus 2016, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya guna melanjutkan program dukungan pada pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan di satuan kerja peradilan militer. Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil dibagi menjadi dua, Tim 1 dipimpin oleh Sutikno Effendi, S.H. beranggotakan Hari Arief Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmilti III Surabaya, sedangkan Tim 2 dipimpin oleh Arif Zainuri, S.H., M.H. beranggotakan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia dan Nandayu Anisa Ajitrisnani, S.T. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmil III-12 Surabaya.

Seperti kegiatan Monev SIPP sebelumnya, misi yang diemban tetap sama, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti III dan Kadilmil III-12 Surabaya yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Tiba di Surabaya, rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil di terima oleh Kadilmilti III Surabaya, Kolonel Laut (KH/W) Sinoeng Hardjanti, S.H., M.H. dan Kadilmil III-12 Surabaya, Letkol Laut (KH) Hari Aji Sugianto, S.H. beserta jajaran pejabat dan staf di kedua satker tersebut. Pada hari itu juga langsung diadakan koordinasi awal untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pada keesokan harinya, kamis tanggal 25 Agustus 2016 kegiatan diawali dengan sesi forum diskusi umum yang diadakan di ruang rapat Dilmilti III Surabaya dengan peserta diskusi para pejabat dan staf kedua satker yang berkaitan dengan aplikasi SIPP dan proses perkara. Cukup banyak permasalahan-permasalahan teknis maupun non teknis yang berhasil dihimpun pada sesi ini, ada beberapa permasalahan teknis yang bisa dicarikan solusinya saat itu, namun banyak juga permasalahan yang membutuhkan kebijakan pimpinan tingkat pusat seperti bagaimana menyikapi perbedaan proses perkara di peradilan militer yang notabene ada beberapa proses yang berbeda dengan proses perkara dengan 3 lingkungan peradilan lainnya, peradilan umum, agama dan TUN. sedangkan permasalahan yang berhubungan dengan faktor non teknis adalah prosedur penghapusan perkara di aplikasi SIPP, kesepakatan data perkara yang wajib di input di aplikasi SIPP serta beberapa hal lain. Kemudian pada sesi selanjutnya Tim bergerak terbagi dua, Tim 1 melaksanakan check on the spot di Dilmilti III Surabaya dan Tim 2 di Dilmilti III-12 Surabaya, meliputi monitoring infrastruktur pendukung aplikasi SIPP, check implementasi pelaksanaan SIPP ke user yang berwenang, check pelaksanaan prosedur penggunaan aplikasi SIPP dan ditutup dengan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang.

Dari hasil monitoring dan evaluasi yang sudah dilaksanakan banyak didapat catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Dokumentasi Foto

Dokumentasi Video

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca