1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

18 Agustus 2017

Rapat Lanjutan Pembahasan Panjar Biaya Perkara Berbasis Elektronik (E-SKUM)

Jakarta, bertempat di Ruang Rapat Besar Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara bersama-sama dengan Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI dan Tim dari PTTUN Jakarta dan PTUN Jakarta kembali melaksanakan rapat pembahasan tentang panjar biaya perkara berbasis elektronik (E-SKUM). Rapat E-SKUM sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Mei. Rapat lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari aplikasi E-SKUM untuk peradilan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.

Rapat dibuka oleh Direktur Binganismin Diltun MA RI (Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi , S.H., M.H). Kemudian dilanjutkan paparan oleh bapak Juwan J. Alfauz (Kasub Pelaksanaan Anggaran IA) sekaligus developer aplikasi ini. Dalam paparannya disampaikan bahwa aplikasi E-SKUM untuk wilayah Peradilan Tata Usaha Negara telah selesai dibangun namun belum bisa digunakan dikarenakan dalam penghitungan panjar biaya perkara masih mengacu pada SK Ketua masing-masing satker dan terdapat kekhususan pada peradilan TUN dalam penghitungan biaya panjar tersebut. "Diharapkan kedepan, diadakan kerjasama antara Mahkamah Agung dengan POS Indonesia untuk kesempurnaan aplikasi E-SKUM ini", ucap bapak Juwan J. Alfauz(16/08/2017). Dalam kesempatan ini, beliau juga mempraktekkan penggunakaan aplikasi E-SKUM di depan peserta rapat yang hadir di ruang tersebut. Direncanakan aplikasi E-SKUM akan segera diberlakukan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.(hr)



18 Agustus 2017

Pelaksanaan Pengambilan Data dan Perhitungan Analisa Beban Kerja 

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Pelatihan Analisa Beban Kerja Mahkamah Agung RI Tahun 2017 pada tanggal 19 s.d 21 Juli 2017 di Pusdiklat Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung RI , maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan terkait Pelaksanaan Pengambilan Data Perhitungan Analisis Beban Kerja yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/371_bua_2_07_8_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI 

(@x_cisadane)


16 Agustus 2017

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet 

di Lingkungan Ditjen Badilmiltun 


Jakarta - ditjenmiltun.net. Rabu, 16 Agustus 2017 bertempat di Ruang Data Center Ditjen Badilmiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jalan Ahmad Yani Kav 58 Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat, dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet. Kegiatan ini dimulai pukul 16.30 WIB dan dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun Widiyanti, S.H., M.H. (selaku Koordinator Bagian Teknologi Informatika/IT Ditjen Badilmiltun) mewakili Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny H. V. Hutauruk, S.E., A.k., M.M. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun menyatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan sumber daya manusia dibidang teknologi informatika (TI) khususnya bagi para pegawai yang berlatarbelakang pendidikan Sarjana Komputer dan tentunya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan terkait perkembangan teknologi jaringan komputer dan ancaman terhadap keamanan internet.

Kegiatan ini dihadiri oleh 17 (tujuh belas) peserta diantaranya 1 (satu) orang Pejabat Eselon II, 1 (satu) orang Pejabat Eselon III, 3 (tiga) orang Pejabat Eselon IV dan 12 (dua belas) orang staff. Adapun narasumber pada Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet ini adalah Yogi Kristiyanto, S.Kom., M.MSi. Kegiatan ini terbagi ke dalam 2 (dua) sesi, dimana pada sesi pertama membahas hal-hal teoritis mengenai Keamanan Komputer dan Jaringan Dalam Penerapan Strategis SI/IT, dan kemudian pada sesi kedua membahas mengenai praktik terkait teknik-teknik pengamanan jaringan komputer melalui perangkat Mikrotik, Firewall (Hillstone) dan Akses Point (Ubiquiti). Dalam paparan sesi pertama, narasumber membahas hal-hal terkait Keamanan Sistem Informasi, Teknik Pengamanan Sistem Informasi, Keamanan Email (mail security), Keamanan Website (web security), Eksploitasi Keamanan, Cyber Law dan Keamanan Sistem Jaringan Wireless (wireless security).

