1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

21 Februari 2017

Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (E-Exam) Pada Mahkamah Agung RI tahun 2017 

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor 154/Bua.2/Kp.04.1/2016 Tanggal 19 Desember 2016 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-Xam) pada Mahkamah Agung RI Tahun 2017. Yang ditujukan kepada YTH. Para Sekretaris Eselon I dilingkungan Mahkamah Agung RI, Kepala Biro dilingkungan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Para Ketua Pengadilan Tk Banding dan Pengadilan Tk Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan dibawahnya. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut, dimohon untuk mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/pelaksanaan_ujian_dinas.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


21 Februari 2017

Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi (PMPRB) 

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 63/SEK/OT.01.2/02/2017 tanggal 20 Februari 2017. Tentang Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Lingkungan Mahkamah Agung RI.  

Menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia RI Nomor : B/01/M.RB.06/2017 tanggal 19 Januari 2017 perihal Kewajiban Penyampaian Laporan Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan dan Surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 17/SEK/OT.01.2/01/2017 tanggal 11 Januari 2017 tentang Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi atau Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan sehubungan dengan tenggat waktu penyampaian hasil Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) pada akhir bulan April 2017. 

Maka dengan ini diminta Kepada Yth : Panitera Mahkamah Agung RI, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan TUN, Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Plt. Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut, dimohon untuk mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_surat_sekma_pmprb.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


20 Februari 2017

Pengumuman Permintaan Daftar Nama Untuk Pembentukan Organisasi Unit Layanan Pengadaan (ULP)

Berdasarkan surat Nomor : 61/SEK/PL/PL.09/02/2017 dari Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia mengenai Permintaan Daftar Nama Untuk Pembentukan Organisasi Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang ditujukan kepada Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI, Dirjen Badimiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, dan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/permintaan_daftar_nama_pembentukan_organisasi_ulp.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI


20 Februari 2017

Rapat Pleno dan Penutupan Kegiatan Revisi Pola Bindalmin Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Senin, 20 Februari 2017, digelar Rapat Pleno Revisi Pola Bindalmin yang diikuti oleh seluruh anggota tim perumus dan dihadiri oleh Ketua Kamar TUN, Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum.; Para Hakim Agung TUN, Dr. Irfan Fachruddin, S.H., C.N.; Yosran, S.H., H.Hum.; dan Is Sudaryono, S.H., M.H.; Sekretaris Ditjen Badilmiltun, Jeanny Hilderia V Hutauruk, S.E., A.k., M.M.; Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H., Para Pejabat Eselon III serta para Asisten Yustisial/Asisten Hakim Agung TUN.

Dalam rapat pleno tersebut, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil rumusannya dan mendapatkan tanggapan ataupun masukan-masukan dari para hakim agung, maupun dari peserta rapat yang hadir. Kelompok I yang beranggotakan Endang Murdiningsih, S.H., M.M., Kusman, S.I.P., S.H., M.Hum., Enrico Simanjuntak, S.H., M.H., Mulyadi, S.H., M.Si., Didik Hari Wasoto, S.H., M.H., yang merumuskan Bidang Teknis Administrasi Perkara, dipresentasikan oleh Dr. Santer Sitorus, S.H., M.Hum. Kelompok II yang berangggotakan Dr. Kadar Slamet, S.H., M.H., H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si., Teguh Satya Bhakti, S.H., M.H. dan Sudarsono, S.H., M.H, yang merumuskan Bidang Teknis Hukum Acara, dipresentasikan oleh Dr. H. Bambang Heriyanto, S.H., M.H.

Rapat pleno ini merupakan akhir kegiatan Revisi Pola Bindalmin atau Buku II Peratun yang telah dilaksanakan sejak tanggal 13 Februari 2017 hingga tanggal 16 Februari 2017. Rapat pleno berjalan lancar dan masih banyak masukan maupun pendapat-pendapat dari para peserta rapat. Hasil rapat pada hari ini adalah bahwa Pola Bindalmin yang telah disusun oleh tim perumus secara substansi telah mencakup seluruh hal-hal yang diperlukan, namun demikian diberikan waktu selama 2 minggu untuk para anggota tim perumus maupun para asisten hakim agung untuk memberikan masukan-masukan atau mengkoreksi kembali hasil rumusan tersebut dari sisi tata bahasanya.

Rapat pleno dikhiri pukul 12.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan penutupan. Kegiatan penyusunan Revisi Pola Bindalmin atau Buku II tersebut ditutup secara resmi oleh Ketua Kamar TUN. Dalam sambutannya Ketua Kamar bersyukur kegiatan ini dapat terlaksana dan mengucapkan terimakasih kepada tim perumus yang telah bekerja maksimal. (ns)


17 Februari 2017

Perpanjangan Waktu Penyerahan Dokumen

Jakarta - Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi Mahkamah Agung dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tanggal 13 Februari 2017 di ruang rapat Biro Keuangan MA, dan berdasarkan hasil penyerahan dokumen terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pendaftaran biaya perkara, hak redaksi, sisa panjar perkara dan PNBP lainnya yang berasal dari pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding belum dapat dipenuhi secara lengkap kepada TIM BPK hingga tanggal 14 Februari 2017. Berdasarkan hal tersebut, Sekretaris Mahkamah Agung mengajukan perjanjangan waktu penyerahan dokumen tersebut sampai dengan 24 Februari 2017. (@x_cisadane)

Permohonan ini merupakan upaya Mahkamah Agung RI untuk mendukung pemeriksaan secara komprehensif, guna mewujudkan Laporan keuangan Mahkamah Agung  tahun 2016 yang berkualitas dan handal bebas dari kekurangan penyajian yang material. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/perpanjangan_penyerhan_dokumen.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


16 Februari 2017

Permintaan Dokumen Jaminan Pemeliharaan

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Nomor S-10743/PB/2016 perihal Perlakuan Akuntansi atas Transksi Akhir Tahun Anggaran 2016, terdapat kewajiban pengungkapan secara memadai dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) atas data Jaminan Pemeliharaan (Bank Garansi) pada seluruh Satuan Kerja yang diterbitkan oleh bank umum/perusahaan penjaminan/perusahaan asuransi, nilai jaminan, dan masa berlakunya. 

Serta Menindaklanjuti surat tersebut diatas, dengan ini diminta kepada 131 Satker (rincian terlampir) untuk melengkapi dokumen sumber berupa Jaminan Pemeliharaan (Bank Garansi) dalam bentuk pdf yang diperlukan untuk pengungkapan dengan mengirimkan kepada Koordinator Wilayah (Korwil), dan Tingkat Eselon I untuk dihimpun dan diverifikasi secara berjenjang, serta mengirimkan ke email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat tanggal 23 Februari 2017

Yang ditujukan kepada YTH. Sekretaris Panitera, Sekretaris Dirjen Badilum,Sekretaris Dirjen Badilag, Sekretaris Badimiltun, Sekretaris Balitbangdiklat, Sekretaris Badan Pengawasan dilingkungan Mahkamah Agung RI,  Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding, Sekretaris Tingkat Pertama di Seluruh Indonesia. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_surat_permintaan_dokumen_jaminan_pemeliharaan.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


16 Februari 2017

Pemberitahuan Permintaan Dokumen BPK di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara

Menindak lanjuti surat Plt. Sekretaris MA-RI No. 48A/SEK/KU.00/02/2017 tanggal 2 Februari 2017 hal permintaan Dokumen dan Surat Ketua Tim Pemeriksa BPK RI No. 03/LK-MA/02/2017 tanggal 2 Februari 2017 hal permintaan Dokumen, dengan ini diminta kepada Ketua Pengadilan Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Peradilan Tata Usaha Negara Seluruh Indonesia untuk segera memenuhi permintaan dokumen. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan di unduh suratnya pada link berikut.(hr)






14 Februari 2017

Permintaan Daftar Nama Untuk Pembentukan Organisasi Unit Layanan Pengadaan

Jakarta - Berdasarkan surat Nomor : 57/SEK/PL.09/02/2017 dari. Sekretaris Mahkamah Agung RI. Tanggal 14 Februari 2017. Tentang Pemberitahuan Daftar Nama Untuk Pembentukan Organisasi Unit Layanan Pengadaan (ULP). Yang ditujukan kepada Yth Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/surat_sekma_no57sekp_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


14 Februari 2017

Permintaan Dokumen Sumber Transaksi Akrual T.A. 2016

Berdasarkan Transaksi Akrual yang terdiri dari Belanja yang masih harus dibayar (utang kepada pihak ketiga) dan Belanja dibayar dimuka (Prepaid) pada Neraca Satker Aplikasi e-Rekon-LK periode 31 desember 2016, belum didukung dengan dokumen sumber yang lengkap sehingga data yang disajikan tidak dapat dipastikan kebenarannya, dengan ini diminta kepada seluruh satker (rincian daftar satker terlampir) dan Mengirimkan kepada Koordinator wilayah (Korwil), Tingkat Eselon I dan Tingkat Lembaga untuk dihimpun dan diverifikasi secara langsung. Yang ditujukan kepada YTH. Sekretaris Panitera, Sekretaris Dirjen Badilum,Sekretaris Dirjen Badilag, Sekretaris Badimiltun, Sekretaris Balitbangdiklat, Sekretaris Badan Pengawasan dilingkungan Mahkamah Agung RI,  Sekretaris Pengadilan tk Banding, Sekretaris tk Pertama di Seluruh Indonesia. (@x_cisadane)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/sumber_traksaksi_akrual.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


14 Februari 2017

Pembahasan Revisi Pola Bindalmin/ Buku II Hari Ke-2

Jakarta - Selasa, 14 Februari 2016, setelah dilaksanakannya pembahasan penyusunan Pola Bindalmin/Buku II Peratun pada hari pertama, Tim Perumus kembali melanjutkan pembahasan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Besar lantai 10 Direktorat Dirjen Badilmiltun MA-RI. Kegiatan ini diawali dengan kata pengantar yang disampaikan oleh Direktur Binganismin TUN. Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Pada kesempatan ini Direktur Binganismin TUN menyampaikan beberapa perubahan mengenai teknis gugatan, permohonan, fiktif positif, perkara permohonan uji penyalahgunaan wewenang dan beberapa permasalahan lain yang terjadi di lingkungan peradilan TUN. Hadir pula dalam rapat tersebut Bapak Dr. Atja Sondjaja, S.H., M.H. sebagai narasumber untuk meberikan masukan dan sekaligus membantu mengkoreksi Pola Bindalmin/Buku II Peratun yang ada saat ini.

Tidak hanya tim perumus, pada hari kedua kegiatan ini juga hadir dalam rapat, tim development Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) untuk ikut andil memberikan pendapatnya serta pandangannya terhadap materi revisi, antara lain; Jefri Ardianto, S.T. (Staf Perlengkapan), Dwianto Budiman, S.Kom., M.M. (Staf Perlengkapan), Stefanus  Dwi putra Medisa, S.Kom.(Staf Dokumentasi dan Informasi). Siang harinya, Tim perumus dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah Tim Administrasi ; Dr. Santer Sitorus, S.H., M.H., Endang Murdiningsih, S.H., M.M., Kusman, S.I.P., S.H., M.Hum., Enrico Simanjuntak, S.H., M.H., Mulyadi, S.H., M.Si., Didik Hari Wasoto, S.H., M.H., dan kelompok kedua yaitu Tim  Peradilan ; Dr. Kadar Slamet, S.H., M.H., Dr. H. Bambang Heriyanto, S.H., M.H., H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si., Teguh Satya Bhakti, S.H., M.H. dan Sudarsono, S.H., M.H. Dengan pembagian kelompok ini diharapkan pembahasan penyusunan Pola Bindalmin/Buku II dapat terlaksana lebih detail dan maksimal lagi sehingga menghasilkan Buku Bindalmin/Buku II sesuai dengan harapan sebagai penunjang terciptanya peradilan yang tertib administrasi, tertib hukum dan tertib dilapangan. (hr)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • a ucapan selamat doktor.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png
  • banner selamatan pelantikan.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2084
mod_vvisit_counterYesterday3945
mod_vvisit_counterThis week22711
mod_vvisit_counterAll days4664483

We have: 89 guests, 3 bots online
Your IP: 23.20.147.6
 , 
Today: Mei 26, 2017

peraturan-button