1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

05 Mei 2017

Pemanggilan Peserta Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua di lingkungan peradilan TUN

Menindaklanjuti Surat Keputusan Ketua MA RI Nomor : 42/KMA/SK/IV/2015, tertanggal 10 April 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Uji Kepatutan dan Kelayakan/ Fit and Proper Test bagi Calon Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama, Calon Hakim Pengadilan Tingkat Banding dan Calon Pimpinan Pengadilan di Tingkat Banding 4 (empat) Lingkungan Peradilan di bawah Mahkamah Agung RI, maka Direktorat Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN akan menyelenggarakan seleksi Calon Wakil Ketua Pengadilan tingkat Pertama.

Adapun materi yang akan diuji sebagai berikut:

1. Kepribadian (Integritas, Visi, Misi dan Wawasan)
2. Kemampuan Teknis Peradilan
3. Manajerial dan Kepemimpinan 
4. Administrasi Perkara
5. Pedoman Pengawasan
6. Hukum Materil Peradilan TUN
7. Pedoman Perilaku Hakim
8. Administrasi Umum dan Manajemen 

Waktu dan Tempat pelaksanaanya akan diberitahukan menyusul. Untuk informasi selengkapnya silahkan unduh link dibawah ini :

*Suratnya



03 Mei 2017

Ketua MA Melakukan Pembinaan di Wilayah Aceh dengan Jajaran 4 Lingkungan Peradilan 













SABANG-HUMAS, Ketua Mahkamah Agung, Pof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., MH, bersama seluruh unsur Pimpinan MA, melakukan kegiatan pembinaan teknis dan administrasi yudisial bagi lebih dari 200-an peserta yang terdiri dari  Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Hakim Ad Hoc, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding se-Wilayah Provinsi Aceh, Selasa malam (03/05/2017), bertempat di Ruang Paripurna Gedung DPRK Sabang.  Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga Kamis (04/05/2017). Selain bidang teknis yudisial, para peserta juga mendapatkan materi pembinaan bidang administrasi dari Panitera MA dan para pejabat eselon I MA. 

Salah satu fokus pengarahan Ketua MA dalam kegiatan pembinaan tersebut  mengenai internalisasi Nilai-Nilai Utama dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengadilan. Menurut Ketua MA, ada 7 (tujuh) nilai utama badan peradilan yang telah ditetapkan dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035.  Nilai-nilai utama badan peradilan tersebut, kata Ketua MA, adalah :


  1. Kemandirian kekuasaan kehakiman, 
  2. Integritas dan kejujuran, 
  3. Akuntabilitas,  
  4. Responsibilitas, 
  5. Keterbukaan, 
  6. Ketidakberpihakan, 
  7. dan Perlakuan yang sama di depan hukum.


“Nilai-nilai utama badan peradilan tersebut harus menjadi jiwa dalam pencapaian visi mewujudkan badan peradilan Indonesia Yang Agung”, jelas Ketua MA.

Kemandirian kekuasaan kehakiman merupakan nilai utama yang menjadi esensi bagi eksistensi lembaga peradilan,  Nilai ini mendapat jaminan konstitusional dalam  Pasal 24 ayat (1) UUD 1945 jo.  Pasal 3 ayat (2) UU No 48  Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Terkait dengan  nilai kemandirian kekuasaan kehakiman,  Ketua MA  mengingatkan bahwa  hal tersebut harus dimaknai “Bebas Dari”, bukan “Bebas Untuk”. “Pengadilan harus bebas dari intervensi, namun tidak bebas untuk berbuat sesuka hatinya”, pungkas Ketua MA.

Di hari kedua pembinaan ini dilanjutkan pengarahan dari Para Eselon I dan II dilingkungan MA, dalam arahan ini Sekma Menekankan Laporan Pnbp serta Laporan tentang biaya perkara yang masih menjadi catatan BPK untuk ditindaklanjuti oleh satker yang belum melaksanakan dengan tepat dan sesuai ketentuan. Serta permasalahan keuangan dan kinerja. Supporting Unit Pengadilan adalah Sekretaris dan Panitera. Panitera Menekankan mengenai Pemberkasan Perkara yang berbasis elektronik dan tidak lagi terjadi kesalahan dalam pemberkasan serta pengiriman ke MA.

Diakhir pengarahan ini dilakukan penandatanganan Kontrak Perjanjian Kinerja dengan 32 Satker yang berada diwilayah Provinsi Aceh untuk mendukung Reformasi dan Birokrasi.

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)



KUNJUNGAN KERJA TIM  INOVASI PELAYANAN PUBLIK PTUN SERANG

Jakarta-28 April 2017, Tim Pengadilan Tata Usaha Negara Serang melaksanakan kunjungan kerja ke Ditjen Badilmiltun bertempat di ruang Rapat Besar lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI.  Tim PTUN Serang  yang terdiri dari  DR. Bambang Priyambodo, S.H., M.H.(Ketua PTUN Serang), M. Ferry Irawan S.H., M.H.( Hakim ), Syafaat, S.H., M.H. M.M.(Hakim), Dolok Parulian Silaen, S.H.(Panitera), Dhonni Adhita Saputra, S.H.(Panitera Muda), Elvina Rentalia Tampubolon, S.H., M.H.(Staf), Adreas Ases, S.H., M.M.( Kasubbag Perencanaan Teknologi Informasi, dan Pelaporan ), dan Hambali, S.H.(Juru Sita Pengganti) disambut dengan baik oleh Dr. Mayjen Tni Mulyono, S.H., S.Ip., M.H. (Dirjen Badilmiltun), Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., AK., M.M., CA. (Setdijten Badilmiltun), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H.( Dir. Binganismin Diltun), Kol. CHK. Agung Iswanto, S.H., M.H.(Dir Binganismin Dilmil), Endang Murdiningsih, S.H., M.M.( Plt. Dir. Pranata dan Tatalaksana Perkara TUN) serta para Pejabat dan Staf di lingkungan Ditjen Badilmiltun MA RI. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Direktur Binganismin Diltun dan dalam kesempatan ini juga, Kasubdit Binmin Diltun berkesempatan untuk memaparkan hasil rapat tim Mahkamah Agung RI dengan BPK mengenai Keuangan Perkara.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka mempresentasikan hasil Inovasi  Pelayanan Publik (Pelayanan Publik Terpadu Excellent Service) yang telah diterapkan di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Masyarakat menilai pelayanan publik peradilan di Indonesia sangat rumit, lambat dan mahal, oleh sebab itu pengadilan TUN Serang bekerja keras untuk menciptakan ketertiban sistem layanan peradilan dan kemudahan akses layanan administrasi peradilan bagi para pencari keadilan.  Dalam sesi tanya jawab Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H.( Dir. Binganismin Diltun) memberikan masukan agar Inovasi Pelayanan Publik ini dapat dipertahankan kualitas pelayanan mutunya, selain itu evaluasi serta kontrol yang berkelanjutan terhadap perilaku yang kurang mendukung seperti kontrol salinan putusan harus lebih maksimal lagi. Kol. CHK. Agung Iswanto, S.H., M.H.(Dir Binganismin Dilmil) juga memberikan masukan yakni, inovasi ini harus dipertahankan jangan sampai  dengan adanya pertukaran pimpinan mempengaruhi menurunnya pelayanan yang sudah diterapkan dengan baik di pengadilan TUN Serang.

Di akhir acara, Bapak Dr. Mayjen Tni Mulyono, S.H., S.Ip., M.H. (Dirjen Badilmiltun) menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi atas hasil kerja keras pengadilan TUN Serang dan diharapkan dengan terciptanya inovasi ini dapat menjadi pemacu dan percontohan bagi satker lain. Tidak hanya inovasi, namun juga untuk mewujudkan peran peradilan Tata Usaha Negara  yang agung ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu; pelayanan yang sederhana, cepat dan murah, kepercayaan masyarakat serta evaluasi dan kontrol yang maksimal. (hr)


27 April 2017

Pemberitahuan Tentang gmail Biro Perlengkapan BUA MA 


Jakarta-Humas : Kamis 27 April 2017. Berikut disampaikan Surat Pemberitahuan Dari Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkmah Agung RI tentang Alamat email gmail Biro Perlengkapan BUA MA yang dibagi menjadi 2 (dua) Wilayah yaitu Wilayah Indonesia Bagian Barat (Jawa dan Sumatera) dan Wilayah Indonesia Bagian Timur yang ditujukan Kepada Yth. Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding pada Empat Lingkungan Peradilan di Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/Surat_Karo_Perlengkapan.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


26 April 2017

Mempercepat Proses Pelelangan 

Jakarta-Humas : Menindaklanjuti Surat Deputi BPKP Nomor LBA-36/D2/02/2017 tanggal 22 Februari 2017, perihal Laporan Kegiatan Bimbingan Teknis Reviu Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa Triwulan IV Tahun Anggaran 2016 dan tender Pra DIPA Tahun Anggaran 2017 pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung. Salah satu hasilnya adalah keterlambatan proses pengadaan barang dan jasa.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Perlengkapan selaku Kepala Unit Layanan Pengadaan Badan Urusan Administrasi, Muhammad Ashar memohon kepada Kepala ULP di lingkungan Mahkamah Agung untuk :

Pertama : Membuat Laporan kepada Sekretaris Mahkamah Agung selaku pengguna Anggaran MA RI melalui ULP Badan Urusan Administrasi tentang Pelaksanaan Anggaran tahun 2017 terkait Belanja Modal untuk rehab/renovasi gedung kantor/rumah dinas per tanggal 30 April 2017 melalui email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya .

Kedua : Mendorong PPK di lingkungan satuan kerja masing-masing dan Pokja segera merealisasikan anggaran tahun 2017 mengingat saat ini sudah memasuki bulan April 2017.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/Mempercepat_proses_pelelangan.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@X_cisadane)


26 April 2017

Seleksi Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap IX Tahun 2017


Jakarta-Humas, Sehubungan akan dilaksanakan Seleksi Penerimaan Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak PIdana Korupsi (Tipikor) Tahap IX Tahun 2017 yang Pendaftarannya akan dilaksanakan di masing-masing Pengadilan Tinggi Seluruh Indonesia, maka berkaitan dengan hal tersebut diminta untuk mempersiapkan Penyelenggraan Kegiatan Yang Akan dilaksanakan di masing-masing Pengadilan Tinggi di seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


Ditulis oleh STM 25 April 2017

PEMBERITAHUAN BIMTEK PEMBERKASAN PERKARA TATA USAHA NEGARA

Dalam rangka melaksanakan kegiatan DIPA Ditjen Badilmiltun tahun Anggaran 2017, diharapkan kehadiran Panitera Muda Perkara Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara / Pengadilan Tata Usaha Negara dan bagian pemberkasan pada Pengadilan Pajak yang namanya terdapat dalam surat (terlampir) untuk mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak yang akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal    :    Senin, 15 Mei 2017 s.d  Rabu 17 Mei 2017
T e m p a t        :    HOTEL  HORISON ULTIMA PALEMBANG
                             Jalan Jend. Sudirman No. 57 Ilir Timur
                             Palembang Sumatera Selatan 30151

Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.

Nama-nama Peserta

Surat-surat ketentuan


21 April 2017

Hasil Rapat Telaah Promosi dan Mutasi Tenaga Kesekretariatan

Jakarta-Humas : Sesuai Memorandum dari Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Agus Zainal Muttaqien kepada Kepala Biro Hukum dan Humas Nomor 64/Bua.2/Mts.06.1/4/2017 tanggal 18 April 2017, Berikut disampaikan daftar lampiran hasil Rapat Promosi/Mutasi Tenaga Kesekretariatan atas nama Khairul R, S.E dkk/262 orang dan Pindah Tugas atas nama Achamd Sudrajat, SH., M.Si., dkk/11.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Lampiran melalui tautan berikut : 

  1. Lampiran Hasil TPM Tenaga Kesekretariatan : http://www.ditjenmiltun.net/tenaga_kesekretariatan.pdf
  2. Lampiran Hasil TPM Pejabat Non Teknis 12 April : http://www.ditjenmiltun.net/pejabat_non_teknis_12_april.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


