1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Rabu, 23 November 2016

Pembinaan Ketua Kamar Tata Usaha Negara di Lingkungan PERATUN Medan

Jakarta - Ketua kamar tata usaha negara (TUN) Mahkamah Agung RI, Dr. H. Supandi, S.H. M.Hum, bersama Hakim Agung Is Sudaryono, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badimiltun Mayjen. TNI. Mulyono, S.H., S.Ip, M.H., Sekretaris Ditjen Jeanny HV  Hutauruk, S.E.,Ak., M.M. dan Direktur Binganismin Peratun Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. melakukan pembinaan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Medan (10 dan 11/11/2016). Turut serta tim dari ditjen Badimiltun Suraji, S.H. Ka. Sub.bag. Mutasi dan Paino, S.H.,M.H. kasubag umum kepegawaian. Peserta pembinaan terdiri dari unsur pimpinan, tenaga teknis (hakim, panitera, jurusita), sekretaris, staf kepaniteran dan kesekretariatan di lingkungan Peratun Medan.

Ketua Kamar TUN menyampaikan kehadiran Perma No. 11 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Sengketa Pelanggaran Administrasi Pemilihan, memberikan kewenangan pada PTTUN mengadili sengketa Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Makamah Agung mengenai sengketa pelanggaran administrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota. Kekhusususan waktu penyelesaian di PTTUN yang hanya maksimal 15 hari kerja, perlu kesiapan aparat peradilan TUN untuk melaksanakannya. Selain itu pula, Ketua Kamar TUN menegaskan dalam bekerja merupakan ibadah, aparatur peratun harus berkerja secara ikhlas.

Dirjen Badimiltun menyampaikan Perma No. 7, 8 dan 9 tahun 2016 yang merupakan pedoman kerja apartur pengadilan. Perilaku yang bertentangan dengan kode etik harus dihindarkan baik dalam persidangan maupun di luar persidangan.

Dalam pembinaan Ketua Kamar TUN berkesempatan meresmikan mushola As-Sallam di PTUN Medan. Irhamto, S.H. Wakil Ketua PTUN Medan selaku Ketua pembangunan mushola menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan mushola As-Sallam. Hadir pula dalam persemian mushola tersebut, pimpinan pengadilan dari 4 (empat) lingkungan peradilan.(ymw/ns)


PDFCetakE-mail

Sabtu, 19 November 2016

Revisi Pola Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2016

Jakarta – Senin hingga Jumat, 14-18 November 2016 Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan kegiatan Revisi Pola Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2016.  Kegiatan tersebuat dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Sekretariat Ditjen Badilmiltun, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jl. Ahmad Yani Kav. 58 Lantai 9. Pembukaan dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. dan sambutan oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M.

Dalam pengarahannya, Direktur mengatakan harapannya agar kegiatan ini dapat menghasilkan Pola Promosi dan Mutasi Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara yang bermanfaat sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan tugas kedinasan di lingkungan Direktorat Pembinaan dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

Kegiatan diikuti oleh Dr. Istiwibowo, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), H. Hendro Puspito, S.H., M.Hum. (Ketua PTUN Jakarta), Wahidin, S.H., M.M. (Panitera PTUN Jakarta), Didik Hari Wasito, S.H., M.H. (Panitera PTUN Serang), serta beberapa Pejabat Struktural Direktorat  Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara sebgai Tim Perumus. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah A. Syaifullah, S.H. (Hakim Tinggi Pengawasan), Drs. Agus Zainal Mutaqien, S.H. (Kepala Biro Kepegawaian BUA MA.RI.), Drs. Bahrin Lubis, S.H., M.H. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jakarta).

Dalam rapat dibahas bagaimana menentukan perumusan yang tepat dalam hal penempatan tenaga teknis kepaniteraan yang ideal berdasarkan jumlah beban kerja pada satker pengadilan kemudian me-review dan merevisi draf Pola Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara yang telah dibuat sebelumnya.  Akhirnya pada Jumat, 18 November 2016, hasil rumusan Pola Promosi dan Mutasi Kepaniteraan tersebut ditetapkan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha. (ns/metty)

PDFCetakE-mail

Rabu, 09 November 2016

Fit & Proper Test Calon Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Selasa, 8 November 2016, setelah sehari sebelumnya dilaksanakan fit & proper  test jabaran panitera untuk pengadilan tingkat banding tata usaha negara, dilanjutkan dengan fit & proper test untuk jabatan panitera pengadilan tigkat pertamanya. Tes dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama dilaksanakan tanggal 8 November 2016 dan gelombang kedua dilaksanakan 9 November 2016. Sebanyak 17 orang wakil panitera dipanggil untuk megikuti tes tersebut, mereka adalah Ibrahim, SH (PTUN Yogyakarta), Kustiman, SH (PTUN Serang), Andi Mappanyuki, SH (PTUN Makassar), Ampra Gustono, SH, MH (PTUN Bandar Lampung), Yusron Ibrahim, SH (PTUN Palangkaraya), Muhammad, SH (PTUN Bandung), Ni Nyoman Mirawati, SH (Denpasar), Eniwar, SH (PTUN Padang), Hermin Etty Susilwati (PTUN Jayapura), Suwarna, SH, MH (PTUN Samarinda), Teuku Maimun, SH (PTUN Banda Aceh), Semuel Pettypeilohy, SSos, SH (PTUN Ambon), Agustin, SH, MH (PTUN Pekanbaru), Suhendra, SH (PTUN Bengkulu), Amir Fahrudin, SH (PTUN Pontianak), Didi Sunardi, SH, MH (PTUN Jakarta), dan Suyatno, SH (PTUN Tanjungpinang).

Tes dimulai pukul 09.00 WIB dengan para penguji serta tema materi uji yang sama dengan fit & proper test untuk jabatan panitera pengadilan tingkat banding tata usaha negara. Adapun metode pengujian yang dilakukan adalah wawancara dan praktek. (ns)


PDFCetakE-mail

Senin, 07 November 2016

Fit & Proper Test Calon Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara

Jakarta-Senin, 7 November 2016 Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Fit & Proper Tes Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Sebanyak 11 peserta  dipanggil untuk mengikuti tes tersebut. Mereka adalah Ilham Hamir, S.H., M.H. (PTUN Semarang), Armen Simamora, S.H. (PTUN Padang), Muhammad Irwan, S.H., M.H. (PTUN Tanjung Pinang), Sri Asmaraning Wulan, S.H., M.M. (PTUN Yogyakarta), Subejo, S.H. (PTUN Bandung), Mulyadi, S.H., M.Si., (PTTUN Jakarta), Eddy Jacob, S.H. (PTUN Manado), Apdin Taruna Munir, S.H. (PTUN Makassar), Wahidin, S.H., M.M. (PTUN Jakarta), Dolok Parulian Silaen, S.H. (PTUN Samarinda) dan Sukadi, S.H. (PT.TUN Surabaya).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung dan dibuka oleh Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyadi, S.H., S.IP., M.H. yang juga merupakan salah satu penguji dalam fit & proper test tersebut. Adapun penguji lain adalah Dr. Istiwibowo, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Direktur Binganismin TUN), H. Iswan Herwin, S.H., M.H. (Inspektur Wilayah III Bawas), Sudarto Radyosuwarno, S.H. (dahulu Ketua PTTUN Jakarta). Materi yang diujikan adalah perihal visi dan misi Mahkamah Agung, tupoksi panitera peradilan tata usaha negara, hukum formil dan materiil peradilan tata usaha negara, teknologi informasi dan integritas.

Dirjen Badilmiltun menyampaikan harapannya saat pengarahan pada acara pembukaan, bahwa kegiatan fit & proper test ini dapat menghasilkan sosok panitera pengadilan tinggi tata usaha negara yang terbaik, bahwa saat ini terdapat dua satker PTTUN yang kosong, sehingga tentunya tidak semua peserta dapat lolos dam tes ini. Akhirnya Dirjen berpesan agar para peserta berusaha melaksanakan tes ini dengan sebaik-baiknya. (ns)

PDFCetakE-mail

Jumat, 04 November 2016

TATA CARA PENYELESAIAN SENGKETA TATA USAHA NEGARA PEMILIHAN DAN SENGKETA PELANGGARAN ADMINISTRASI PEMILIHAN

Mahkamah Agung RI telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 11 tahun 2016 tentang  Tata Cara Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Sengketa Pelanggaran Administrasi Pemilihan. (hr)

Untuk selengkapnya silahkan unduh file berikut :

Perma_11_20116




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday764
mod_vvisit_counterYesterday1851
mod_vvisit_counterThis week12817
mod_vvisit_counterAll days6720880

We have: 50 guests online
Your IP: 54.92.163.188
 , 
Today: Jul 20, 2018

peraturan-button