1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

17 Maret 2014

Pelatihan TOT SIAD Bagi Pegawai Badilmiltun

Jakarta-Jumat, 14 Maret 2014, Ditjen Badilmiltun mengadakan pelatihan training of trainers SIAD DILMIL dan SIADPTUN bagi pegawainya. Pelatihan ini ditujukan agar peserta yang dilatih dapat memberikan tutorial maupun problem solving terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh satker pengadilan. Memang telah dirasakan menjadi kendala bagi pegawai di Ditjen Badilmiltun selama ini untuk memberikan solusi atas pertanyaan-pertanyaan dari satker mengenai permasalahan-permasalah yang muncul dalam penggunaan SIAD DILMIL maupun SIADPTUN dikarenakan aplikasi ini memang tidak ditujukan untuk berjalan di lingkungan Ditjen Badilmiltun juga sebagian besar pegawai tersebut tidak berpengalaman dalam administrasi perkara di pengadilan (bukan orang lapangan). Sehingga diharapkan pelatihan ini dapat mengurangi gap antara Ditjen Badilmiltun dan satker pengadilan. Pelatihan tersebut diberikan oleh konsultan IT yang bekerjasama dengan Ditjen Badilmiltun untuk membangun dan mengembangkan aplikasi SIAD DILMIL dan SIADPTUN. Rencananya pelatihan ini akan diberikan secara berkelanjutan satu minggu sekali oleh konsultan IT tersebut. Sebuah perubahan memang menuntut kerja keras, namun tanpa sebuah perubahan tidak ada akan ada kemajuan. Aplikasi SIAD DILMIL dan SIADPTUN sendiri juga masih terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan berdasarkan masukan-masukan dari Ditjen maupun satker pengadilan. (ns)


11 Maret 2014

Presentasi Asistensi Teknis Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 dari PUSKAPA UI/AIPJ

Jakarta - Pada Selasa, 11 Maret 2014, Dirjen Badilmiltun menghadiri undangan Presentasi dari Tim Pusat Kajian Perlindungan Anak FISIP UI (PUSKAPA FISIP UI) yang didukung oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 dan bentuk asistensi teknis yang ingin mereka tawarkan.

Dengan mengundang tiga badan peradilan, rapat tersebut digelar di Ruang sidang Dirjen Peradilan Agama dan dibuka oleh Dirjen Badilmiltun. Hadir dalam rapat tersebut Dirjen Badan Peradilan Agama, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Sesditjen Badilmiltun, Kabag Perencanaan dan Keuangan Badilum, Kabag Perencanaan dan Keuangan Badilmiltun, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Badilag, Kasubag Perencanaan dan Keuangan Badilag, Kasubag Dokumentasi dan Informasi Badilmiltun (mewakilai Kabag Organisasi dan Tata Kelola) serta tim Pembaharuan Mahkamah Agung RI. 

Meskipun sebelumnya Ditjen Badilmiltun sendiri telah selesai dalam menyusun Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 untuk pelaksanaan Posbakum dan Prodeo di Pengadilan Tata Usaha Negara, dalam rapat tersebut bersama Badan Peradilan Umum dan Badan Peradilan Agama berencana untuk membuat SOP untuk pelaksanaan Perma No. 1 Tahun 2014 tersebut. (ns)


07 Maret 2014

Pemberitahuan Keputusan Dirjen Badilmiltun Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perma No. 1 Tahun 2014

Jakarta - Diberitahukan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia bahwa Ditjen Badilmiltun telah mengeluarkan Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2014 dalam Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor : 28/DjMT/Kep/III/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. 

Kep Dirjen Badilmiltun No: 28/DjMT/Kep/III/2014

Lampiran Juklak

06 Maret 2014

Hasil Survei Kepuasan Pelayanan Informasi Pengadilan : PTUN Paling Tinggi

Jakarta - Pada survei kepuasan pelayanan informasi di pengadilan yang dilakukan oleh PSHK (Pusat Studi Hukum dan Kebijakan), PTUN memperoleh nilai tertinggi dengan persentase 80%, selisihnya sekitar 17% dengan PA dan 43% dengan PN. Pencapaian yang sudah baik ini diharapkan dapat memacu peradilan tata usaha negara untuk semakin meningkatkan pelayanan keadilan terhadap masyarakat luas, yang dalam hal ini adalah pelayanan informasi pengadilan demi mewujudkan peradilan yang agung, yang mana salah satu elemen pentingnya adalah memantapkan layanan informasi yang profesional, cepat dan berbiaya murah.

Survei kepuasan merupakan metode standar untuk mengukur kualitas pelayanan publik yang banyak diterapkan pada instansi pemerintahan di banyak negara, yang salah satunya juga menyangkut pelayanan informasi di pengadilan. Survei kepuasan pelayanan informasi di pengadilan ini dilakukan berlandaskan pada Surat Keputusan Ketua MA Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Publik dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mewajibkan lembaga negara untuk menyusun standar pelayanan publiknya.

Hasilnya, rata-rata responden yang dijumpai menyatakan kepuasan terhadap layanan informasi di pengadilan sebesar 50%. Tingkat kepuasan layanan informasi di PA lebih besar daripada PN. PA meperoleh tingkat kepuasan sebesar 63%, sedangkan PN hanya memperoleh 37%. Sedangkan PTUN memperoleh tingkat kepuasan masyarakat yang tertinggi, yaitu sebesar 80%. (ns)

Sumber berita : Majalah Mahkamah Agung No. 3 Edisi September 2013.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

Ucapan dan Berita Keluarga

  • ucapan hut- ma-ri 69 2014.jpg
  • ucapan hut-ri 69 2014.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday40
mod_vvisit_counterYesterday791
mod_vvisit_counterThis week4773
mod_vvisit_counterAll days1324417

We have: 3 guests online
Your IP: 54.87.130.240
 , 
Today: Sep 19, 2014

peraturan-button