1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Rabu, 14 Desember 2016

Acara Pembukaan : Focus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Modul Diklat Peratun

Jakarta - Pada 13 Desember 2016 kemarin, dilangsungkanlah Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Modul dan Kurikulum Diklat Peradilan TUN MA-RI Tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Diklat Kumdil MA-RI dan Ditjen Badilmiltun MA-RI dengan Proyek SUSTAIN. FGD yang akan dilangsungkan hingga tanggal 16 Desember 2016 di Hotel Redtop Jakarta tersebut dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Peradilan, Agus Subroto, S.H., M.Hum. dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H.

Dalam Pembukaan tersebut, Kapusdiklat Teknis menyampaikan apresiasi kepada Sustain yang telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) bagi tenaga Teknis di Peradilan TUN pada tahun 2016 ini dengan baik. Kapusdiklat juga semakin mengapresiasi Sustain yang kembali akan menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi tenaga teknis Peradilan TUN pada tahun 2017 mendatang, apalagi mengingat kemungkinan pada tahun 2017 Pusdilklat Teknis tidak dapat mengadakan Diklat bagi tenaga teknis, karena pada tahun 2017 Pusdiklat akan fokus untuk melaksanakan Diklat bagi Calon Hakim.

Sedangkan Dirbinganismin TUN MA-RI dalam Pembukaan tersebut memberikan arahan antara lain:

pertama, mengingat keterbatasan jumlah peserta untuk Diklat mendatang, maka harus dicarikan model pendaftaran yang selektif dan tepat bagi calon peserta Diklat;

kedua, kegiatan Diklat mendatang diharapkan lebih efektif, diantaranya dengan adanya FGD ini dan dengan mengundang pemateri dari luar Lingkungan Peradilan TUN;

ketiga, mengenai evaluasi pasca Diklat, agar diupayakan adanya model evaluasi yang efektif dan sistematis sehingga hasil Diklat dapat diterapkan di Peradilan TUN dengan optimal.

Dalam Pembukaan FGD ini, juga dipaparkan ringkasan hasil Monitoring dan Evaluasi atas Bintek tahun 2016 pada 4 (empat) PTTUN dan 8 (delapan) PTUN, yang disampaikan oleh Bernadeta Yuni Hariyanti. Hasil Monitoring dan Evaluasi tersebut akan menjadi bahan dalam FGD Penyusunan Modul dan Kurikulum Diklat Peradilan TUN MA-RI Tahun 2017 ini.

Peserta FGD ini adalah Agus Subroto, S.H., M.Hum. (Kapusdiklat Teknis MA-RI), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Dirbinganismin TUN MA-RI), Dr. Arifin Marpaung, S.H., M.H. (Wakil Ketua PTTUN Surabaya), Dr. Bambang Heriyanto, S.H., M.H. (Hakim Balitbang Diklat Kumdil MA-RI), Dr. Santer Sitorus, S.H., M.H. (Hakim Balitbang Diklat Kumdil MA-RI), Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Badan Pengawasan MA-RI), Dr. Dani Elpah, S.H., M.H. (Hakim Tinggi PTTUN Surabaya), Edy Suprianto, S.H., M.H. (Hakim Tinggi PTTUN Makassar), Ujang Abdullah, S.H., M.H. (Ketua PTUN Jakarta), Bapak Sudarsono, S.H., M.H. (Ditjen Miltun MA-RI), Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Ditjen Miltun MA-RI), Rosyada (JRTO), Bobby Rahman (Sustain),  Bernadeta Yuni Hariyanti, dan Tyas Purbasari. (ymw/ns)


PDFCetakE-mail

Jumat, 09 Desember 2016

Monitoring Evaluasi Direktorat Binganismin TUN ke PTUN Yogyakarta

Jakarta - Senin sampai Rabu, 5 - 7 Desember 2016 Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di PTUN Yogyakarta. Tim Monev terdiri dua orang, yaitu Ambar Sri Susilawati, S.H., M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi) dan Nita Setyaningrum, S.T., M.Si. (Staf Seksi Statistik dan Dokumentasi). Tim Monev diterima oleh Ketua PTUN Yogyakarta Henriette S. Putuhena, S.H., M.H, Wakil Ketua Sumartanto, S.H., M.H., dan Panitera Sri Asmaraning Wulan S.H., M.M. di ruang Ketua sebelum melaksanakan kegiatan monitoring.

Monitoring dan Evaluasi dilakukan pada 6 area, yaitu Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara, PNBP dan Biaya Proses Penyelesaian Perkara, Sarana dan Prasarana Pengadilan, Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu, Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), dan Pedoman Pelayanan Meja Informasi dan Pengaduan. Monitoring evaluasi dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan kuesioner yang dilakukan oleh tim ke tiap bagian di PTUN Yogyakarta. Pada akhir kegiatan tim menyerahkan hasil monitoring kepada Ketua PTUN Yogyakarta untuk ditandatangani. Hasil monitoring tersebut dapat digunakan sebagai rekomendasi/bahan evaluasi bagi PTUN Yogyakarta. (ns)

PDFCetakE-mail

Selasa, 29 November 2016

Monitoring dan Evaluasi Bintek Hakim PERATUN

Jakarta - Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara (Binganismin Peratun), Ditjen Badimiltun menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) ke PTTUN Makassar, PTUN Makassar, dan PTUN Manado (21 s.d. 24/11/2016), atas dukungan EU-UNDP projek Sustain. Monev berlangsung sehubungan telah selesainya putaran pertama bimbingan teknis (bintek)/continuing judicial education seluruh hakim peratun.

Tim monev terdiri dari Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Direktur Binganismin Peratun, Sri Agustin Sumarningrum, S.H., M.M. kasubdit Pengembangan Tenaga Teknis, dan Bobby Rachman, S.H., LLM dari Sustain. Tim melakukan wawancara dengan Ketua, Hakim, Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti, dan staf. Selain para responden mengisi kuisoner.

Harapan hasil monev dapat mengukur sejauh mana para peserta bintek memanfaatkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam praktek di peradilan. Selain itu, sebagai bahan evaluasi perbaikan pelaksanaan bintek selanjutnya. Para tenaga teknis dilibatkan pula memberi masukan materi apa yang diperlukan dalam penyusunan materi bintek masa mendatang.

Pelaksanaan bintek harus dipersiapkan dengan matang baik menyangkut materi, pemateri, pemanggilan peserta, waktu dan tempat pelaksanaannya. Untuk itu perlu disusun peta jalan (road map) 5 lima tahun ke depan, supaya berkesinambungan. Tenaga teknis secara bertahap terus-menerus ditingkatkan pengetahuan dan kemahirannya dalam melaksanakan tugas.

Monev kali ini merupakan monev bintek terakhir di tahun 2016. Sebelumnya untuk Wilayah PTTUN Surabaya : PTUN Kupang, PTUN Surabaya dan PTTUN Surabaya. Wilayah PTTUN Jakarta : PTUN Pontianak, PTUN Jakarta dan PTTUN Jakarta. Wilayah PTTUN Medan : PTUN Banda Aceh, PTUN Medan dan PTTUN Medan. (ymw/ns)


PDFCetakE-mail

Rabu, 23 November 2016

Pembinaan Ketua Kamar Tata Usaha Negara di Lingkungan PERATUN Medan

Jakarta - Ketua kamar tata usaha negara (TUN) Mahkamah Agung RI, Dr. H. Supandi, S.H. M.Hum, bersama Hakim Agung Is Sudaryono, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badimiltun Mayjen. TNI. Mulyono, S.H., S.Ip, M.H., Sekretaris Ditjen Jeanny HV  Hutauruk, S.E.,Ak., M.M. dan Direktur Binganismin Peratun Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. melakukan pembinaan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Medan (10 dan 11/11/2016). Turut serta tim dari ditjen Badimiltun Suraji, S.H. Ka. Sub.bag. Mutasi dan Paino, S.H.,M.H. kasubag umum kepegawaian. Peserta pembinaan terdiri dari unsur pimpinan, tenaga teknis (hakim, panitera, jurusita), sekretaris, staf kepaniteran dan kesekretariatan di lingkungan Peratun Medan.

Ketua Kamar TUN menyampaikan kehadiran Perma No. 11 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Sengketa Pelanggaran Administrasi Pemilihan, memberikan kewenangan pada PTTUN mengadili sengketa Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan dan Makamah Agung mengenai sengketa pelanggaran administrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota. Kekhusususan waktu penyelesaian di PTTUN yang hanya maksimal 15 hari kerja, perlu kesiapan aparat peradilan TUN untuk melaksanakannya. Selain itu pula, Ketua Kamar TUN menegaskan dalam bekerja merupakan ibadah, aparatur peratun harus berkerja secara ikhlas.

Dirjen Badimiltun menyampaikan Perma No. 7, 8 dan 9 tahun 2016 yang merupakan pedoman kerja apartur pengadilan. Perilaku yang bertentangan dengan kode etik harus dihindarkan baik dalam persidangan maupun di luar persidangan.

Dalam pembinaan Ketua Kamar TUN berkesempatan meresmikan mushola As-Sallam di PTUN Medan. Irhamto, S.H. Wakil Ketua PTUN Medan selaku Ketua pembangunan mushola menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan mushola As-Sallam. Hadir pula dalam persemian mushola tersebut, pimpinan pengadilan dari 4 (empat) lingkungan peradilan.(ymw/ns)

PDFCetakE-mail

Sabtu, 19 November 2016

Revisi Pola Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2016

Jakarta – Senin hingga Jumat, 14-18 November 2016 Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan kegiatan Revisi Pola Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2016.  Kegiatan tersebuat dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Sekretariat Ditjen Badilmiltun, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jl. Ahmad Yani Kav. 58 Lantai 9. Pembukaan dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. dan sambutan oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M.

Dalam pengarahannya, Direktur mengatakan harapannya agar kegiatan ini dapat menghasilkan Pola Promosi dan Mutasi Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara yang bermanfaat sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan tugas kedinasan di lingkungan Direktorat Pembinaan dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

Kegiatan diikuti oleh Dr. Istiwibowo, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), H. Hendro Puspito, S.H., M.Hum. (Ketua PTUN Jakarta), Wahidin, S.H., M.M. (Panitera PTUN Jakarta), Didik Hari Wasito, S.H., M.H. (Panitera PTUN Serang), serta beberapa Pejabat Struktural Direktorat  Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara sebgai Tim Perumus. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah A. Syaifullah, S.H. (Hakim Tinggi Pengawasan), Drs. Agus Zainal Mutaqien, S.H. (Kepala Biro Kepegawaian BUA MA.RI.), Drs. Bahrin Lubis, S.H., M.H. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jakarta).

Dalam rapat dibahas bagaimana menentukan perumusan yang tepat dalam hal penempatan tenaga teknis kepaniteraan yang ideal berdasarkan jumlah beban kerja pada satker pengadilan kemudian me-review dan merevisi draf Pola Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Tata Usaha Negara yang telah dibuat sebelumnya.  Akhirnya pada Jumat, 18 November 2016, hasil rumusan Pola Promosi dan Mutasi Kepaniteraan tersebut ditetapkan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha. (ns/metty)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4545
mod_vvisit_counterYesterday4435
mod_vvisit_counterThis week8980
mod_vvisit_counterAll days6031828

We have: 153 guests online
Your IP: 54.226.41.91
 , 
Today: Jan 22, 2018

peraturan-button