1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Rabu, 09 November 2016

Fit & Proper Test Calon Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Selasa, 8 November 2016, setelah sehari sebelumnya dilaksanakan fit & proper  test jabaran panitera untuk pengadilan tingkat banding tata usaha negara, dilanjutkan dengan fit & proper test untuk jabatan panitera pengadilan tigkat pertamanya. Tes dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama dilaksanakan tanggal 8 November 2016 dan gelombang kedua dilaksanakan 9 November 2016. Sebanyak 17 orang wakil panitera dipanggil untuk megikuti tes tersebut, mereka adalah Ibrahim, SH (PTUN Yogyakarta), Kustiman, SH (PTUN Serang), Andi Mappanyuki, SH (PTUN Makassar), Ampra Gustono, SH, MH (PTUN Bandar Lampung), Yusron Ibrahim, SH (PTUN Palangkaraya), Muhammad, SH (PTUN Bandung), Ni Nyoman Mirawati, SH (Denpasar), Eniwar, SH (PTUN Padang), Hermin Etty Susilwati (PTUN Jayapura), Suwarna, SH, MH (PTUN Samarinda), Teuku Maimun, SH (PTUN Banda Aceh), Semuel Pettypeilohy, SSos, SH (PTUN Ambon), Agustin, SH, MH (PTUN Pekanbaru), Suhendra, SH (PTUN Bengkulu), Amir Fahrudin, SH (PTUN Pontianak), Didi Sunardi, SH, MH (PTUN Jakarta), dan Suyatno, SH (PTUN Tanjungpinang).

Tes dimulai pukul 09.00 WIB dengan para penguji serta tema materi uji yang sama dengan fit & proper test untuk jabatan panitera pengadilan tingkat banding tata usaha negara. Adapun metode pengujian yang dilakukan adalah wawancara dan praktek. (ns)


PDFCetakE-mail

Senin, 07 November 2016

Fit & Proper Test Calon Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara

Jakarta-Senin, 7 November 2016 Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Fit & Proper Tes Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Sebanyak 11 peserta  dipanggil untuk mengikuti tes tersebut. Mereka adalah Ilham Hamir, S.H., M.H. (PTUN Semarang), Armen Simamora, S.H. (PTUN Padang), Muhammad Irwan, S.H., M.H. (PTUN Tanjung Pinang), Sri Asmaraning Wulan, S.H., M.M. (PTUN Yogyakarta), Subejo, S.H. (PTUN Bandung), Mulyadi, S.H., M.Si., (PTTUN Jakarta), Eddy Jacob, S.H. (PTUN Manado), Apdin Taruna Munir, S.H. (PTUN Makassar), Wahidin, S.H., M.M. (PTUN Jakarta), Dolok Parulian Silaen, S.H. (PTUN Samarinda) dan Sukadi, S.H. (PT.TUN Surabaya).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung dan dibuka oleh Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyadi, S.H., S.IP., M.H. yang juga merupakan salah satu penguji dalam fit & proper test tersebut. Adapun penguji lain adalah Dr. Istiwibowo, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Direktur Binganismin TUN), H. Iswan Herwin, S.H., M.H. (Inspektur Wilayah III Bawas), Sudarto Radyosuwarno, S.H. (dahulu Ketua PTTUN Jakarta). Materi yang diujikan adalah perihal visi dan misi Mahkamah Agung, tupoksi panitera peradilan tata usaha negara, hukum formil dan materiil peradilan tata usaha negara, teknologi informasi dan integritas.

Dirjen Badilmiltun menyampaikan harapannya saat pengarahan pada acara pembukaan, bahwa kegiatan fit & proper test ini dapat menghasilkan sosok panitera pengadilan tinggi tata usaha negara yang terbaik, bahwa saat ini terdapat dua satker PTTUN yang kosong, sehingga tentunya tidak semua peserta dapat lolos dam tes ini. Akhirnya Dirjen berpesan agar para peserta berusaha melaksanakan tes ini dengan sebaik-baiknya. (ns)

PDFCetakE-mail

Jumat, 04 November 2016

TATA CARA PENYELESAIAN SENGKETA TATA USAHA NEGARA PEMILIHAN DAN SENGKETA PELANGGARAN ADMINISTRASI PEMILIHAN

Mahkamah Agung RI telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 11 tahun 2016 tentang  Tata Cara Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Sengketa Pelanggaran Administrasi Pemilihan. (hr)

Untuk selengkapnya silahkan unduh file berikut :

Perma_11_20116


PDFCetakE-mail

Jumat, 16 September 2016

Uji Kelayakan Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Kamis, 15 September 2016, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Uji Kelayakan dan Kepatutan Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Kegiatan dibuka oleh Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. dan dihadiri oleh para penguji dan peserta. Dalam sambutan acara pembukaan Dirjen berpesan kepada para peserta agar berusaha sebaik-baiknya karena para calon hakim yustisial ini merupakan hasil seleksi pimpinan diantara ratusan hakim lainnya dan siapapun yang terpilih akan beruntung karena selain bekerja juga dapat mendulang ilmu langsung dari Hakim Agung, dan Dirjen juga berpesan agar para peserta terutama yang terpilih nantinya agar dapat menjaga integritas diri, karena hal ini sangat penting.

Adapun para peserta terdiri dari 7 orang hakim, yaitu Michael Renaldy Zein S.H., M.H. (Hakim PTUN Makassar), M. Usahawan S.H. (Hakim PTUN Makassar), Andi Nur Insaniyah, S.H. (Hakim PTUN Makassar), Adi Irawan, S.H. (Hakim PTUN Palembang), Dewi Eliza Kusumaningrum, S.H. (Hakim PTUN Medan), M. Aly Rusmin, S.H. (Hakim PTUN Medan), dan Teguh Satya Bakti, S.H., M.H. (Hakim PTUN Jakarta). Dan para penguji terdiri dari Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.I.P., M.H (Dirjen Badilmiltun), Dr. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H.(Diretur Binganismin TUN), Dr. Istiwibowo, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), H. Iswan Herwin, S.H., M.H. (Inspektur Wilayah III Badan Pengawasan), dan Ashadi, S.H. (Panitera Muda TUN). Adapun materi yang diujikan adalah Visi dan Misi Mahkamah Agung, Tupoksi Panitera Pengganti di Mahkamah Agung, Hukum Formil dan Materiil Peradilan Tata Usaha Negara, Teknologi Informasi dan Integritas. (ns)

PDFCetakE-mail

Sabtu, 10 September 2016

Monitoring Evaluasi Ditjen Badilmiltun di PTUN Bandung

Jakarta - Pada Kamis, 8 September 2016, Tim Ditjen Badilmiltun yang terdiri dari Tim Monitoring Evaluasi Ditjen Badilmiltun yang terdiri dari Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara (Dr. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H.) selaku ketua Tim, dan angota-anggotanya Kasubdit Pembinaan Tenaga Teknis (Kartono, S.H., M.H.), Kasubdit Pembinaan Administrasi (Ambar Sri Susilawati, S.H., M.H.), Kasubdit Perkara Kasasi TUN/Plt. Direktur Pratalak TUN (Endng Murdiningsih, S.H., M.M.), Kasi Bimbingan Monitoring (Sudiyono, S.H.), Kasi Tata Kelola (Djoko Puromo, S.H., M.H.), Staf Statistik Dokumentasi (Nita Setyaningrum, S.T., M.Si.), Staf Bimbingan Monitoring (Hilda Riandini, AMd.) melaksanakan kegiatan monitoring evaluasi di Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung. Monitoring Evaluasi dilaksanakan melalui metode pengisian kuesioner dan wawancara dan dilakukan pada 8 area monitoring, yaitu Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara, PNBP dan Biaya Proses Penyelesaian Perkara, Sarana dan Prasarana Pengadilan, Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu, Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Pedoman Pelayanan Meja Informasi dan Pengaduan, Peningakatan Pelayanan Publik dan Pelaksanaan SOP, Restra dan Teknologi Informasi.

Hasil monitoring tersebut diserahkan kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, Ujang Abdullah, S.H., M.H. oleh ketua Tim Monitoring Ditjen pada saat penutupan kegiatan monitoring di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung. Dalam pemaparan hasil monitoring tersebut, Direktur kembali mengingatkan kepada pengadilan agar memperhatikan kelengkapan pengisian register, standar pengisian register, dan pemeliharaan/perawatan buku-buku register karena buku-buku register adalah harta kekayaan setiap pengadilan. Direktur menambahkan bahwa pengisian register juga harus dimengerti oleh orang lain karena si penulis buku bisa saja pensiun sedangkan buku register itu tetap akan dibutuhkan informasinya oleh petugas/pejabat yang baru. Dirjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.I.P., M.H., menambahkan bahwa hasil monitoring yang sudah baik agar dapat dipertahankan dan dibina terus menerus. Dirjen juga berpesan bahwa dalam bekerja hendaknya tetap berpedoman pada tertib administrasi, tertib hukum dan tertib dilapangan, serta mengutip pesan Ketua Kamar; "Anggaplah bekerja itu sebagai ibadah". (ns)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4577
mod_vvisit_counterYesterday4435
mod_vvisit_counterThis week9012
mod_vvisit_counterAll days6031860

We have: 127 guests online
Your IP: 54.226.41.91
 , 
Today: Jan 22, 2018

peraturan-button