1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

Acara Pembukaan Kegiatan Revisi Pola Bindalmin Peratun di MARI

Jakarta - Senin, 13 Februari 2017, di Ruang Prof. Mr. Dr. Wirjono Prodjodikoro diadakan acara Pembukaan Kegiatan Revisi Pola Bindalmin (Revisi Buku II) Peratun, yang dihadiri oleh Ketua Kamar TUN, Dr. H. Supandi, S.H., M.H. dan beberapa Hakim Agung TUN; Dr. Irfan Fachruddin, S.H., C.N., Dr. H. Hary Djatmiko, S.H., M.S., Yosran, S.H., M.Hum. Kegiatan tersebut di buka dengan kata sambutan dari Drijen Badilmiltun, Mayjen Mulyono, S.H., S.I.P., M.H., dilanjutkan dengan mendengarkan pengarahan dari Dr. H. Supandi, S.H., M.H. Kegiatan Revisi Pola Bindalmin ini dipandang sangat perlu dilakukan karena adanya perkembangan hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berkaitan dengan Peratun, Kebijakan Mahkamah Agung yang memerlukan tindak lanjut pedoman pelaksanaan, serta penggunaan sistem informasi dalam pengelolaan pengadministrasian perkara. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari, 13 - 14 Februari 2017 dilanjutkan 16 - 17 Februari 2017.

Dalam pengarahannya, Ketua Kamar TUN menyatakan bahwa revisi ini memang sudah sangat diperlukan, sehingga ada standarisasi teknis yang jelas, tegas dan aplikatif bagi jajaran peradilan tata usaha negara, "Buku II yang berlaku saat ini adalah berdasarkan keputusan Ketua MA 4 April 2006, sudah lebih dari 10 tahun lalu, sehingga dibutuhkan untuk merevisi buku pedoman teknis administrasi dan teknis perkara pada Peradilan TUN ini, agar up to date dengan perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini”, ujarnya. Ketua kamar juga mengatakan bahwa akan ada banyak hal yang harus direvisi dalam buku II ini, baik mengenai teknis perkara maupun teknis administrasi. Terakhir Ketua Kamar membirkan apresiasi kepada Ditjen Badilmiltun telah menginisiasi FGD ini dan mendoakan tim perumus yang akan bekerja semoga dapat bekerja secara maksimal.

Dalam sambutannya Dirjen Badilmiltun menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tugas Ditjen Badilmiltun untuk membuat standarisasi tata kelola dan tata kerja, sehingga dilaksanakanlah kegiatan Revisi Pola Bindalmin (Buku Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Perkara) pada Peradilan TUN, atau yang biasa disebut sebagai Buku II. Dirjen mengungkapkan harapannya bahwa dengan adanya standarisasi ini nantinya kinerja penanganan perkara di Peradilan TUN akan semakin baik, sehingga keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Selain itu, dalam acara pembukaan tersebut, para Hakim Agung TUN juga berkenan memberikan pengarahan dan masukan-masukan kepada para tim perumus mengenai penyusunan Pola Bindalmin Peratun. Direktur Binganismin TUN juga memberikan pengantar kepada tim perumus yang akan langsung bekerja setelah acara pembukaan selesai. Adapun tim perumus terdiri dari unsur hakim, panitera dan dari Ditjen Badilmilitun sendiri, yaitu: Dr. Kadar Slamet, S.H., M.H. (Wakil PTUN Jakarta), Dr. Santer Sitorus, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Balitbang Diklat), Dr. H. Bambang Heriyanto, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Balitbang Diklat), H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si. (Ketua PTUN Jakarta), Kusman, S.I.P., S.H., M.Hum (Hakim Yustisial/Asisten Hakim Agung), Teguh Satya Bhakti, S.H., M.H. (Hakim Yustisial/Asisten Hakim Agung), Sudarsono, S.H., M.H. (Hakim Yustisial/Staf Ahli pda Ditjen Badilmiltun), Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial/Staf Ahli pda Ditjen Badilmiltun), Mulyadi, S.H., M.Si (Panitera PTTUN Jakarta), Didik Hari Wasoto, S.H., M.H. (Panitera PTUN Jakarta), dan Endang Murdiningsih, S.H., M.M (Kasubdit Kasasi TUN). Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh para Hakim Yustisial/Asisten Hakim Agung dan perwakilan dari EU-UNDP, Ariyo Bimmo, S.H., LL.M. Dan setelah acara pembukaan selesai, Ariyo Bimmo memberikan masukan-masukan kepada tim perumus terkait Revisi Buku II yang akan dikerjakan.

Setelah acara pembukaan selesai, acara langsung dilanjutkan dengan penyusunan Revisi Buku II yang dilaksanakan di Ruang Widjono MARI hingga sore hari pukul 16.30. (ns)


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1088
mod_vvisit_counterYesterday5956
mod_vvisit_counterThis week1088
mod_vvisit_counterAll days6857707

We have: 270 guests, 1 bots online
Your IP: 54.225.59.14
 , 
Today: Sep 23, 2018

peraturan-button