1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh DRM 20 September 2011

Pidato Tuada ULDIMIL Pada Rakernas MA-RI 2011

militer2Jakarta - Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Militer, H.M. Imron Anwari, S.H., Spn., M.H., pada Rakernas MA-RI hari ketiga, Selasa, 20 September 2011 menyampaikan pidato yang berjudul Optimalisasi Peran Pengadilan Tingkat Banding Dalam Rangka Transparansi Pengadilan Di Lingkungan Peradilan Militer. Diungkapkan bahwa ada lima hal yang menjadi temuan permasalahan di lingkup Pengadilan militer, diantaranya adalah Manajemen Pengadilan, Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan serta Administrasi Umum. Lebih lanjut beliau menambahkan pula adanya kendala di bidang Pengembangan Teknologi Informasi yang berimbas pada Transparansi Putusan untuk kebutuhan publik. Dalam hal ini perlu ditingkatkan peran Kadilmilti untuk melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap jajaran Pengadilan di bawahnya secara berkala dan berkesinambungan sehingga peran Pengadilan tingkat Banding akan berjalan secara optimal.

Makalah lengkap Tuada Uldilmil dapat di lihat pada link di bawah ini.


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Tuada ULDILTUN pada  Rapat Komisi di Rakernas MA RI 2011

tuadatunJakarta - Rakernas hari ketiga, Selasa, 20 September 2011, Tuada ULDILTUN, Dr. Paulus Efendi Lotulung, SH, menyampaikan ceramahnya mengenai keaktifan hakim dalam proses peradilan. Tuada mengungkapkan bahwa ketika hakim menghadapi kasus-kasus konkrit yang harus diadilinya, dimana hukum yang bersifat statis atau yang menimbulkan ketidak-jelasan dalam mayarakat yang senantiasa berkembang, dan lain sebagainya, maka diperlukan kemampuan berfikir pada hakim untuk mencari hukum dan menemukan hukum solusi dalam kasus yang dihadapinya yang harus dipecahkan dan diputuskan secara tepat dan adil. Itulah yang dinamakan Judicial activism, sebagaimana apa yang selalu diharapkan dari hakim dan peradilan untuk menjawab dan mengisi kekosongan hukum dalam mengikuti pengembangan dan dialektika hukum dalam masyarakat sehingga putusan-putusan peradilan dapat mencerminkan rasa keadilan.

Makalah lengkap serta materi presentasi Tuada ULDILTUN dan materi dapat di lihat pada link di bawah ini.

download makalah

download materi Presentasi


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Tuada Pengawasan pada Rakernas MA RI 2011

tuadawasJakarta - Sistem Pengawasan Mahkamah Agung, demikian tema ceramah yang diberikan oleh Tuada Pengawasan Mahkamah Agung, Dr. HM. Hatta Ali, SH, MH. Dalam paparannya Tuada Pengawasan kembali mengingatkan bahwa ruang lingkup pengawasan adalah penyelenggaraan pelaksanaan dan pengelolaan organisasi, administrasi, dan finansial peradilan, yaitu termasuk didalamnya lembaga maupun aparat di seluruh lingkungan Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding, Pengadilan Tingkat Pertama untuk Menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Presentasi Tuada Pengawasan selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini.

download


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pemberian Materi oleh Wakil Ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) pada Rakernas MA RI 2011

bpkJakarta - Pada Rakernas MA RI 2011, turut diundang Wakil Ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan), Hasan Bisri, SE untuk memberikan ceramah kepada seluruh peserta Rakernas. Dalam ceramahnya, ia menjelaskan beberapa hal-hal yang sering menjadikan persoalan dalam laporan pertanggungjawaban yang berkitan dengan pemeriksaan BPK, beberapa diantaranya masalah pertanggung jawaban anggaran belanja yang tidak ada bukti formalitasnya, terdapatnya anggaran belanja bantuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan tidak ada laporan pemberian bantuan, adanya perjalanan dinas fiktif atau dilaksanakan dengan biaya lebih murah, penyelenggaraan kegiatan fiktif dengan laporan kegiatan fiktif.

