02 Agustus 2018

PENGUMUMAN HASIL RAPAT PIMPINAN DAN TPM HAKIM DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TA. 2018

Bersama ini diberitahukan hasil dari Rapat Pimpinan Mahkamah Agung R.I. dan TPM Hakim di Lingkungan Peradilan Militer yang telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 02 Agustus 2018 dapat diunduh pada link dibawah ini.

Hasil Rapim & TPM Hakim Lingkungan Peradilan Militer 2018

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer Utama Pengadilan Militer Utama Lihat -
Pengadilan Militer Tinggi I Medan Lihat -
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta Lihat -
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Lihat -
Pengadilan Militer Tinggi I Medan Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-02 Medan Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-03 Padang Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-04 Palembang Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-05 Pontianak Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin Lihat Lihat
Pengadilan Militer I-07 Balikpapan Lihat Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta Pengadilan Militer II-08 Jakarta Lihat Lihat
Pengadilan Militer II-09 Bandung Lihat Lihat
Pengadilan Militer II-10 Semarang Lihat Lihat
Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta Lihat Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Pengadilan Militer III-12 Surabaya Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-13 Madiun Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-14 Denpasar Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-15 Kupang Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon Lihat Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura Lihat Lihat

 

PELAKSANAAN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PERADILAN MILITER I-06 BANJARMASIN

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I. kembali melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Peradilan Militer I-06 Banjarmasin yang dilaksanakan tanggal 25-27 Juni 2018. Tim Akreditasi langsung dipimpin oleh Dirbin Ganisminmil, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. sebagai Ketua dengan anggota Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H., Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. dan Hari A. Darmawan, S.H. dengan kriteria penilaian pada 5 Area masing-masing Area 1 Pengawasan dan Evaluasi Terhadap Kepemimpinan, Area 2 Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara Peradilan Militer, Area 3 Sarana dan Prasarana Peradilan Militer, Area 4 Pengelolaan Aplikasi SIPP dan Aplikasi Berbasis IT Lainnya Di Peradilan Militer serta Area 5 Pelaksanaan Pelayanan Meja Pengaduan dan Penanganan Pengaduan Di Peradilan Militer.

Sejak hari pertama telah terlihat antusiasme seluruh personil Dilmil I-06 Banjarmasin dalam menghadapi proses assesmen akreditasi ini. Tentunya persiapan matang telah dilakukan dengan kerja keras yang maksimal demi meraih predikat Terakreditasi. Dokumen-dokumen serta berbagai inovasi dijabarkan dengan jelas dan kekompakan seluruh personil yang dikomandoi Kadilmil I-06 Banjarmasin, Letkol Sus Tri Akhmad Baykhoni, S.H., M.H. beserta Panitera, Sekretaris dan para Hakin Militer membuat pelaksanaan assesmen berjalan dengan lancar, cepat serta memudahkan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu dalam menjalankan tugas.

Di akhir pelaksanaan assesmen pada taklimat akhir, Ketua Tim yang mewakili suara seluruh anggota menyampaikan rasa bangga dan respect akan keseriusan, kesiapan dan kerjasama seluruh personil Dilmil I-06 Banjarmasin sehingga dinyatakan mendapat status Terakreditasi yang disambut gemuruh tepuk tangan yang menggema, menggambarkan rasa sukacita yang mendalam dari segenap personil.

Selamat dan sukses untuk Dilmil I-06 Banjarmasin. Semoga dengan keberhasilan ini dapat lebih memacu semangat, motivasi, keinginan untuk maju dan berkembang serta meningkatkan kinerja seluruh personil dalam upaya mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung yang modern. (drm1075)

Dokumentasi Foto

Video Penyambutan

Video Yel-Yel

Video Pembacaan Catatan dan Saran Ketua TAPM

PELAKSANAAN AKREDITASI PADA PENGADILAN MILITER III-16 MAKASSAR

 

Ditjen Badilmiltun melanjutkan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Militer III-16 Makassar, dilaksanakan tanggal 28 sampai dengan 30 Juni 2018 yang lalu. Kembali Dirbin Ganisminmil, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. menjadi Ketua Tim Akreditasi dan memimpin asesmen dengan anggotanya, Kolonel Sus Reki Irene Lumme, S.H., M.H. sebagai penanggung jawab Area 2, Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H., penanggung jawab Area 3 dan 5 serta Hari Arief Darmawan, S.H. sebagai penanggung jawab Area 4. Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Ditjen Badilmiltun melakukan assesmen secara cermat dan penuh seksama dengan pemeriksaan bukti dukung (evidence) yang cukup detail.

