1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh NS 22 September 2011

Penutupan Rakernas MA RI 2011

penutupan rakernasJakarta - Kamis (22/9), bertempat di Hotel Mercure Ancol, pukul 10.00 WIB, digelar acara penutupan Rakernas MA RI yang dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2011.  Acara dimulai dengan pembacaan pidato laporan pelaksanaan kegiatan Rakernas MARI 2011 oleh  ketua panitia yang menyebutkan bahwa Rakernas kali ini berbeda dengan rakernas tahun-tahun sebelumnya, dimana rakernas tahun ini menggunakan pendekatan IT yang lebih maksimal. Ia juga menyatakan bahwa pada awalnya ada kekhawatiran akan berhasilnya penyelenggaraan rakernas ini, karena sosialisasi rakernas dilakukan menggunakan portal Rakernas, bagaimana jika ada pengadilan yang tidak tahu informasi, tidak mengakses internet dan membuka portal. Namun kekhawatiran tersebut tampaknya tidak terjadi, Rakernas sukses diselenggarakan dengan dihadiri 1735 peserta dari seluruh peradilan di Indonesia.

Read Article »


Ditulis oleh NS 21 September 2011

Presentasi Direktur Jenderal BADILMILTUN pada Rakernas MA RI 2011

dirjen badilmiltunJakarta - Rabu, 21 September 2011, bertempat di ruang Krakatau Hotel Mercure, Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum, memberikan presentasi pada Rakernas MA RI 2011 dengan tema Pengembangan "Karier Hakim Pengadilan Militer & TUN Sebagai Prioritas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi". Dengan memaparkan jumlah tenaga teknis dilingkungan peradilan TUN dan Militer, Dirjen Badilmiltun mengungkapkan permasalahan SDM, peningkatan profesionalisme dan pemenuhan tenaga teknis, terutama hakim baik di peradilan tun maupun militer.

Read Article »


Ditulis oleh DRM 20 September 2011

Pidato Tuada ULDIMIL Pada Rakernas MA-RI 2011

militer2Jakarta - Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Militer, H.M. Imron Anwari, S.H., Spn., M.H., pada Rakernas MA-RI hari ketiga, Selasa, 20 September 2011 menyampaikan pidato yang berjudul Optimalisasi Peran Pengadilan Tingkat Banding Dalam Rangka Transparansi Pengadilan Di Lingkungan Peradilan Militer. Diungkapkan bahwa ada lima hal yang menjadi temuan permasalahan di lingkup Pengadilan militer, diantaranya adalah Manajemen Pengadilan, Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan serta Administrasi Umum. Lebih lanjut beliau menambahkan pula adanya kendala di bidang Pengembangan Teknologi Informasi yang berimbas pada Transparansi Putusan untuk kebutuhan publik. Dalam hal ini perlu ditingkatkan peran Kadilmilti untuk melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap jajaran Pengadilan di bawahnya secara berkala dan berkesinambungan sehingga peran Pengadilan tingkat Banding akan berjalan secara optimal.

Makalah lengkap Tuada Uldilmil dapat di lihat pada link di bawah ini.

Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Tuada ULDILTUN pada  Rapat Komisi di Rakernas MA RI 2011

tuadatunJakarta - Rakernas hari ketiga, Selasa, 20 September 2011, Tuada ULDILTUN, Dr. Paulus Efendi Lotulung, SH, menyampaikan ceramahnya mengenai keaktifan hakim dalam proses peradilan. Tuada mengungkapkan bahwa ketika hakim menghadapi kasus-kasus konkrit yang harus diadilinya, dimana hukum yang bersifat statis atau yang menimbulkan ketidak-jelasan dalam mayarakat yang senantiasa berkembang, dan lain sebagainya, maka diperlukan kemampuan berfikir pada hakim untuk mencari hukum dan menemukan hukum solusi dalam kasus yang dihadapinya yang harus dipecahkan dan diputuskan secara tepat dan adil. Itulah yang dinamakan Judicial activism, sebagaimana apa yang selalu diharapkan dari hakim dan peradilan untuk menjawab dan mengisi kekosongan hukum dalam mengikuti pengembangan dan dialektika hukum dalam masyarakat sehingga putusan-putusan peradilan dapat mencerminkan rasa keadilan.

Makalah lengkap serta materi presentasi Tuada ULDILTUN dan materi dapat di lihat pada link di bawah ini.

download makalah

download materi Presentasi



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

Ucapan dan Berita Keluarga

  • ucapan selamat hut ikahi.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1374
mod_vvisit_counterYesterday1728
mod_vvisit_counterThis week9695
mod_vvisit_counterAll days983094

We have: 7 guests online
Your IP: 54.205.236.46
 , 
Today: Apr 16, 2014

peraturan-button