1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Ditulis oleh NS Jumat, 28 Desember 2012

Bupati Aceng Gugat DPRD ke PTUN

aceng gugatGARUT– Tidak puas dengan keputusan DPRD Garut, Bupati Aceng HM Fikri mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, kemarin.

”Berdasarkan analisis dari tim kuasa hukum saya, terdapat kejanggalan cara kerja panitia khusus (pansus) dan surat keputusan (SK) rekomendasi DPRD,” ujar Aceng usai inspeksi mendadak (sidak) di kompleks Pemkab Garut, kemarin. Dia berharap gugatannya dikaji dan diuji PTUN secara objektif.Pasalnya, gugatan itu dilayangkan murni untuk mencari keadilan. ”Sebagai warga negara, saya tidak ingin menuntut hak yang spesial.Tapi, hanya mencari keadilan yang saya rasa selama ini memang tidak adil,”katanya.

Read Article »


PDFCetakE-mail

Ditulis oleh NS Sabtu, 15 Desember 2012

Gugatan Secara Online, Gagasan Pelayanan Peradilan yang Memotong Jarak, Waktu dan Biaya Bagi Para Pencari Keadilan

ecourtsSurabaya-Gugatan secara online, awalnya merupakan sebuah gagasan yang terbentuk karena kondisi kekhususan Peradilan Tata Usaha Negara. Berbeda dengan peradilan umum maupun peradilan agama, yang satuan unit kerjanya ada pada hampir seluruh kotamadya/kabupaten di tiap propinsi di Indonesia, peradilan tata usaha negara hanya ditemui di ibukota-ibukota propinsi di 30 propinsi di seluruh Indonesia, dengan 2 unit satuan kerja yang termuda baru terbentuk tahun 2011 lalu, Pengadilan TUN Serang dan Pengadilan TUN Tanjung Pinang. Dengan kondisi ini, maka dalam melaksanakan pelayanan peradilan kepada masyarakat mengalami hambatan, terutama hambatan jarak tempuh ke pengadilan. Lalu bagaimana dengan implementasi asas sederhana, cepat, adil, mudah dan murah dalam pelayanan peradilan?

Read Article »

PDFCetakE-mail

Ditulis oleh NS Kamis, 13 Desember 2012

Rapat Koordinasi Gugatan Secara Online Badilmiltun Dengan Jajaran Pimpinan Satker Peradilan Dihadiri oleh Tuada TUN dan Tuada Pembinaan MA RI

rakor sbySurabaya-Ditjen Badilmiltun, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN,  menggelar Rapat Koordinasi Gugatan Secara Online dengan para Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera Peradilan Tata Usaha Negara se-Indonesia yang diselenggarakan di Pengadilan Tinggi TUN Surabaya pada 12-14 Desember 2012.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN mewakili Dirjen Badilmiltun yang berhalangan. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi disetiap satker peradilan dalam rangka peningkatan pemanfaatan teknologi IT di lingkungan peradilan TUN, terutama mengenai gugatan secara online.

Read Article »


PDFCetakE-mail

Ditulis oleh NS Selasa, 11 Desember 2012

Rapat Evaluasi Posbakum dan Prodeo Direktorat Peradilan Tata Usaha Negara

posbakumJakarta-Pada 11 Desember 2012, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara mengadakan kegiatan rapat dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan posbakum dan prodeo yang menghadirkan tiga pengadilan tata usaha negara, yaitu PTTUN Jakarta, PTUN Jakarta dan PTUN Bandung. Tampak hadir dalam rapat Bapak Ketua dan Pansek PTTUN Jakarta, Ibu Ketua PTUN Bandung, Bapak Pansek PTUN Jakarta.

Read Article »

PDFCetakE-mail

Ditulis oleh NS Kamis, 06 Desember 2012

Sosialisasi Hasil Rakernas Mahkamah Agung RI tahun 2012, Tata Cara Penyusunan LAKIP

pttun jktPT TUN JAKARTA-Mengenai sosialisasi pemecahan masalah teknis yuridis dan non teknis yuridis dari permasalahan-permasalahan yang ada di satker-satker Pengadilan Tinggi TUN Jakarta oleh Bapak Edy Supriyanto, S.H.,M.H. (Ketua PTUN Serang) sebagai narasumber dengan moderator Bapak H. A.K.Setiyono, S.H.,M.H. Selain sosialisasi, juga diisi dengan diskusi-diskusi yang kemudian oleh Tim Perumus yang diketuai oleh Bapak H. A.K. Setiyono, S.H.,M.H. disimpulkan menjadi tiga hal dalam permasalahan teknis yuridis dan dua hal dalam permasalahan non teknis yuridis.          

Selain acara sosialisasi hasil Rakernas Tahun 2012, juga diadakan pemaparan tentang penggunaan teknologi informasi di pengadilan, mulai dari penggunaan e-mail, SIMPEG, SIAD, dan SMS pelaporan perkara dengan narasumber Bapak R. Junida Hastakusuma, S.H. dan moderator Bapak IGN. Agung Putra, S.H.,M.H. dari Dirjen Badilmiltun. Dalam acara pemaparan tata cara penyusunan LAKIP dengan narasumber Bapak Dodo Surgandha, S.H.,M.Pd., (Kabag. Evaluasi dan Pelaporan pada Biro Perencanaan dan Organisasi BUA MA RI) dan moderator Bapak Drs. Zen Langsur I.B., M.Si.(Wasek Pengadilan Tinggi TUN Jakarta) dijelaskan tentang bagaimana tahap-tahap penyusunan LAKIP  yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Hasil diskusi kemudian dirumuskan oleh Tim Perumus yang diketuai oleh Bapak Abdin Taruna Munir, S.H. (Panitera/Sekretaris PTUN Banjarmasin) yang menghasilkan tiga point kesimpulan.    

Pengadilan Tinggi TUN Jakarta telah mengadakan Rapat Kerja Daerah sewilayah hukumnya dalam rangka sosialisasi hasil Rakernas Mahkamah Agung RI tahun 2012, tata cara penyusunan LAKIP, serta pengembangan IT telah dilaksanakan di Hotel Grand Aquila, Jalan Dr. Djundjunan Nomor 116, Bandung dari tanggal 27 November 2012 sampai 30 November 2012 dengan diikuti oleh para ketua, satu orang hakim, panitera/sekretaris, panitera muda perkara, dan kepala sub bagian keuangan pada masing-masing satuan kerja wilayah hukum Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Panitia pelaksanaan Rakerda kali ini diketuai oleh Bapak Dr. Santer Sitorus, S.H.,M.Hum. Hal-hal yang disosialisasikan dari hasil Rakernas adalah rumusan hasil diskusi kelompok IV bidang Peradilan Tata Usaha Negara dan pemecahan masalah teknis dan non teknis dari satker-satker sewilayah hukum Pengadilan tinggi TUN Jakarta. Untuk sosialisasi rumusan hasil diskusi kelompok IV bidan Peratun disampaikan oleh Bapak Istiwibowo, S.H.,M.H. (Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta) sebagai narasumber dengan didampingi moderator Bapak H. Oyo Sunaryo, S.H.,M.H. Terdapat tiga hal pokok dalam hasil rumusan tersebut yaitu mengenai sengketa TUN pemilu, sengketa keterbukaan informasi publik, dan sertifikasi hakim yang menangani sengketa lingkungan hidup.

Acara Rakerda ditutup oleh Bapak Dirjen Badilmiltun Sulistyo, S.H.,M.Hum.




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3961
mod_vvisit_counterYesterday5262
mod_vvisit_counterThis week39623
mod_vvisit_counterAll days6453490

We have: 47 guests online
Your IP: 54.198.134.104
 , 
Today: Apr 20, 2018

peraturan-button