1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

05 Maret 2014

Rapat Persiapan Bintek Hakim TUN TA 2014

Jakarta - Selasa, 4 Maret 2014, Direktorat Pembinaan Administrasi dan Peradilan TUN melaksanakan rapat persiapan Bimbingan Teknis Hakim TUN Tahun Anggaran 2014. Bintek tersebut rencananya akan diselenggarakaan di Mataram pada 26-28 Maret 2014 dengan tema "Kompetensi Peradilan Tata Usah Negara Menyelesaikan Sengketa Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum". Rapat tersebut dihadiri oleh panitia Bintek dari Direktorat dan Sub Bagian Keuangan Ditjen Badilmiltun. 

Rapat dibuka oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN dan dalam pengarahannya Direktur menghimbau agar dalam pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan selain memperhatikan peningkatan kuantitas dan kualitas anggaran, perlu diperhatikan bagaimana melaksanakan penyerapan anggaran yang optimal. Pada tahun 2012, dari 7 Tingkat Eselon I, Ditjen Badilmiltun berada di peringkat ke 5 dengan penyerapan 92,37% dan dari 25 Tingkat Eselon II, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN berada di peringkat 6 dengan penyerapan 98,47%. Dengan jumlah persentase penyerapan tersebut diharapkan pada tahun 2014 ini dapat meningkat atau setidaknya bertahan. 

Rapat dilanjutkan dengan evaluasi persiapan Bintek yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan. Hal-hal mengenai administrasi surat-menyurat, pembagian tugas panitia, tata persidangan, materi bintek, akomodasi dan transportasi peserta dan panitia, rencana koordinasi dengan panitia daerah dan berbagai hal-hal lain yang perlu dipersiapkan dievaluasi dalam rapat tersebut. 

Ada yang tidak biasa pada rapat tersebut, yaitu sebelum rapat dimulai, Direktur yang kebetulan berulang tahun mendapatkan kejutan kue ulangtahun serta ucapan selamat dari seluruh pejabat dan staf di Direktorat, "Luar biasa ini!", demikian komentar Direktur menunjukkan keterkejutannya. Di kemudian hari semoga Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN dapat semakin bekerja sama dengan baik. (ns)


04 Maret 2014

Pemanggilan Peserta Bintek Hakim PTUN Tahun Anggaran 2014

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Hakim di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara untuk Tahun Anggaran 2014 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 28 Maret 2014 di Mataram, dengan tema " Kompetensi Peradilan Tata Usaha Negara menyelesaikan sengketa pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum "

Para Peserta Bintek diwajibkan untuk membuat makalah dengan tema tersebut diatas, keterangan lebih lanjut dapat diunduh pada link dibawah.

Surat pemanggilan, jadwal, tata tertib dan nama-nama peserta dapat dilihat pada link di bawah ini.

download


28 Februari 2014

Rapat Penyusunan Juklak Posbakum dan Prodeo Pengadilan TUN

Jakarta - Jumat, 28 Februari 2014, di ruang rapat Badilmiltun diadakan rapat membahas penyusunan Juklak Posbakum Pengadilan dan Prodeo TUN, hadir dalam rapat tersebut Ketua Pengadilan TUN Jakarta, Bandung dan Serang bersama Pansek dari masing-masing pengadilan tersebut. Hadir juga Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Kabag Keuangan Ditjen Badilmiltun, Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN dan beberapa pejabat Eselon IV. Rapat tersebut digelar dalam rangka pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2014. Melalui PERMA tersebut Mahkamah Agung berkomitmen untuk memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat tidak mampu, seperti dinyatakan kembali oleh Ketua Mahkamah Agung pada Pameran Laporan Tahunan 2013, 26 Februari 2014 yang lalu bahwa keadilan adalah milik semua lapisan masyarakat tanpa kecuali. 

"Bagaimana kelak kita dapat mewujudkan peradilan yang baik, melaksanakan serapan dana dengan baik, dan melayani sebaik-baiknya" demikian pesan dari Dirjen Badilmiltun dalam membuka rapat. Rapat ini merupakan pembuka bagi pembahasan pelaksanaan Posbakum Pengadilan dan Prodeo yang selanjutnya masih akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. (ns)

28 Februari 2014

Inovasi MA di Tahun 2013

JAKARTA - HUMAS. Sebagai lembaga tinggi negara di Bidang Hukum, MA memiliki kewajiban untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada publik.Kinerja MA dipaparkan oleh Ketua MA dalam sidang pleno laporan tahunan MA pada Rabu.26 Februari 2014 di Ruang Sidang Pleno Gedung Sekretariat MA, Jalan A Yani, Jakarta Pusat. Sidang yang dimulai pukul 10.00 WIB ini diikuti oleh para Hakim Agung, Pejabat Eselon I MA, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada empat lingkungan peradilan se-wilayah DKI Jakarta. Mengundang para Ketua Lembaga Tinggi Negara, Ketua LSM Bidang Hukum, Kepala Lembaga Donor, Praktisi dan kalangan Media, dan pemerhati hukum.

Sepanjang tahun 2013, MA berhasil memutus perkara sebanyak 16.034. Jumlah ini meningkat 45,83% dari jumlah perkara putus tahun 2012 yang berjumlah 10.995 perkara. Produktivitas memutus di tahun 2013 merupakan yang tertinggi dalam satu dekade terakhir, bahkan dalam sejarah MA. Jumlah perkara putus tertinggi sebelumnya yang diraih tahun 2010. Ketika itu, MA berhasil memutus perkara sebanyak 13.891 perkara.

MA dalam melaksanan tugas dan wewenangnya juga melakukan pengawasan. Hingga Desember 2013, MA menjatuhkan hukuman disiplin kepada 7 hakim melalui sidang kehormatan hakim dari total 8032 hakim yang berada dalam pengawasan MA.

Ke depannya, MA akan terus melakukan ‘gebrakan’ untuk mempercepat proses berperkara di MA demi meningkatkan pelayanan prima kepada publik. Bahkan kepaniteraan membuat resolusi tahun 2014 sebagai “Tahun Minutasi”. Bahkan di awal tahun 2014, MA telah mengeluarkan produk hukum berupa Peraturan MA (PERMA) No 1 Tahun 2014 mengenai tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan secara Prodeo (Cuma-Cuma). Kebijakan mengenai bantuan hukum telah dilakukan oleh Mahkamah Agung sejak tahun 2010 melalui Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum di Pengadilan.

Sejak ditandatangani pada 9 Januari 2014, maka pedoman dalam pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu menggunakan PERMA No 1 Tahun 2014. Perubahan kebijakan juga dimaksudkan untuk mengakomodasi kebutuhan pelaksanaan layanan bantuan hukum yang luput dari kegiatan bantuan hukum sebagaimana diatur dalam Undang Undang No.16 Tahun 2011.

Berikut rangkuman capaian MA di tahun 2013,

Read Article »



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

Ucapan dan Berita Keluarga

  • ucapan hut- ma-ri 69 2014.jpg
  • ucapan hut-ri 69 2014.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday10
mod_vvisit_counterYesterday623
mod_vvisit_counterThis week3266
mod_vvisit_counterAll days1300343

We have: 2 guests online
Your IP: 54.80.187.95
 , 
Today: Agus 22, 2014

peraturan-button