Read Article »


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Wakil Ketua Bidang Non Yudisial MA RI pada Rakernas MA RI 2011

Jakarta - Rakernas 2011 yang mengusung tema "Meningkatkan Peran Pengadilan Tingkat Banding sebagai Kawal Depan Mahkamah Agung", Wakil Ketua Bidang Non Yudisial MA RI, Dr. H. Ahmad Kamil, SH, M. Hum menyatakan bahwa ide peningkatan peran pengadilan tingkat banding tersebut sebagai kawal depan Mahkamah Agung untuk membantu menjalankan tugas-tugas pembinaan dan pengawasan menuntut adanya pelatihan-pelatihan teknis untuk membangun penguatan teknis auditor keuangan, pembinaan penguatan kemampuan Administrasi Umum, pembinaan penguatan bindalmin, pembinaan penguatan manajemen SDM, pembinaan penguatan kemampuan teknis yudisial, dan lain-lain. Dalam pidatonya, dijabarkan tiga poin utama pengawasan dan pembinaan yang dilakukan Mahkamah Agung, yaitu pada Bidang Pengawasan Laporan Pengaduan, Pengawasan dan Pembinaan Bidang Finansial, dan Pengawasan dan Pembinaan SDM.

Pidato pemaparan selengkapnya dapat di lihat dapa link di bawah ini.

download


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Wakil Ketua Bidang Yudisial MA RI pada Rakernas MA RI 2011

Jakarta - Pada Rakernas MA RI  hari kedua, 19 September 2011, setelah acara pembukaan selesai di gelar, dibacakan pemaparan oleh Wakil Ketua Bidang Yudisial, H. Abdul Kadir Mappong, SH, MH, Tentang Peninjauan Kembali. Beliau menyatakan bahwa frekuensi upaya hukum peninjauan kembali ke Mahkamah Agung semakin meningkat, bahkan tingkat keberhasilan upaya hukum luar biasa tersebut juga semakin meningkat, bukan saja yang berasal dari putusan Pengadilan tingkat pertama dan Pengadilan tingkat banding tetapi juga yang berasal dari putusan kasasi Mahkamah Agung. Hal ini menyebabkan perlunya perkara-perkara peninjauan kembali tersebut mendapatkan  perhatian, terutama mengenai perkara-perkara yang bagaimana yang dapat diupayakan peninjauan kembali dan bagaimana pertimbangan hukum yang digunakan dalam memeriksa perkara peninjauan kembali tersebut.

Pemaparan Wakil Ketua Bidang Yudisial MA RI selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini.

download


Ditulis oleh NS 19 September 2011

Pidato Ketua MA RI pada Pembukaan Rakernas MA RI 2011

pembukaan rakernasJakarta - Bertempat di ruang Krakatau Hotel Mercure, Ancol, pada pukul 09.00 digelar acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional Mahkamah Agung RI 2011. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua MA dan para unsur Pimpinan Mahkamah Agung beserta seluruh peserta rakernas dari empat lingkungan peradilan seluruh Indonesia.

Read Article »


Ditulis oleh NS 15 September 2011

Daftar Nama Penempatan Hakim Baru 2011

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara mengumumkan penempatan 17 orang hakim baru yang sebelumnya menjabat sebagai calon hakim. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Binganismin TUN, Oyo Sunaryo, SH, MH pada tanggal 14 September 2011.

Daftar nama hakim dan penempatannya dapat di lihat pada link di bawah ini.

download


Ditulis oleh NS 14 September 2011

Pembentukan Pengadilan TUN Tanjung Pinang dan Pengadilan TUN Serang

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2011, telah resmi dibentuk Pengadilan TUN Tanjung Pinang yang daerah hukumnya meliputi wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan Pengadilan TUN Serang yang meliputi wilayah Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Banten.


Download Kepres Nomor 18 Tahun 2011


Ditulis oleh NS 07 September 2011

Bahan Rakernas MA RI Tahun 2011 dari Ditjen Badilmiltun

Sehubungan dengan akan digelarnya Rakernas Mahkamah Agung RI pada tanggal 18 s.d 23 September 2011, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengirimkan Bahan Rakernas kepada Ketua Steering Committee Rakernas.

Lampirannya dapat dilihat pada link dibawah ini.


download bahan rakernas



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday98
mod_vvisit_counterYesterday2081
mod_vvisit_counterThis week5618
mod_vvisit_counterAll days6929135

We have: 21 guests, 1 bots online
Your IP: 54.161.116.225
 , 
Today: Okt 23, 2018

peraturan-button