Dari hasil assesmen selama kurang lebih 3 hari, didapat kesimpulan bahwa Dilmil III-16 Makassar dibawah kepemimpinan Kadilmil Kolonel Chk (K) Faridah Faisal, S.H., M.H. telah cukup baik menjalankan fungsinya. Kerja keras dan usaha seluruh anggota personil Dilmil III-16 Makassar membuahkan hasil yang memuaskan sehingga di akhir kegiatan assesmen diumumkan keberhasilan satuan kerja peradilan militer ini untuk meraih status Terakreditasi.

Ketua Tim Akreditasi, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. berpesan agar Kadilmil dan seluruh personil Dilmil III-16 Makassar jangan berpuas diri meraih hasil ini, karena tantangan yang paling berat adalah membuktikan dan mempertahankan status Terakreditasi yang telah disandang. Bahkan jadikan hasil ini sebagai pemicu semangat dan motivasi untuk lebih menciptakan inovasi-inovasi baru khususnya di bidang Teknologi Informasi.

Selamat atas teraihnya status Terakreditasi bagi Pengadilan Militer III-16 Makassar. Perjuangan belum berakhir, masih harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari waktu ke waktu. (drm1075)

Dokumentasi Foto

Video Asesmen Area

Video Yel-Yel Akreditasi Dilmil III-16 Makassar

KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PANITERA DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018 DI SURABAYA


 

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan Bimbingan Teknis Panitera di Lingkungan Peradilan Militer pada tanggal 11 sd 13 April 2018 dengan tema ”Melalui Bimtek Kita Tingkatkan Kompetensi Panitera Militer Menuju Peradilan Militer Yang Agung. Bimtek yang diadakan di Java Paragon Hotel Surabaya ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari Panitera, Panitera Pengganti, Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Pidana di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bimtek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam pidato pembukaannya, Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan Teknis Panitera merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan Peradilan. Maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para Panitera Militer tentang perkembangan di lingkungan Peradilan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan para Panitera Militer dalam teknik pembuatan Berita Acara Sidang dan  Produk-Produk Kepaniteraan, sehingga dapat menjadi Panitera yang profesional.

Saat ini masih ditemukan adanya kesalahan maupun keterlambatan   admnistrsi di bidang kepaniteraan, hal ini  disebabkan karena manajemen yang kurang baik, mulai dari perencanaan sampai kepada implementasi dan pengawasan di lapangan, demikian pula adanya kesalahan-kesalahan yang bersifat non teknis yang justru bersumber dari aspek mentalitas individu. Oleh sebab itu, bimtek yang akan dilaksanakan ini diberikan kepada para Panitera Militer, baik Panitera Militer pada lingkungan Peradilan Militer tingkat banding maupun pada tingkat pertama dengan harapan agar penyelenggaraan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan Panitera Militer dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat terwujud  peradilan yang berwibawa, mandiri dan dihargai. Selain itu juga untuk membangun mentalitas Panitera Militer agar  dapat menjaga kehormatan dan keluhuran martabat sebagai Panitera Militer sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima dan adil kepada masyarakat pencari keadilan.

Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek Panitera Militer tahun 2018 :

1.  Teknik Pembuatan BAS dan produk-produk kepaniteraan dengan narasumber Brigjen TNI (purn) Anthon R. Saragih, S.H., M.H., Hakim Tinggi Tipikor pada Pengadilan Tinggi Jakarta;

2.  Pedoman Penyusunan Putusan di lingkungan Peradilan Militer menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan Narasumber Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., Pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa pada Universitas Negeri Jakarta.

3.  Kode Etik Panitera dengan Narasumber H. Tavip Dwiyatmiko, S.H., M.H., Panitera pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara narasumber dengan peserta menjadikan Bimtek ini berlangsung baik, terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bimtek serta diperoleh 3 (tiga) orang Peserta terbaik yang dinilai dari penilaian Pre Test, Post Test serta keaktifan bertanya dalam proses kegiatan Bimtek.

Selanjutnya Penutupan Bimtek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Bapak Brigadir Jendera TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. (drm)

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca