1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Kamis, 14 September 2017

Peninjauan Lokasi Gedung Sementara dan Tanah Calon Gedung PTUN Gorontalo

Gorontalo - Kamis, 14 September 2017 Tim Persiapan Peresmian Pengadilan PTUN Gorontalo yang terdiri dari unsur Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrsi Peradilan TUN, Biro Perencanaan MARI, PTTUN Makassar dan PTUN Menado akan meninjau lokasi gedung sementara serta tanah calon gedung PTUN Gorontalo. Sebelumnya tim melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo terlebih dahulu dengan berkunjung secara resmi ke Kantor Pemerintah Provinsi Gorontalo. Di Kantor Pemprov tim diterima oleh Asisten Pemerintahan I dan Kesra, Drs. H. Anis Naki, M.M. beserta jajarannya. Atas nama Pemerintah Provinsi, Anis Naki mengucapkan selamat datang dan sekaligus menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur Provinsi Gorontalo tidak dapat hadir karena harus mengikuti Rapat Koordinasi di Kementrian Keuangan di Jakarta. Ketua PTTUN Makassar, Samsul Hadi, S.H. mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Gorontalo atas dukungannya yang sangat positif terhadap pembentukan Pengadilan TUN Gorontalo, hal ini menunjukkan komitmen Pemrov terhadap pemberian fasilitas pelayanan publik karena menurutnya PTUN ini memang dibutuhkan masyarakat Gorontalo, jika dilihat banyaknya perkara dari daerah Gorontalo yang masuk ke Pengadilan Tinggi TUN Makassar. Sedangkan  Kabag Ortala Biro Perencanaan Mahkamah Agung, H. Arifin Samsurijal, S.H., M.H. menyatakan harapannya kepada Pemrov Gorontalo agar Pemprov menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung PTUN Gorontalo dan memproses penerbitan sertifikat secepatnya. Mengenai SDM, Arifin Samsurijal juga menyarankan agar disiapkan tenaga-tenaga yang bagus, artinya jangan sampai pegawai-pegawai yang kurang cakap dalam bekerja di Satkernya lalu dimutasi ke PTUN Gorontalo, padahal pengadilan yang baru dibentuk akan lebih membutuhkan SDM yang baik kualitasnya. Keudian Kasubdit Pembinaan Tenaga Teknis, Ambar Sri Susilowati, SH, MH menyatakan harapan dari Direktur Binganismin TUN, yaitu agar PTUN Gorontalo dapat siap untuk diresmikan pada awal November oleh Ketua Mahkamah Agung bersama 40 pengadilan tingkat pertama lainnya dari Peradilan Umum dan Peradilan Agama.

Read Article »


PDFCetakE-mail

Rabu, 13 September 2017

Tim Persiapan Peresmian PTUN Gorontalo diterima Pemerintah Provinsi Gorontalo

Gorontalo - Rabu, 13 September 2017, Tim Persiapan Peresmian PTUN Gorontalo terdiri yang dari tim dari Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi PeradilanTUN, PTTUN Makassar, PTUN Menado dan Biro Perencanaan Mahkamah Agung tiba di Gorontalo untuk melaksanakan studi kelayakan Pengadilan Baru PTUN Gorontalo. Tim diterima oleh Ibu Sekretaris Daerah, Prof. Dr. Ir. Winarni Dien Monoarfa, MS bersama beberapa jajarannya di Bandara Djalaludin, Gorontalo. Pembicaraan dan penyampaian maksud kedatangan diutarakan langsung oleh Ketua PTTUN Makassar, Samsul Hadi, SH, dan pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo memberikan dukungan yang sangat kooperatif untuk membantu pelaksanaan operasional PTUN Gorontalo tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menyediakan gedung sementara dan tanah lokasi untuk pembangunan gedung Pengadilan TUN Gorontalo. Rencananya Pemprov juga akan memberikan pinjaman meubeler serta kendaraan dinas. Utamanya bahwa Pemrov menyanggupi gedung sementara akan segera siap sehingga PTUN Gorontalo dapat turut diresmikan oleh Ketua MA pada tanggal 4-5 November 2017 bersama 40 Pengadilan Tingkat Pertama lainnya.

Keesokan harinya direncanakan tim akan berkunjung secara resmi ke Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk selanjutnya akan meninjau gedung sementara yang telah disiapkan serta  lokasi bakal pembangunan Gedung Pengadilan TUN Gorontalo.(ns)

PDFCetakE-mail

Jumat, 18 Agustus 2017

Rapat Lanjutan Pembahasan Panjar Biaya Perkara Berbasis Elektronik (E-SKUM)

Jakarta, bertempat di Ruang Rapat Besar Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara bersama-sama dengan Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI dan Tim dari PTTUN Jakarta dan PTUN Jakarta kembali melaksanakan rapat pembahasan tentang panjar biaya perkara berbasis elektronik (E-SKUM). Rapat E-SKUM sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Mei. Rapat lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari aplikasi E-SKUM untuk peradilan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.

Rapat dibuka oleh Direktur Binganismin Diltun MA RI (Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi , S.H., M.H). Kemudian dilanjutkan paparan oleh bapak Juwan J. Alfauz (Kasub Pelaksanaan Anggaran IA) sekaligus developer aplikasi ini. Dalam paparannya disampaikan bahwa aplikasi E-SKUM untuk wilayah Peradilan Tata Usaha Negara telah selesai dibangun namun belum bisa digunakan dikarenakan dalam penghitungan panjar biaya perkara masih mengacu pada SK Ketua masing-masing satker dan terdapat kekhususan pada peradilan TUN dalam penghitungan biaya panjar tersebut. "Diharapkan kedepan, diadakan kerjasama antara Mahkamah Agung dengan POS Indonesia untuk kesempurnaan aplikasi E-SKUM ini", ucap bapak Juwan J. Alfauz(16/08/2017). Dalam kesempatan ini, beliau juga mempraktekkan penggunakaan aplikasi E-SKUM di depan peserta rapat yang hadir di ruang tersebut. Direncanakan aplikasi E-SKUM akan segera diberlakukan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.(hr)



PDFCetakE-mail

Jumat, 11 Agustus 2017


PELUNCURAN INOVASI E-BOOK PEDOMAN KERJA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA TANJUNG PINANG

Batam – Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang melaksanakan acara Launching Inovasi E-Book Pedoman Kerja PTUN Tanjung pinang pada tanggal 11 Agustus 2017 di Batam. Acara ini merupakan bentuk perwujudan komitmen dalam menciptakan berbagai inovasi yang telah dilakukan dan akan terus ditingkatkan oleh seluruh warga peradilan untuk memberikan pelayanan hukum yang berkualitas, sejak diluncurkannya Cetak Biru (Blue Print) Mahkamah Agung.

Acara tersebut dihadiri oleh bapak Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. (Gubernur Kepulauan Riau), DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. (Ketua Kamar Peratun), H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H. (KPT TUN Medan), Sulistyo S.H., M.Hum. (KPT TUN Surabaya), DR. Kadar Slamet S.H., M.Hum. (Wakil KPT TUN Jakarta), H. Oyo Sunaryo S.H., M.H. (Wakil PT TUN Medan). Selain itu juga hadir Ketua PA Batam dan para Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara wilayah Medan serta para Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Acara dimulai dengan sambutan oleh bapak H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H.  (Ketua PT TUN Medan). Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih, kepada keluarga besar pengadilan TUN Tanjung Pinang meskipun baru berusia 6 (enam) tahun, namun mampu terus melakukan perubahan-perubahan dan peningkatan yang dapat membanggakan semua pihak.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI, Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. Dalam sambutannya, tak lupa pula Dirjen menyampaikan rasa syukur, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua PTUN Tanjung pinang, H. Andri Mosepa, S.H., M.H., beserta seluruh jajarannya yang telah berhasil membuat inovasi E-Book Pedoman Kerja Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang. “Saya berharap Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang bisa terus melakukan inovasi baru yang lainnya yang bisa bermanfaat serta bisa dicontoh oleh Pengadilan Tata Usaha Negara lainnya dan Badan Peradilan lainnya untuk mencapai visi “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung”, Ucap Dirjen Badilmiltun.

Selanjutnya, diikuti oleh sambutan Ketua Kamar TUN, DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi hasil kerja keras PTUN Tanjung Pinang. “Dengan lahirnya e-book pedoman kerja menjadi salah satu bentuk kesiapan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung pinang dalam hal penerapan tekhnologi informasi di pengadilan”, ucap TUAKA TUN (11/08/2017).

“Ide dan gagasan dalam penyusunan e-book pedoman kerja ini bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesiapan dan keberanian yang kuat serta komitmen dari pimpinan dan seluruh jajarannya, hal ini dapat dilihat dari isi e-book pedoman kerja yang jika di susun dalam bentuk hardcopy akan membutuhkan puluhan ribu lembar kertas yang harus disediakan dengan biaya yang tidak sedikit, bayangan tumpukan puluhan ribu kertas tersebut sirna, setelah melihat pemanfaatan tekhnologi informasi yang dilakukan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang yang diwujudkan dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang tidak memerlukan biaya dan mudah dioperasikan”, Lanjut TUAKA TUN.

Acara selanjutnya adalah penekanan tombol oleh Ketua Kamar TUN didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Dirjen badilmiltun MA RI serta Ketua PT TUN Medan dan Ketua PTUN Tanjung Pinang.  Pada akhir sesi, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diserahkan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI.

Adapun Penggunaan E-Book memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Praktis.
  2. Hemat Biaya dan Tempat.
  3. Tahan Lama.

Untuk dapat diketahui bersama, bahwa E-Book Pedoman Kerja ini memuat 494 halaman (11 MB), ditambah lampiran berupa 11.662 peraturan perundang-undangan (termasuk peraturan intern Mahkamah Agung) dengan total kapasitas 3,41 GB. E-Book ini berisi kumpulan ketentuan yang harus dipedomani dalam bekerja yaitu Visi-Misi Mahkamah Agung, Visi-Misi Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, Arti lambang Mahkamah Agung, Hakim dan Panitera, Kode Etik Hakim dan Non Hakim, Alur Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara, Tugas dan Fungsi maupun Standar Operasional Prosedur (SOP) dari masing-masing bagian di Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, selain itu juga dilengkapi dengan kumpulan peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Mahkamah Agung, Surat Edaran Mahkamah Agung, Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung maupun Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung (hr).

PDFCetakE-mail

Sabtu, 05 Agustus 2017

MONITORING DAN EVALUASI KE PTUN JAMBI TA 2017

Jambi -  Tim monitoring dari Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara, kembali melanjutkan perjalanan untuk kegiatan monitoring dan evaluasi dan kali ini dilaksanakan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi. Pelaksanaan monev berlangsung selama 3 hari pada tanggal 02 s.d 04 Agustus 2017. Kedatangan tim monev disambut baik oleh keluarga besar pengadilan Tata Usaha Negara Jambi. Tim kali ini dipimpin oleh Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. (Dirjen Badilmiltun MA RI) dan beranggotakan; Hj Sri Agustin Surmaningrum, S.H., M.M. (Kasubdit Pengembangan Tenaga Teknis TUN), Kartono, S.H, M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN), Yuda Aji Wibawa, S.H., M.H. (Kasi Statistik dan Dokumentasi TUN), Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial) dan Hilda Riandini, A.Md. (Staf Bimbingan dan Monitoring).

Tiba di gedung Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi, Dirjen Badilmiltun MA RI diikuti oleh tim monev langsung bergerak melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana. Pemeriksaan dimulai dari gedung belakang dan pertama kali yang dicek yaitu kebersihan toilet, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan semua ruangan yang ada di gedung tersebut. Dirjen Badilmiltun MA RI sangat peduli terhadap hal kebersihan karena dirasa penting demi terciptanya kenyamanan, baik bagi para pencari keadilan maupun semua pegawai yang berada di lingkungan pengadilan TUN Jambi. Setelah dilakukan pemeriksanaan terhadap sarana dan prasarana, didapatkan beberapa catatan penting yang menjadi ‘PR’ bagi PTUN Jambi untuk melakukan perubahan khususnya dalam hal kebersihan. Pada hari kedua, tim kembali melanjutkan pemeriksaan dan obeservasi serta tanya jawab. Kali ini lebih kompleks dan tim lebih berfokus untuk melakukan pengecekan terhadap Pelaksanaan Pola Bindalmin, SOP, Penyelesaian Perkara, PNBP, Biaya Proses, Pelaksanaan Posyankum,  Aplikasi SIPP, serta Meja Informasi dan Pengaduan. Pemeriksaan dilakukan secara mendetail dan cukup lama. Pada sesi ini ditemukan cukup banyak permasalahan.

Pada akhir kegiatan, seluruh tenaga teknis, para pejabat eselon dan para staf serta honorer PTUN Jambi berkumpul di Ruang Sidang Utama untuk mendengarkan pembinaan dari bapak Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H (Dirjen badilmiltun MA RI) dilanjutkan dengan pemaparan dan pelaporan hasil monitoring kepada Ketua PTUN Jambi (Bertha Sitohang, S.H.) dan seluruh pegawai yang hadir diruangan itu. Hasil monitoring kemudian ditandatangani oleh Ketua PTUN Jambi dan diserahkan sebagai bahan evaluasi baik PTUN Jambi maupun bagi Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara khususnya Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Kedepannya diharapkan PTUN Jambi lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan terhadap publik dan dapat mengikuti keberhasilan pengadilan – pengadilan yang telah berkembang dan maju di depan. (hr)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4574
mod_vvisit_counterYesterday4435
mod_vvisit_counterThis week9009
mod_vvisit_counterAll days6031857

We have: 132 guests online
Your IP: 54.226.41.91
 , 
Today: Jan 22, 2018

peraturan-button