21 April 2017

Hasil Telaah Usul Promosi Jabatan Struktural dan Mutasi Pegawai

di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya 

Jakarta-Humas: Sesuai Memorandum dari Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Agus Zainal Muttaqien kepada  Biro Hukum dan Humas Nomor : 163/BUA.2/Jbt.04.3/4/2017 tanggal 18 April 2017. Berikut disampaikan hasil Telaah Usul Promosi Jabatan Struktural dan Mutasi Pegawai Kesekretariatan  di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan di Bawahnya yang meliputi Peradilan Umum, Peradilan Agama, dan Peradilan Tata Usaha Negara

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Lampirannya melalui tautan berikut : 

  1. Lampiran Pejabat Struktural : http://www.ditjenmiltun.net/jabatan_struktural.pdf
  2. Lampiran Pegawai Non-Teknis : http://www.ditjenmiltun.net/pegawai_non_teknis.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


20 April 2017

Kepala BUA MA RI Melantik 21 Pejabat Eselon IV 


Jakarta – Humas : Selasa 18 April 2017. Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Dr. Drs. Aco Nur, MH  Melantik 21 Pejabat Struktural Eselon IV di Lingkungan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI bertempat digedung Tower lantai 2. Berikut nama-nama Pejabat Eselon IV yang dilantik :

  1. Patonah, SmHk (Sebagai Kepala Sub Bagian Mutasi Pegawai II.A pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi)
  2. Untung Hermawan, S.T (Sebagai Kepala Sub Bagian Anggaran pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)
  3. Suyitno, SH (Sebagai Kepala Sub Bagian Mutasi Pegawai I.B pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi)
  4. Teguh Magzan, SH., MH (Sebagai Kepala Sub Bagian Rencana dan Program I pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)
  5. Slamet Riyadi, SH., MH (Sebagai Kepala Sub Bagian Data dan Layanan Informasi pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi)
  6. Edi Yuniadi, S.sos., MM (Sebagai Kepala Sub Bagian Pemeliharaan dan Perawatan pada Biro Umum Badan Urusan Administrasi)
  7. Edi Kusdartanto, SE.,MM (Sebagai Kepala Sub Bagian Pemberhentian dan Pensiun Pegawai II pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi)
  8. Dyah Marliana, S.Kom.,MM (Sebagai Kepala Sub Bagian Pemberhentian dan Pensiun I.B pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi)
  9. Retno Widuri, S.Ikom (Sebagai Kepala Sub Bagian Organisasi pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)
  10. Fita Rusfandari, S.Kom (Sebagai Kepala Sub Bagian Akutansi I.B pada Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi)
  11. Sofyan Adi Irawan, S.Kom (Sebagai Kepala Sub Bagian Pemeliharaan Sistem Jaringan Informatika pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi)
  12. Yunawan Kurnia, S.Kom (Sebagai Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana dan Program Teknologi Informatika pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi)
  13. Rahmawati, SH (Sebagai Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Tuntutan Ganti Rugi I.B pada Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi)
  14. Juwan Jusliawan AL-Fauz, S.E (Sebagai Baru Kepala Sub Bagian Pelaksanaan Anggaran I.A pada Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi)
  15. Fairuz Lazwardi, S.Kom (Sebagai Kepala Sub Bagian Analisa Kebutuhan Pengadaan Barang I pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi) 
  16. Mochamad Tunggul Wusananto, S.Kom (Sebagai Kepala Sub Bagian Pemeliharaan Perangkat Keras Informatika pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi)
  17. Affan  Ahmad, S.Kom., S.H (Sebagai Kepala Sub Bagian Bimbingan Teknis pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi)
  18. Muhammad Rio Ismail, S.T., M.H., M.M (Sebagai Kepala Sub Bagian Sertifikasi dan Angka Kredit pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi)
  19. Naulina Bulan Intan Sianturi, S.H., M.H (Sebagai Kepala Sub Bagian Rencana dan Program II pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)
  20. Yus Natin, S.Sos., M.M (Sebagai Kepala Sub Bagian Pelaporan pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)
  21. Mila Karmila, S.E (Sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi)

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

(@x_cisadane)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner01.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday514
mod_vvisit_counterYesterday3076
mod_vvisit_counterThis week3590
mod_vvisit_counterAll days5124263

We have: 94 guests, 3 bots online
Your IP: 23.20.64.16
 , 
Today: Agus 20, 2017

peraturan-button