RAPAT PERSIAPAN SOSIALISASI APLIKASI SIRATMIL DAN SIPPINTTER

Jakarta - ditjenmiltun.net. Pada hari ini, Senin tanggal 9 September 2019 bertempat di ruang rapat Ditbinganisminmil lantai 10 telah dilaksanakan rapat persiapan sosialisasi aplikasi SIRATMIL (SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TERPADU PERADILAN MILITER) dan SIPPINTTER (SISTEM PERADILAN PIDANA MILITER TERPADU). Rapat persiapan ini mengundang admin/tenaga IT dari Dilmil I-06 Banjarmasin, Dilmil II-11 Yogyakarta dan Dilmil III-17 Manado untuk melakukan presentasi/paparan Aplikasi SIRATMIL dan SIPPINTTER.


Rapat dibuka oleh Plt Dirbinganisminmil Kolonel Chk (K) Jelli Rita, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Kasubdit Pembinaan Administrasi Peradilan Militer Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H., Hakim Yustisial Mayor Laut (KH)  Ahmad Junaedi, SH.,M.H, dan Tim Development Ditjen Badilmiltun. Presentasi/paparan pertama yang disampaikan oleh admin.tenaga IT dari Dilmil III-17 Manado Christian H. Bawole dan dilanjutkan paparan kedua oleh admin II-11 Yogyakarta Danu Lupita, S.H.


RAPAT PERSIAPAN BIMBINGAN TEKNIS 2019
DIREKTORAT PRANATA DAN TATA LAKSANA PERKARA PIDANA MILITER

Pada hari iKamis tanggal 4 Juli 2019 Direktorat Pratalak dan Tata Laksana Perkara Pidana Militer menyelenggarakan Rapat untuk pelaksanaan kegiatan Bimtek Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali dan Grasi Perkara Pidana Militer. Rapat dipimpin oleh Plt. Direktur Pratalakra Pidana Militer Bapak Halomoan, S.H., M.M. dan dihadiri oleh Pejabat Eselon III, Para Pejabat Eselon IV dan Staf Direktorat Pratalakra Pidana Militer. Adapun dalam rapat ini membahas tentang Kepanitiaan, Jadwal, dan Tempat Pelaksanaan Bimtek. Dimana jadwal untuk Bimtek telah ditentukan pada tanggal 21 s/d 23 Agustus 2019 yang bertempat di Hotel Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya.


SURAT EDARAN SIRATMIL DAN SIPPINTTER DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER

Jakarta - ditjenmiltun.net. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengeluarkan Surat Edaran tentang Pemberlakuan Aplikasi  Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) dan Surat Edaran tentang Pemberlakuan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) di Lingkungan Peradilan Militer.

Untuk Aplikasi  Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) disampaikan dengan hormat kepada Kadilmiltama, Para Kadilmilti dan Para Kadilmil agar memberlakukan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) pada Lingkungan Peradilan Militer dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Para Kepala Pengadilan agar menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) di satuan kerjanya.
  2. Para Kepala Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan sebagai Penanggung Jawab Pengelolaan Aplikasi.
  3. Para Kepala Pengadilan untuk mengangkat Sekretaris sebagai Pengelola Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL).
  4. Dalam penginstalan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) agar berkoordinasi dengan Dilmil III-17 Manado.
  5. Melaporkan hasil pelaksanaannya kepada Dirjen Badilmiltun MARI.
Untuk Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER)disampaikan dengan hormat kepada Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para  Kepala Pengadilan Militer agar memberlakukan penggunaan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) pada Lingkungan Peradilan Militer dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para Kepala Pengadilan agar menerapkan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) disatuan kerjanya.
  2. Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para Kepala Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan sebagai Penaggung Jawab Pengelolaan Aplikasi.
  3. Para Kepala Pengadilan untuk mengangkat Panitera sebagai Pengelola Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER).
  4. Dalam pengintalan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) agar berkoordinasi dengan Dilmil II-11 Yogyakarta.
  5. Melaporkan hasil pelaksanaannya kepada Dirjen Badilmiltun MARI.

04 April 2019

PEMBUKAAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PANITERA DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TA. 2019


Pada hari rabu tanggal 03 Juli 2019 telah dimulai pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Panitera Di Lingkungan Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI bertempat di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Kepala Pengadilan Utama, Mayjen TNI Agus Dhani Mandaladikari, S.H., M.M., M.Hum tepat pada pukul 19.30 WIB dan akan dilaksanakan selama 3 hari sampai dengan tanggal 05 Juli 2019. Acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer, Agung Iswanto, S.H., M.H., Sekretaris Ditjen Badilmiltun ibu Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., Ak., M.M. serta beberapa tamu undangan lainnya. Bimtek kali ini akan diisi materi dari narasumber, Brigjen TNI (Purn) Anthon Saragih, S.H., M.H., Hakim Tinggi Tipikor Pengadilan Tinggi Jakarta, kemudian oleh Kolonel Sus DR. Kemalsyah, M.Ag. sebagai ahli pembinaan mental TNI dan Asep Nursobah, S.Ag., M.H., Hakim Yustisial pada Kepaniteraan MARI.

Dalam amanat pembukaan dan pembinaannya, Kadilmiltama meminta para peserta yang terdiri dari 30 orang Panitera Peradilan Militer seluruh Indonesia untuk sungguh-sungguh mengikuti, mencermati dan mendalami semua materi yang akan diberikan oleh para narasumber demi meningkatkan kemampuan dan profesionalisme sebagai seorang Panitera di lingkungan Peradilan Militer sehingga dapat membawa Peradilan Militer menjadi Peradilan yang modern dan Peradilan yang Agung.

Acara hari itu ditutup oleh pembinaan dan sosialisasi Reformasi Birokrasi oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun selama kurang lebih satu jam. (drm1075)

AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN MILITER I-01 BANDA ACEH

Foto Akreditasi Dilmil Banda AcehFoto Akreditasi Dilmil I-01 Banda Aceh

Jakarta - ditjenmiltun.net. Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Ditbin Ganisminmil Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. bersama dua orang Anggota Tim, Mayor Chk Heriyanto, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. telah melaksanakan assesmen akreditasi penjaminan mutu di Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh pada tanggal 28 sd 30 April 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kadilmil I-01 Banda Aceh, Letkol Sus Tri Achmad B, S.H., M.H. beserta segenap jajaran personilnya meliputi 7 AREA masing-masing, Assesmen Kepemimpinan (Leadership) Di Peradilan Militer (AREA 1), Assesmen Pola Bindalmin dan Standard Operational Procedure (SOP) Penyelesaian Perkara (Management Process) Peradilan Militer (AREA 2), Assesmen Sarana dan Prasarana (Performance Result) di Peradilan Militer (AREA 3), Assesmen E-Judiciary di Peradilan Militer (AREA 4), Assesmen Layanan Pengadilan Di Peradilan Militer (AREA 5), Assesmen Kepegawaian dan Tata Laksana  (Resources Management) Di Peradilan Militer (AREA 6) dan Assesmen Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan (Strategic Planning) Di Peradilan Militer (AREA 7) yang diawali dengan Taklimat Awal kemudian dilanjutkan assesmen akreditasi seluruh AREA. Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh membuktikan kesiapan dan kesungguhan menghadapi akreditasi ini dengan melengkapi evidence dalam semua AREA walaupun pada pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

Akhirnya, setelah kurang lebih 3 hari kegiatan assesmen akreditasi, Tim menyatakan bahwa Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh berhasil meraih status Terakreditasi dengan predikat Sangat Baik. Hasil ini disampaikan Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. pada saat Taklimat Akhir sekaligus menutup rangkaian kegiatan assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu di Dilmil I-01 Banda Aceh. Selamat kepada Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh, semoga predikat ini dapat lebih memacu semangat dan meningkatkan kinerja seluruh personil Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh dalam menciptakan ide-ide kreatif dan mengembangkan inovasi demi kemajuan Peradilan Militer dan Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung Republik Indonesia di masa-masa yang akan datang. (AA)

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca