1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Senin, 06 Maret 2017

Bimbingan Teknis Bagi Para Jurusita Pengganti PERATUN: Pembuatan Surat Pemanggilan, Pemberitahuan dan Eksekusi

Jakarta - Bersamaan dengan Kegiatan Bimbingan Teknis Panitera pada tanggal 2 Maret 2017 di Hotel Inna Muara Padang, dilaksanakan juga Bimbingan Teknis bagi Jurusita Pengganti yang bertempat di ruangan yang berbeda. Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis pertama yang dilaksanakan bagi Jurusita Pengganti sejak Ditjen Badilmiltun berdiri, sehingga bimbingan teknis ini sangat dinantikan oleh para jurusita pengganti di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Tema yang diambil adalah mengenai teori dan simulasi pembuatan surat pemanggilan/pemberitahuan sidang dan eksekusi. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Sudarto Radyosuwarno, S.H. (dahulu Ketua PTTUN Jakarta), M. Ari Sultoni, S.H., M.H. (Panitera Pengganti pada Pengadilan Negeri Padang) dan Hengki Andora, S.H., L.L.M (Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas).

Dengan teknis pelaksanaan yang sama, para peserta bimbingan teknis juga harus mengerjakan pre-tes untuk mengukur kemampuan sebelum mendapatkan pemaparan materi dari narasumber, dan setelahnya juga diminta mengerjakan post test untuk mengukut peingkatan pengetahuan yang diperoleh oleh para peserta.

Narasumber pertama, Sudarto Radyosuwarno, S.H. memberikan materi mengenai tugas pokok dan fungsi Jurusita/Jurusita Pengganti di Peradilan Tata Usaha Negara dan simulasi pembuatan surat pemangilan maupun pemberitahuan menggunakan template yang telah disediakan.

Narasumber kedua, M. Ari Sultoni, S.H., M.H. memberikan materi mengenai teknis pemangilan secaa langsung yang dilakukan oleh Jurusita/Jurusita Pengganti di Peradilan Tata Usaha Negara.

Narasumber ketiga, Hengki Andora, S.H., L.L.M memberikan meteri mengenai Kode Etik Jurusita/Jurusita Pengganti, yaotu apa yang dimaksud kode etik jurusita, apa saja kode etik tersebut, landasan hukum penerapannya, sanksi bagi pelanggaran kode etik, jenis-jenis hukuman dan hukuman disiplin bagi pelanggaran kode etik.

Kegiatan Bimbingan Teknis Jurusita/Jurusita Pengganti ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. (ns)


PDFCetakE-mail

Senin, 06 Maret 2017

Bimbingan Teknis Administrasi dan Pelayanan Peradilan Bagi Para Panitera PERATUN di Padang

Jakarta - Setelah acara pembukaan digelar pada malam tanggal 1 Maret 2017, keesokan paginya dilaksanakan kegiatan inti bimbingan teknis yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas Panitera dan kelas Jurusita. Kelas Panitera mengambil tema BImbingan Teknis Administrasi dan Pelayanan Peradilan dengan menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. (Kabiro Humas MARI), Drs. H. Arifin Samsurijal, S.H., M.H. (Kabag Ortala Biro Perencanaan dan Organisasi  MARI), dan Dr. Yuslim, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas). Sebelum pemberian materi, para peserta mendapatkan pre-test berupa kuesioner yang harus diisi yng berkaitan dengan materi-materi yang akan diberikan, adapun tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan para peserta sebelum mendapatkan pemaparan materi dari para narasumber. Selain itu, pre-test ini diberikan dalam bentuk softcopy dan harus dikirimkan melalui email sebelum waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal habis, hal ini dilakukan untuk mendorong dan membiasakan peserta menggunakan teknologi informasi.

Narasumber pertama, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. memberikan materi mengenai pelayanan Pengadilan dan Mahkamah Agung, terutama pelayanan informasi kepada publik, yaitu bagaimana perkembangan pelayanan Pengadilan dan Mahkamah Agung itu sendiri, kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung, perkembangan teknologi yang mendukung keterbukaan informasi dan bagaimana menyikapi banyaknya informasi yang masuk di era keterbukaan informasi ini dengan bijak.

Narasumber kedua, Drs. H. Arifin Samsurijal, S.H., M.H. memberikan materi yang berkaitan dengan tata kelola peradilan, terutama yang berkaitan dengan tata kelola sarana dan prasarana pelayanan publik di pengadilan. Selain itu diberikan juga pengajaran mengenai cara pembuatan IKU (Indikator Kinerja Utama) kepada para Panitera agar tidak kesulitan nantinya saat mengerjakannya karena harus segera dikirimkan hasilnya ke Mahkamah Agung RI. 

Narasumber ketiga, Dr. Yuslim, S.H., M.H. memberikan materi mengenai Etike Pelayanan Peradilan yang Baik, apakah aparatur pelayanan peradilan telah mengambil keputusan dan berperilaku yang dapat dibenarkan dalam sudut  pandang etika, yaitu apakah sudah mempertimbangkan cara yang tepat untuk bertindak bagi pegawai negeri sebagai ”palayan publik” dalam berbagai situasi pelayanan peradilan.

Setelah semua materi diberikan, peserta kembali mendapatkan post-test berupa kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan materi yang telah diberikan, hal ini dilakukan untuk mengukur pengaruh bimbingan teknis tersebut terhadap peningkatan pengetahuan para peserta. Dan sesampainya para peserta di satker pengadilannya masing-masing nanti mereka bertugas untuk memberikan sosialisasi dan mengirimkan tugas akhir kepada Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN untu kmendapatkan sertifikat Bimbingan Teknis. Kegiatan bimbingan teknis bagi para Panitera ini berakhir sore hari pada pukul 17.00 WIB. (ns)

PDFCetakE-mail

Rabu, 01 Maret 2017

Acara Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Bagi Panitera dan Jurusita Pengganti Peradilan Tata Usaha Negara

Padang - Direktorat Jenderal Badilmiltun, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Adminitrasi Peradilan TUN menyelenggarakan Bimbingan Teknis Bagi Panitera dan Bimbingan Teknis Bagi Jurusita di lingkungan peradilan TUN pada 1 - 3 Maret 2017. Kegiatan ini merupakan dua kegiatan bimbingan teknis yang pelaksanaannya dilaksanakan secara bersamaan bertempat di Hotel Inna Mutiara Padang, yaitu Kegiatan Bimbingan Teknis dan Pelayanan Peradilan dan Kegiatan Bimbingan Teknis Kejurusitaan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 31 orang Panitera, 8 orang Panitera Muda Hukum, 4 orang Panitera Muda Perkara, 2 orang Panitera Pengganti, 44 orang Jurusita dan Jurusita Pengganti serta 8 orang staf Peradilan Tata Usaha Negara.

Acara Pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Maret 2017 pukul 20.00 WIB dan dihadiri seluruh peserta serta para tamu undangan yaitu Para Ketua Pengadilan dari Empat Badan Peradilan di Padang. Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut dibuka secara resmi oleh Ditjen Badilmiltun, Mayjen TNI Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. setelah sebelumnya Ketua Pelaksana Kegiatan Bimtek memberikan laporannya. Dalam pengarahannya Dirjen mengemukakan pentingnya pelaksanaan Bimbingan Teknis ini, yaitu pertama, penataan administrasi dan pelayanan peradilan adalah prasyarat mutlak terwujudnya penanganan perkara yang baik; kedua, adanya tuntutan masyarakat di era keterbukaan ini atas kinerja badan peradilan yang lebih baik, sehingga diperlukan adanya aparatur peradilan yang lebih profesional dan berintegritas; ketiga, sebagai pelaksanaan atas undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Setelah itu Dirjen melakukan pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada Ach. Suaidi, S.H. (Panitera PTUN Palangkaraya), Kakisina Jakoba, S.H. (Panitera PTUN Ambon), Rasyid Ridho, S.T., S.H. (Jurusita PTUN Palembang) dan Desak Made Sri Widari, S.H. (Jurusita PTUN Denpasar) sebagai perwakilan peserta.

Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembinaan Dirjen Badilmiltun hingga pukul 23.15 WIB. Tema Pembinaan kali ini adalah mengenai pemanfaatan IT dalam hal ini adalah SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) dalam pelaksanaan tugas di pengadilan. Dalam Pembinaan tersebut para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan masukan yang bermanfaat bagi perkembangan.

Ada yang berbeda dengan Bimbingan Teknis ini, yaitu setelah para peserta kembali ke satker pengadilannya masing-masing, para peserta Bimtek diwajibkan untuk melaporkan dan memaparkan hasil Bimtek ini kepada ketua pengadilan dengan dihadiri rekan sejawat dalam satu pengadilan. Laporan tersebut harus sudah dikirim melalui email kepada Ditjen Badilmiltun paling lambat empat belas hari sesudah penutupan Bimtek. Hal ini dilakukan karena diharapkan dapat dihasilkan peningkatan kemampuan aparatur kepaniteraan dan jurusita dalam memahami dan melaksanakan tugasnya.(ns)


PDFCetakE-mail

Senin, 20 Februari 2017

Rapat Pleno dan Penutupan Kegiatan Revisi Pola Bindalmin Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Senin, 20 Februari 2017, digelar Rapat Pleno Revisi Pola Bindalmin yang diikuti oleh seluruh anggota tim perumus dan dihadiri oleh Ketua Kamar TUN, Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum.; Para Hakim Agung TUN, Dr. Irfan Fachruddin, S.H., C.N.; Yosran, S.H., H.Hum.; dan Is Sudaryono, S.H., M.H.; Sekretaris Ditjen Badilmiltun, Jeanny Hilderia V Hutauruk, S.E., A.k., M.M.; Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H., Para Pejabat Eselon III serta para Asisten Yustisial/Asisten Hakim Agung TUN.

Dalam rapat pleno tersebut, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil rumusannya dan mendapatkan tanggapan ataupun masukan-masukan dari para hakim agung, maupun dari peserta rapat yang hadir. Kelompok I yang beranggotakan Endang Murdiningsih, S.H., M.M., Kusman, S.I.P., S.H., M.Hum., Enrico Simanjuntak, S.H., M.H., Mulyadi, S.H., M.Si., Didik Hari Wasoto, S.H., M.H., yang merumuskan Bidang Teknis Administrasi Perkara, dipresentasikan oleh Dr. Santer Sitorus, S.H., M.Hum. Kelompok II yang berangggotakan Dr. Kadar Slamet, S.H., M.H., H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si., Teguh Satya Bhakti, S.H., M.H. dan Sudarsono, S.H., M.H, yang merumuskan Bidang Teknis Hukum Acara, dipresentasikan oleh Dr. H. Bambang Heriyanto, S.H., M.H.

Rapat pleno ini merupakan akhir kegiatan Revisi Pola Bindalmin atau Buku II Peratun yang telah dilaksanakan sejak tanggal 13 Februari 2017 hingga tanggal 16 Februari 2017. Rapat pleno berjalan lancar dan masih banyak masukan maupun pendapat-pendapat dari para peserta rapat. Hasil rapat pada hari ini adalah bahwa Pola Bindalmin yang telah disusun oleh tim perumus secara substansi telah mencakup seluruh hal-hal yang diperlukan, namun demikian diberikan waktu selama 2 minggu untuk para anggota tim perumus maupun para asisten hakim agung untuk memberikan masukan-masukan atau mengkoreksi kembali hasil rumusan tersebut dari sisi tata bahasanya.

Rapat pleno dikhiri pukul 12.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan penutupan. Kegiatan penyusunan Revisi Pola Bindalmin atau Buku II tersebut ditutup secara resmi oleh Ketua Kamar TUN. Dalam sambutannya Ketua Kamar bersyukur kegiatan ini dapat terlaksana dan mengucapkan terimakasih kepada tim perumus yang telah bekerja maksimal. (ns)

PDFCetakE-mail

Selasa, 14 Februari 2017

Pembahasan Revisi Pola Bindalmin/ Buku II Hari Ke-2

Jakarta - Selasa, 14 Februari 2016, setelah dilaksanakannya pembahasan penyusunan Pola Bindalmin/Buku II Peratun pada hari pertama, Tim Perumus kembali melanjutkan pembahasan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Besar lantai 10 Direktorat Dirjen Badilmiltun MA-RI. Kegiatan ini diawali dengan kata pengantar yang disampaikan oleh Direktur Binganismin TUN. Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Pada kesempatan ini Direktur Binganismin TUN menyampaikan beberapa perubahan mengenai teknis gugatan, permohonan, fiktif positif, perkara permohonan uji penyalahgunaan wewenang dan beberapa permasalahan lain yang terjadi di lingkungan peradilan TUN. Hadir pula dalam rapat tersebut Bapak Dr. Atja Sondjaja, S.H., M.H. sebagai narasumber untuk meberikan masukan dan sekaligus membantu mengkoreksi Pola Bindalmin/Buku II Peratun yang ada saat ini.

Tidak hanya tim perumus, pada hari kedua kegiatan ini juga hadir dalam rapat, tim development Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) untuk ikut andil memberikan pendapatnya serta pandangannya terhadap materi revisi, antara lain; Jefri Ardianto, S.T. (Staf Perlengkapan), Dwianto Budiman, S.Kom., M.M. (Staf Perlengkapan), Stefanus  Dwi putra Medisa, S.Kom.(Staf Dokumentasi dan Informasi). Siang harinya, Tim perumus dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah Tim Administrasi ; Dr. Santer Sitorus, S.H., M.H., Endang Murdiningsih, S.H., M.M., Kusman, S.I.P., S.H., M.Hum., Enrico Simanjuntak, S.H., M.H., Mulyadi, S.H., M.Si., Didik Hari Wasoto, S.H., M.H., dan kelompok kedua yaitu Tim  Peradilan ; Dr. Kadar Slamet, S.H., M.H., Dr. H. Bambang Heriyanto, S.H., M.H., H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si., Teguh Satya Bhakti, S.H., M.H. dan Sudarsono, S.H., M.H. Dengan pembagian kelompok ini diharapkan pembahasan penyusunan Pola Bindalmin/Buku II dapat terlaksana lebih detail dan maksimal lagi sehingga menghasilkan Buku Bindalmin/Buku II sesuai dengan harapan sebagai penunjang terciptanya peradilan yang tertib administrasi, tertib hukum dan tertib dilapangan. (hr)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4549
mod_vvisit_counterYesterday4435
mod_vvisit_counterThis week8984
mod_vvisit_counterAll days6031832

We have: 151 guests online
Your IP: 54.226.41.91
 , 
Today: Jan 22, 2018

peraturan-button