Selanjutnya pada sesi kedua, narasumber melakukan demonstrasi dengan mempraktikan beragam teknik dalam mengamankan jaringan komputer melalui perangkat-perangkat pengatur jaringan komputer, seperti : router, firewall dan access point. Terkait pengamanan jaringan komputer melalui perangkat router (Mikrotik), ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian utama, antara lain : pengelolaan terhadap pengaturan pemakaian bandwidth, penanganan access list terhadap akses web, penanganan access list port. Selain itu narasumber juga memaparkan mengenai fungsi dari OpenDNS sebagai pengatur content filtering dan restriksi terhadap akses konten-konten yang ada di dunia maya. Tidak lupa juga pembahasan mengenai pengaturan keamanan access point (ubiquiti), manajemen dan troubleshoot jaringan. Dan terakhir, narasumber juga mendemonstrasikan pengamanan jaringan komputer dari ancaman keamanan IT melalui perangkat firewall

(@x_cisadane)


15 Agustus 2017

Monitoring Dan Evaluasi Atas Pelaksanaan

Dan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Pada Satuan Kerja Di Lingkungan Mahkamah Agung RI 

Dalam rangka mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan Mahkamah Agung RI, dan sebagai tindak lanjut catatan hasil reviu Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI atas laporan keuangan Semester I Tahun 2017, dengan ini disampaikan bahwa Biro Keuangan dan Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI akan mengadakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi atas Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan berikut dengan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/s_170_bua_3_ku_00_8_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

(@x_cisadane)


14 Agustus 2017

Akurasi Data Yuridiksi Pengadilan 

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 785/SEK/OT.00/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017 tentang Akurasi Data Yurisdiksi Pengadilan dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 133/KMA/SK/VII/2017 tanggal 19 Juli 2017 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Perubahan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 2 Tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim dan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan. Maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan dan Lampirannya yang ditujukan kepada Yang Terhormat Para Ketua Pengadilan Tk Banding di 4 (empat) Lingkungan Peradilan di Seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan beserta Lampirannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/785_sek_ot_00_08_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

(@x_cisadane


14 Agustus 2017

Upacara Bendera Dalam Memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI Ke-72 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-72 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2017, merujuk pada arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI dengan ini diinstruksikan kepada seluruh Pengadilan pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017, berikut disampaikan lampiran tata urutan upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI dan Teks pidato amanat Ketua Mahkamah Agung RI pada Hari Jadi Mahkamah Agung ke-72 tanggal 19 Agustus 2017. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan beserta Lampirannya melalui tautan berikut : 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)




11 Agustus 2017

Pelaksanaan Penyempurnaan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2018 

Memperhatikan Surat bersama Menteri Keuangan Nomor : S-593/MK.02/2017 dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Nomor : 291/M.PPN/D.8/KU.01.01/07/2017 Tanggal 25 Juli 2017 Perihal Pagu Anggaran Kementerian/Lembaga dan Penyelesaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2018, maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan yang ditujukan kepada Yang Terhormat Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di Seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/158_bua_ot_o1_1_08_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


11 Agustus 2017

Pelaksanaan Evaluasi dan Pelaporan Atas Penyelenggaraan dan Hasil Program Kerja 

Dalam rangka melaksanakan Evaluasi dan Pelaporan atas Penyelenggaraan dan Hasil Program Kerja sesuai PP No. 8 Tahun 2006 tentang  Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah jo Peraturan Presiden No. 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk mewujudkan Pemerintah yang berorientasi pada hasil, efektif dan efesien dalam penggunaan anggaran serta peningkatan kualitas Reformasi Birokrasi. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dilakukan konsolidasi, klarifikasi dan validasi tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ke-Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama di ibu kota provinsi pada 4 (empat) lingkungan peradilan, yang akan dlaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2017. 

Diharapkan satuan kerja Tingkat Banding menyiapkan Dokumen Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis 2015-2019, Rencana Kinerja Tahunan, Perjanjian Kinerja, dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan beserta Lampiran Jadwal melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/141.b_bua_ot01.1_7_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


11 Agustus 2017


PELUNCURAN INOVASI E-BOOK PEDOMAN KERJA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA TANJUNG PINANG

Batam – Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang melaksanakan acara Launching Inovasi E-Book Pedoman Kerja PTUN Tanjung pinang pada tanggal 11 Agustus 2017 di Batam. Acara ini merupakan bentuk perwujudan komitmen dalam menciptakan berbagai inovasi yang telah dilakukan dan akan terus ditingkatkan oleh seluruh warga peradilan untuk memberikan pelayanan hukum yang berkualitas, sejak diluncurkannya Cetak Biru (Blue Print) Mahkamah Agung.

Acara tersebut dihadiri oleh bapak Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. (Gubernur Kepulauan Riau), DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. (Ketua Kamar Peratun), H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H. (KPT TUN Medan), Sulistyo S.H., M.Hum. (KPT TUN Surabaya), DR. Kadar Slamet S.H., M.Hum. (Wakil KPT TUN Jakarta), H. Oyo Sunaryo S.H., M.H. (Wakil PT TUN Medan). Selain itu juga hadir Ketua PA Batam dan para Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara wilayah Medan serta para Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Acara dimulai dengan sambutan oleh bapak H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H.  (Ketua PT TUN Medan). Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih, kepada keluarga besar pengadilan TUN Tanjung Pinang meskipun baru berusia 6 (enam) tahun, namun mampu terus melakukan perubahan-perubahan dan peningkatan yang dapat membanggakan semua pihak.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI, Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. Dalam sambutannya, tak lupa pula Dirjen menyampaikan rasa syukur, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua PTUN Tanjung pinang, H. Andri Mosepa, S.H., M.H., beserta seluruh jajarannya yang telah berhasil membuat inovasi E-Book Pedoman Kerja Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang. “Saya berharap Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang bisa terus melakukan inovasi baru yang lainnya yang bisa bermanfaat serta bisa dicontoh oleh Pengadilan Tata Usaha Negara lainnya dan Badan Peradilan lainnya untuk mencapai visi “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung”, Ucap Dirjen Badilmiltun.

Selanjutnya, diikuti oleh sambutan Ketua Kamar TUN, DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi hasil kerja keras PTUN Tanjung Pinang. “Dengan lahirnya e-book pedoman kerja menjadi salah satu bentuk kesiapan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung pinang dalam hal penerapan tekhnologi informasi di pengadilan”, ucap TUAKA TUN (11/08/2017).

“Ide dan gagasan dalam penyusunan e-book pedoman kerja ini bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesiapan dan keberanian yang kuat serta komitmen dari pimpinan dan seluruh jajarannya, hal ini dapat dilihat dari isi e-book pedoman kerja yang jika di susun dalam bentuk hardcopy akan membutuhkan puluhan ribu lembar kertas yang harus disediakan dengan biaya yang tidak sedikit, bayangan tumpukan puluhan ribu kertas tersebut sirna, setelah melihat pemanfaatan tekhnologi informasi yang dilakukan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang yang diwujudkan dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang tidak memerlukan biaya dan mudah dioperasikan”, Lanjut TUAKA TUN.

Acara selanjutnya adalah penekanan tombol oleh Ketua Kamar TUN didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Dirjen badilmiltun MA RI serta Ketua PT TUN Medan dan Ketua PTUN Tanjung Pinang.  Pada akhir sesi, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diserahkan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI.

Adapun Penggunaan E-Book memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Praktis.
  2. Hemat Biaya dan Tempat.
  3. Tahan Lama.

Untuk dapat diketahui bersama, bahwa E-Book Pedoman Kerja ini memuat 494 halaman (11 MB), ditambah lampiran berupa 11.662 peraturan perundang-undangan (termasuk peraturan intern Mahkamah Agung) dengan total kapasitas 3,41 GB. E-Book ini berisi kumpulan ketentuan yang harus dipedomani dalam bekerja yaitu Visi-Misi Mahkamah Agung, Visi-Misi Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, Arti lambang Mahkamah Agung, Hakim dan Panitera, Kode Etik Hakim dan Non Hakim, Alur Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara, Tugas dan Fungsi maupun Standar Operasional Prosedur (SOP) dari masing-masing bagian di Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, selain itu juga dilengkapi dengan kumpulan peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Mahkamah Agung, Surat Edaran Mahkamah Agung, Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung maupun Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung (hr).


11 Agustus 2017

Uji Coba SIPP Versi 3.2.0 di Empat Lingkungan Peradilan 

Menindak lanjuti Bimbingan Teknis untuk Training of Trainers Sistem Informasi Penelusuran Perkara  (SIPP) versi 3.2.0 yang diselenggarakan di Badan Diklat Kumdil Litbang Mahkamah Agung , Bogor, tanggal 31 Juli s.d 5 Agustus 2017. Mahkamah Agung akan melakukan Uji Coba SIPP Versi 3.2.0 sebelum aplikasi versi mutakhir tersebut diimplementasikan di seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan. Untuk pengadilan yang tidak ditunjuk sebagai tester aplikasi agar tidak meng-upgrade versi di satkernya (hr).

Silahkan unduh surat pada link berikut ini, untuk informasi selengkapnnya :

Surat Uji Coba SIPP Versi 3.2.0



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner01.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday565
mod_vvisit_counterYesterday3076
mod_vvisit_counterThis week3641
mod_vvisit_counterAll days5124314

We have: 118 guests, 3 bots online
Your IP: 23.20.64.16
 , 
Today: Agus 20, 2017

peraturan-button