1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

30 Juni 2014

Penetapan Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan Tahun 2014

Berikut Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 157-1/SEK/KU.01/6/2014 tanggal 26 Juni 2014 tentang Penetapan Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan yang ditujukan kepada Yth : Yang Mulia Pimpinan Mahkamah Agung RI, Yang Mulia para Hakim Agung Mahkamah Agung RI, para Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung RI, para Pejabat eselon I Mahkamah Agung RI, Kepala Pengadilan Militer Utama, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Empat Lingkungan Peradilan, dan para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Empat Lingkungan Peradilan.



27 Juni 2014

Acara Punggahan Ditjen Badilmiltun Menyambut Ramadhan 1436 H

punggahan2014Jakarta - Jum'at, 27 Juni 2014, Ditjen Badilmiltun menyelenggarakan acara punggahan dalam rangka menyambut Ramadhan 1436 H. Acara yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar Ditjen Badilmiltun iniberlangsung singkat namun tetap tidak mengurangi kehidmatan serta rasa kebersamaan didalamnya. Dalam pengarahannya, Dirjen Badilmiltun, Sulisyo, SH, MHum mengajak kepada seluruh pejabat dan staf untuk memanfaatkan momen Ramadhan sebaik-baiknya dengan banyak berbuat kebaikan, karena pada Ramadhan setiap kebaikan akan dibalas berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT, dan beliau berpesan juga meskipun puasa jangan gunakan waktu untuk bermalas-malasan dan tetap mengerjakan tugas kantor sehari-hari. Setelah acara selesai, Dirjen, beserta para pejabat dan seluruh staf saling bersalam-salaman bermaaf-maafan lalu dilanjutkan dengan acara makan bersama. Marhaban ya Ramadhan, semoga kita dapat menjalani bulan yang mulia ini dengan sebaik-baiknya dan mendapat sebesar-besarnya rahmat Allah SWT. (ns) 


23 Juni 2014

Kegiatan Bimbingan Teknis Hakim Militer Ditjen Badilmiltun TA. 2014

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi para Hakim Militer yang berlangsung sejak tanggal 18 Juni dan berakhir pada tanggal 20 Juni 2014 di hotel Harris Kuta Raya, Bali. Acara pembukaan oleh Dirjen Badilmiltun, Bpk. Sulistyo, SH., M.Hum dimulai tepat pukul 16.00 Wita dihadiri oleh Yang Mulya Ketua Kamar Peradilan Militer, Bpk. Dr. H.M. Imron Anwari, SH., S.Pn., MH., Kadilmiltama, Brigjen TNI Mulyono, SH., S.Ip., MH. serta Ditbinganismil Bpk. Anthon R. Saragih, SH. MH. Kegiatan Bimbingan Teknis Hakim Militer Ditjen Badilmiltun TA. 2014 sendiri pada tahun ini mengambil tema tentang Bimbingan Teknis Hakim Militer Sebagai Sarana Mewujudkan Profesionalitas dan Kemandirian Hakim Militer Dalam Memutuskan Perkara Dengan Mengedepankan Rasa Keadilan. Pada kesempatan pemberian pengarahannya, Bapak Dirjen Badilmiltun mengingatkan kembali tentang fungsi penting para Hakim Militer dalam memutuskan suatu perkara harus didasari oleh rasa keadilan dan bebas dari keberpihakan sehingga akan didapat sebuah putusan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Kemudian dilanjutkan oleh sesi pembekalan oleh Yang Mulya Ketua Kamar Militer Mahkamah Agung RI yang banyak memberikan koreksi dan arahan yang sangat penting artinya bagi pelaksanaan kegiatan di waktu-waktu mendatang. Beliau juga menekankan khususnya kepada para hakim militer agar senantiasa belajar dan berusaha meningkatkan kemampuan sehingga dapat menunjang visi dan misi Mahkamah Agung R.I untuk mewujudkan sebuah peradilan yang agung. Hal senada juga ditekankan oleh Kadilmiltama, khususnya dalam hal tata upacara yang terlihat masih ada kekurangan. Kadilmiltama menilai bahwa tata upacara militer masih merupakan bentuk tata upacara yang paling baik, maka dimohonkan kepada semua pihak untuk kembali memperhatikan tata urutan upacara, baik upacara pembukaan maupun upacara penutupan.

Tak ketinggalan juga ikut memberikan materi bimbingan teknis adalah Yang Mulya Hakim Agung, Bpk. Drs. Burhan Dahlan, SH., MH. dengan judul materi Independensi Kekuasaan Kehakiman yang berbicara tentang wewenang dan kekuasaan Mahkamah Agung di bidang kehakiman yang benar-benar harus terbebaskan dari unsur-unsur pengaruh pihak manapun dalam membuat suatu keputusan. Sedangkan narasumber bapak Ervan Wirawan, SE., MH., memberikan penjelasan materi tentang aplikasi SIAD-DILMIL yang juga melibatkan para hakim sebagai user. Selain itu disosialisasikan juga hasil Rakor pimpinan di lingkungan Peradilan Militer yang telah menetapkan beberapa point penting bagi keseragaman implementasi aplikasi SIAD-DILMIL. Dari keseluruhan materi dan acara yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut, para peserta terlihat begitu antusias, aktif berdiskusi dan bertanya segala hal yang berhubungan dengan materi yang diberikan. Acara kegiatan Pembinaan Teknis Hakim Militer TA. 2014 ini ditutup pada hari kamis malam sekitar pukul 21.30 Wita oleh bapak Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer, Brigjen (purn) TNI Anthon R. Saragih, SH., MH. mewakili bapak Dirjen Badilmiltun yang berhalangan hadir karena ada keperluan lain yang lebih penting. (drm)


17 Juni 2014

Rapat Kedua Penyusunan Rancangan Revisi UU Peratun

rakor_ruuJakarta - Senin, 16 Juni 2014, Tim Penyusun RUU Peratun kembali melakukan Rapat KeduaPenyusunan Rancangan Revisi UU Peratun yang dipimpin oleh Ketua Tim Penyusun Hakim Agung Dr. H. Supandi, SH, MHum di Hotel Alila, Jakarta. Setelah melakukan rapat pertama pada 7 Mei 2014, agenda Rapat Kedua Penyusunan RUU Peratun adalah pemaparan dari masing-masing kelompok yang telah dibagikan tugasnya pada rapat yang pertama. Anggota Tim Penyusun Rancangan Revisi UU Peratun terdiri dari 4 Hakim Agung dan 11 orang Hakim Tinggi dan Hakim Tingkat Pertama yang ditunjuk dalam SK Ketua Kamar TUN No.62/TUAKA.TUN/SK/VI/2014 tentang Susunan Kelompok Kerja Penyusunan Rancangan Revisi Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara. Meskipun tidak semua anggota Tim Penyusun dapat hadir dalam Rapat di Hotel Alila, namun sebelumnya para anggota Tim telah melakukan koordinasi dengan kelompoknya untuk menyiapkan materi yang akan dipaparkan. Adapun anggota Tim Penyusun yang hadir dalam rapat tersebut adalah Dr. Arifin Marpaung, SH, MHum, Dr. Santer Sitorus, SH, MHum, Dr. Disiplin F. Manao, SH, MH, H. Ujang Abdullah, SH, MSi, Maftuh Effendi, SH, MH, Kusman, SIP, SH, MHum, dan Teguh Satya Bhakti, SH, MH. Dalam pengarahannya, Dr. H. Supandi, SH, MHum menyatakan harapannya pada RUU Peratun yang sedang disusun rancangannya ini jika kelak disetujui dan ditetapkan oleh DPR akan dapat memperkuat Peradilan Tata Usaha Negara. (ns)


16 Juni 2014

PEMANGGILAN PESERTA BIMBINGAN TEKNIS HAKIM MILITER TA. 2014

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara akan melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Hakim Militer Tahun Anggaran 2014 yang akan dilaksanakan pada :

Hari                  : Rabu s. d Jumat

Tanggal            : 18 s.d 20 Juni 2014

Tempat            : Hotel Harris Raya  Kuta

                         Jl. Raya Kuta No. 83E Kuta Bali 80361

untuk transportasi peserta, jadwal, surat tugas dan materi yang akan diberikan dapat diunduh pada link dibawah ini. Demikian pemberitahuan ini untuk menjadi periksa.

Ratgas

Kode Booking Peserta

Jadwal Kegiatan

Materi Hakim Agung Drs. Burhan Dahlan, SH., MH.


13 Juni 2014

Pelatihan E-Document SIMPEG Ditjen BADILMILTUN

latedocJakarta - Melanjutkan pelatihan IT bagi para pejabat Eselon III dan IV di Ditjen BADILMILTUN, pada hari Jumat, 13 Juni 2013, dilaksanakan Pelatihan Electronic Document Sistem Informasi Kepegawaian (E-Doc SIMPEG). Peserta Pelatihan adalah para Pejabat Eselon III dan IV dari Subdit Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer dan Peradilan TUN, Subdit Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan Militer dan Peradilan TUN dan Bagian Kepegawaian Ditjen Badilmiltun. Pelatihan tersebut juga diikuti oleh staf dari masing-masing Bagian dan Sub Direktorat dengan narasumber Bapak Jo dari Konsultan IT dibantu Staf IT Ditjen Badilmiltun. 

Electronic Document (E-Doc) merupakan fitur dari Aplikasi SIMPEG yang sesuai dengan namanya merupakan bentuk elektronik dari berkas/dokumen milik pegawai yang didapat dari berkas/dokumen asli yang scan lalu di input kedalam database, seperti foto, Akte Nikah, Karpeg, Karis/Karsu, Taspen, Askes, Kardaf, PUPNS, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu NPWP, dan Konversi NIP Pegawai. E-Document ini juga merupakan salah satu syarat dalam verivikasi dan validasi oleh Pejabat yang ditunjuk. (ns)  


12 Juni 2014

Pelatihan Aplikasi SIMPEG dan Aplikasi Validasi Data SIMPEG Bagi Para Pejabat Eselon di Ditjen Badilmiltun

latsimpegJakarta - Melanjutkan rangkaian pelatihan IT bagi para pejabat Eselon di lingkungan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara, Kamis, 12 Juni 2014 dilaksanakan pelatihan Aplikasi SIMPEG dan Aplikasi Validasi Data SIMPEG. Peserta adalah Pejabat Eselon III dan IV dari Subdit Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer, Subdit Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan TUN, Pengembangan Tenga Teknis Peradilan Militer, Subdit Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan TUN, dan Bagian Kepegawaian Ditjen Badilmiltun. Pemateri pelatihan adalah Bapak Benny dan Bapak Jo dari Konsultan IT dibantu oleh staf IT Ditjen Badilmiltun. (ns)


12 Juni 2014

Tiga Hakim Tinggi Militer Dilantik dan Diambil Sumpahnya Oleh Ketua MA

pelantikan12Jakarta - Kamis, 12 Juni 2014, tiga Hakim Tinggi Militer dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua MA, Dr. M. Hatta Ali, SH. MH di Auditorium Gedung Sekretariat MA, Jalan Jend. A. Yani Cempaka Putih Timur bersama dengan 9 Hakim Tinggi Pengadilan Umum dan 9 Hakim Tinggi Pengadilan Agama. 

Ketiga Hakim Tinggi Militer tersebut adalah :

- Brigjen TNI MULYONO, SH, SIP, MH sebagai Kepala Pengadilan Militer Utama

- Kolonel CHK. YAN AKHMAD MULYANA, SH sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi I Medan

- Kolonel CHK HIDAYAT MANAO, SH sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi II Surabaya

Selamat dan sukses kepada ketiga Hakim Tinggi Militer yang telah dilantik, selamat mengemban tugas di tempat yang baru. (ns)


Ditulis oleh STM 12 Juni 2014

BIMBINGAN TEKNIS PEMBERKASAN PERKARA TATA USAHA NEGARA

Denpasar - Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara Kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali Tata Usaha Negara, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak bagi Panitera/Sekretaris Peradilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan tanggal 8 s/d 10 di Hotel Aston Denpasar Bali. Pada kesempatan itu hadir Ketua Kamar Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI yang sekaligus memberikan pembekalan kepada para peserta.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Sulistyo,SH.,M.Hum. Dalam sambutannya Dirjen Badilmiltun Sulistyo,SH.,M.Hum menekankan kembali pentingnya peran Penitera / Sekretaris dalam proses pemberkasan perkara yang akan diajukan ke Mahkamah Agung. Dirjen Badilmiltun juga berharap untuk kedepan jangan sampai ada lagi berkas yang kurang lengkap baik itu soft copy maupun dokumen-dokumen lainnya sehingga untuk kegiatan tahun depan bisa dilaksanakan dengan materi yang lain.

Dalam Kesempatan itu juga diberikan pembekalan materi yang terkait dengan pemberkasan perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali  Tata Usaha Negara, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak dari para narasumber diantaranya Panitera Muda Perkara Tata Usaha Negara H. Ashadi, SH, Hakim Yustisial pada kepaniteraan Mahkamah Agung Asep Nursobah, S.Ag., MH serta Kepala Sub Direktorat Kearsipan Pusat I Drs. Tato Pujiarto dengan dimoderatori oleh Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar  H. Asmoro Budi Santoso, SH., MH dan Wakil Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar  Dra. I Nyoman Mirawati, SH. Para peserta yang terdiri dari Panitera/Sekretaris Peradilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak tampak antusias mengikuti materi yang dipaparkan oleh para narasumber. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

FOTO KEGIATAN


11 Juni 2014

Pelatihan Aplikasi Monitoring Perkara Ditjen Badilmiltun

latmonJakarta - Rabu, 11 Juni 2014 Ditjen Badan Peradilan Militer dan Pradilan Tata Usaha Negara mengadakan Pelatihan Aplikasi Monitoring Perkara bagi para Pejabat Eselon III dan IV beserta para staf-nya yang tupoksinya berkaitan dengan laporan perkara pengadilan, dengan mengundang narasumber Bapak Beny dan Bapak Jo dari Konsultan IT. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan aplikasi monitoring perkara sebagai instrumen yang handal untuk dalam melakukan monitoring dan evaluasi kinerja pengadilan. Diharapkan pula dalam pelatihan ini pihak konsultan mendapatkan masukan-masukan dari peserta untuk pengembangan aplikasi dikemudian hari. Kegiatan pelatihan berlangsung dengan pemaparan singkat dari narasumber, diskusi dua arah serta praktek menggunakan aplikasi.

Aplikasi monitoring perkara ini adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi Ditjen untuk melakukan monitoring terhadap perkara-perkara yang diinput ke aplikasi SIADPTUN oleh satker pengadilan lalu diupload ke server Ditjen, mengenai bagaimana kelengkapan datanya, ketepatan waktu dalam prosesnya, dll. Monitoring perkara melalui Aplikasi Monitoring Perkara ini nantinya akan dilakukan secara terus-menerus untuk laporan-laporan yang masuk sehingga didapatkan data perkara yang lengkap dan tepat waktu dalam prosesnya. (ns)   



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday60
mod_vvisit_counterYesterday1798
mod_vvisit_counterThis week12520
mod_vvisit_counterAll days6846432

We have: 51 guests, 3 bots online
Your IP: 54.92.190.11
 , 
Today: Sep 21, 2018

peraturan-button