Undangan Bimbingan Teknis (Pelatihan/ToT) Sistem Informasi Penelusuran Perkara Sengketa Proses Pemilihan Umum

Sehubungan akan diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis (Pelatihan/ToT) Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara versi 3.2.0-3 khusus untuk penyelesaian perkara Sengketa Proses Pemilihan Umum (SPPU), bersama ini Bagian Pengembangan Informatika (Humas - Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung) mengundang Bapak/Ibu, Saudara/Saudari (yang namanya berada dalam lampiran undanganuntuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada. 

  • Hari, Tanggal : Rabu - Sabtu (02 - 05 Mei 2018) 
  • Tempat : Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung Republik Indonesia. Jl. Cikopo Selatan, Gadog, Sukamaju, Megamendung, Bogor - Jawa Barat
  • Acara : Jadwal Terlampir

Demi kelancaran kegiatan tersebut, para peserta (yang namanya berada dalam lampiran undangan) diwajibkan untuk memenuhi requirements peserta sebagai berikut : 

  • Membawa Notebook (laptop) dengan spesifikasi processor minimal Core i3; 
  • Memory (RAM) pada Notebook minimal 4GB; 
  • Pada Notebook yang digunakan, peserta wajib melakukan instalasi Virtualbox (atau aplikasi sejenisnya), kemudian melakukan instalasi Sistem Operasi Linux Centos 7 (tanpa harus GUI Mode). 

Selanjutnya melakukan installasi package-package yang dibutuhkan untuk menjalankan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara misalnya seperti Apache, MariaDB, PHP, LibreOffice.

Selain itu peserta diwajibkan melakukan konfigurasi Sistem Operasi CentOS 7, Apache, MariaDB, PHP dan service soffice (converter).

Dan terakhir, peserta diwajibkan menyalin file-file Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara dari server satuan kerja masing-masing peserta, dan juga merestore/menyalin database Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara dari server satuan kerja masing-masing peserta.

Peserta tidak perlu melakukan konfigurasi jaringan static pada Sistem Operasi Centos 7;

  • Menyalin file sinkronisasi SIPP MA versi terbaru (versi 3.2.0-3) dan juga file sinkronisasi ke SIPP Web ke dalam notebook
  • Pada notebook yang digunakan, peserta wajib melakukan instalasi software-software pendukung, seperti SQLYog, WinSCP/FileZilla, Putty dan Notepad++/Sublimetext/EditPlus;
  • Opsional : Memiliki ethernet port (LAN cable port).

Catatan : 

  1. Dalam praktik kegiatan Bimtek (Pelatihan/ToT) ini Tidak menggunakan XAMPP; 
  2. Panitia dan narasumber tidak mentolerir apabila peserta belum memenuhi requirements saat kegiatan Bimtek (Pelatihan/ToT) berlangsung.

Segala biaya akomodasi peserta dibebankan pada DIPA Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung T.A. 2018. Untuk konfirmasi keikutsertaan, kehadiran dan untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi contact person berikut :  

  • Affan Ahmad, S.Kom., S.H. selaku Kepala Sub Bagian Bimbingan Teknis Bagian Pengembangan Sistem Informatika : 081328567462 
  • Ikha Tantri Ariani, S.Sos., M.H selaku Staff Kasubag Bimbingan Teknis Bagian Pengembangan Sistem Informatika : 089688970558

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Undangan beserta Lampiran Jadwal Kegiatan melalui tautan berikut : 

(@x_cisadane)

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca