Kunjungan Kerja Dirjen Badilmitun ke Pengadilan pada Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara di Surabaya

Sulistyo, S.H., M.Hum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Dirjen Badilmiltun) mengadakan kunjungan kerja ke Pengadilan pada lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara di Surabaya (Senin, 4/11/13). Dalam acara kunjungan kerja mengadakan pembinaan bertempat di kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Hadir dalam pembinaan, Pimpinan dan pegawai Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, Pengadilan Militer III-12 Surabaya serta PTUN Surabaya yang lokasinya berdampingan.

Dirjen Badimiltun menyampaikan pemaparan mengenai kebijakan percepatan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (SIAD-DILMIL/PTUN). Rencananya pada akhir 2013 seluruh satuan kerja (Satker) di lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara sudah terdapat aplikasi SIAD DILMIN/PTUN. Harapannya sebelum ayam berkokok di awal tahun 2014 semua Pengadilan di lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara telah mengoperasikan aplikasi SIAD DILMIL/PTUN.

Untuk itu, perlu dukungan semua unsur peradilan, terutama komitmen pimpinan pengadilan untuk mempersiapkan sarana, prasarana serta sumber daya manusianya guna mewujudkan peradilan berbasis teknologi informasi. Pimpinan Pengadilan perlu mempersiapkan membentuk Tim Implementasi Aplikasi SIAD dan menunjuk Administrator Aplikasi SIAD. Tak kalah pentingnya selalu melakukan monitoring dan evaluasi.

Sebelum acara pembinaan berakhir, dilakukan dialog interaktif antara Hakim dan pegawai dengan Dirjen Badilmiltun. Materi dialog selain masalah SIAD juga  menyangkut kepegawaian.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Surabaya, Dirjen Badilmiltun mengunjungi pula Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya yang disambut oleh Ketua dan Wakil Ketua PTTUN Surabaya. Ketua PTTUN Surabaya menjelaskan pelaksanaan SIAD di wilayah hukumnya serta melihat fasilitas perpustakaan. Selama kunjungan kerja Dirjen Badilmiltun di Surabaya didampingi Direktur Binganismin Peratun H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. dan Kasubdit Binganis Peradilan Militer, Letkol (CHK) Herdjito, S.H., M.H. (ymw/ns)

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca