1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

13 Desember 2013

Dilmil I-05 Pontianak dan PTTUN Makassar Studi Banding Pelatihan IT Ke Ditjen Badilmiltun

ptmakassardilmilpontianakJakata - Senin dan Rabu, 9 dan 11 Desember 2013, Dilmil I-05 Pontianak mengadakan studi banding ke Ditjen Badilmiltun dalam rangka memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai program percepatan IT di lingkungan peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, terutama mengenai implementasi aplikasi SIMPEG dan SIADMIL. Diwakili oleh 3 orang personelnya, Serka Riska Dori, SH (Bintara Administrasi Perkara dan Persidangan), Harsani, SSos (Staf Urku), Detria Afrina, Skom (Honorer IT), Dilmil  I-05 Pontianak mendapatkan penjelasan yang rinci mulai dari konsep, tujuan hingga praktek langsung menggunakan aplikasi tersebut oleh tim IT Ditjen Badilmiltun. 

Kemudian pada hari Rabu, 11 Desember, Panitera Sekretaris PTTUN Makassar, Drs. Sampirin HS, SH, MH bersama dua orang staf-nya Diana Rahmawati, SKom dan Aditya Hari S, Skom turut bergabung bersama Dilmil I-05 Pontianak untuk memperoleh penjelasan dan pelatihan yang sama. (ns)


06 Desember 2013

Kunjungan Studi PTTUN Medan dan PTTUN Jakarta ke Ditjen Badilmiltun

pttun jakart dan pttun medanJakarta - Kamis, 5 Desember 2013, Ditjen Badilmiltun kembali kedatangan rekan-rekan dari satker, kali ini dari PTTUN Medan dan PTTUN Jakarta, untuk tujuan studi banding dalam program percepatan IT di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Dari PTTUN Medan ada Joe Frizer Sipayung, SE, Molana Sembiring, Amd, staf Kepaniteraan Muda Hukum dan Kepaniteraan Muda Perkara PTTUN Medan serta Erwin Sarjono Silalahi, SE, staf Kepegawaian PTTUN Medan, sedangkan dari PTTUN Jakarta ada Catur Wahyu Widodo, SH, MH, Panitera Pengganti, dan Nituyu Mendrofa, SH, staf Kepaniteraan Muda Perkara di PTTUN Jakarta. Setelah menemui Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN untuk menerima beberapa arahan, mereka diterima oleh Tim IT Ditjen Badilmiltun untuk memperoleh keterangan-keterangan yang diperlukan, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi SIMPEG dan SIADPTUN yang memang sedang menjadi agenda utama percepatan IT di lingkungan peradilan tata usaha negara tahun 2014. Dengan melaporkan kendala dan hambatan yang mereka alami di satker, dengan datang ke Ditjen Badilmiltun secara langsung mereka berharap mendapatkan solusi dengan cepat. (ns)


05 Desember 2013

Pelatihan IT Rutin di Dirbinganismin TUN

Jakarta - Rabu, 4 Desember 2013 Direktorat Bin Ganismin TUN mengadakan pelatihan teknologi informasi kepada para pejabat eselon dan staf-nya. Pelatihan ini dilaksanakan secara rutin dan telah dilakukan sebanyak tujuh kali, dengan pemateri Junida Hasta Kusuma, SH, MH, yang juga merupakan staf di Direktorat Bin Ganismin TUN. Selain diberikan pemahaman konsep dan teori, terutama bagaimana teknologi informasi akan membantu mempermudah pelaksanaan tugas sehari-hari, para peserta juga dibimbing untuk praktek langsung didepan para peserta lainnya. 

Setelah tujuh kali pelaksanaan pelatihan ini terlihat progress yang cukup memuaskan, para peserta tampak lebih memahami dan antusias untuk belajar, Untuk kedepannya, pelatihan ini akan tetap diadakan secara rutin sekali atau dua kali dalam seminggu, seperti kata sebuah ungkapan, practice make perfect(ns)


04 Desember 2013

PTUN Pekanbaru Melakukan Studi Banding IT ke Ditjen Badilmiltun

Jakarta - Selasa, 3 Desember 2013, Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru melakukan studi banding ke Ditjen Badilmiltun. Studi Banding tersebut dilakukan dengan tujuan memperoleh informasi yang lengkap mengenai rencana percepatan IT di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, khususnya penerapannya di PTUN Pekanbaru. Panitera/Sekretaris PTUN Pekanbaru, Drs. Pauzan, SH, datang bersama seorang staf IT-nya, Agus Chandra diterima oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN, Yodi Martono Wahyunadi , SH, MH untuk kemudian melakukan kegiatan studi banding di ruang IT Ditjen Badilmiltun bersama Tim IT Ditjen Badilmiltun. Hadir pula perwakilan dari konsultan IT Ditjen Badilmiltun untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai rencana pengembangan aplikasi SIMPEG dan SIADPTUN di PTUN Pekanbaru. Sekembalinya dari Ditjen Badilmiltun, diharapkan PTUN Pekanbaru dapat segera melaksanakan rencana percepatan IT di satkernya. (ns)


02 Desember 2013

Penyusunan Laporan Tahunan 2013

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 482-1/SEK/KU.01/11/2013 tanggal 28 Nopember 2013 perihal Penyusunan Laporan Tahunan 2013 dalam rangka tindak lanjut Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 143/KMA/SK/VIII/2007 tentang pemberlakuan Buku I pada bagian ketiga (Prosedur Penyampaian Laporan Pelaksanaan Kegiatan). Adapun surat tersebut ditujukan kepada Yth. Panitera Mahkamah Agung RI, Para Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI, Ketua Pengadilan Militer Utama, Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi, Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sampaikan surat beserta lampirannya perihal tersebut diatas.(MTW)


Ditulis oleh administrator 29 November 2013

Kunjungan Kerja Dirjen Badilmiltun MARI ke Dilmil I-01 Banda Aceh  

dilmil acehDirjen Badilmiltun MARI pada tanggal 25 sampai dengan 26 November 2013 melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh.

Tujuan kunjungan kerja Dirjen Badilmiltun MARI ke Dilmil I-01 Banda Aceh yang utama adalah melakukan pengkajian tentang kelayakan peningkatan status Dilmil I-01 Banda Aceh dari Type B menjadi Type A dengan standar pengkajiannya adalah jumlah perkara yang masuk ke Dilmil I-01 Banda Aceh yang rata-rata 180 sampai dengan 190 perkara pertahun dan telah berdirinya Kodam Iskandar Muda.

Selain itu Dirjen Badilmiltun MARI melaksanakan kegiatan pembinaan kepada anggota Dilmil I-01 Banda Aceh dengan materi pemahaman, keseriusan, kesadaran dalam melaksanakan tugas pokok masing-masing anggota serta kewajiban untuk mengembangkan dan membangun website Dilmil I-01 Banda Aceh yang dilengkapi dengan program SIADMIL.

Pada acara kunjungan tersebut Dirjen Badilmiltun berkesempatan meresmikan dan menandatangani prasasti “Mushalla Al-Ashar” yang berada di dalam lingkungan kantor Dilmil I-01 Banda Aceh.


26 November 2013

Pembahasan Revisi SEMA No. 10 Tahun 2010 Tentang Pedoman Bantuan Hukum

Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung RI, H. Suwardi, S.H., M.H. membuka secara resmi Rapat pembahasan revisi SEMA No. 10 tahun 2010 tentang Pedoman Bantuan Hukum, bertempat di Hotel Sari Pan Pacific-Jakarta (Senin, 25/11/13). Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. H. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. dan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Drs. H. Bahrin Lubis, S.H., M.H. memaparkan draf revisi SEMA No. 10 tahun 2010.

Alasan revisi, sehubungan dengan diberlakukannya UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, maka terdapat beberapa hal yang mendesak untuk diatur, baik sebagai peralihan, maupun diatur dan diperjelas sebagai hal-hal yang merupakan fungsi dan kewenangan Pengadilan untuk berlakunya sesuai dengan prinsip “Satu Atap”. Pengadilan memiliki otonomi di bidang keuangan dan administrasi dan bertanggung jawab atas pengelolaan yang dilakukannya.

Tentunya, diharapkan agar tidak terjadi tumpang tindih dan memperjelas kewenangan masing-masing lembaga atas penyelenggaraan bantuan hukum. Dalam hal ini, menyangkut pengaturan beracara dengan prodeo, sidang keliling/zitting plaats, dan pos penyelenggaraan layanan hukum yang masih menjadi wewenang pengadilan.

Rapat diikuti Hakim Agung, seluruh unsur direktoral jenderal MA-RI, Bapenas,    tim asistensi pembaharuan, C4J Usaid. Untuk Direktorat Jendral Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, hadir Brigjen Anthon R. Saragih, S.H., M.H. Direktur Binganismin Peradilan Militer, H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Direktur Binganismin Peratun, Sutikno Effendi, S.H. Kasudit Binminmil, Sudiyono, S.H., Kasi Tata Kelola Peratun, A. Sefudin, S.H., M.H. Kabag. Perencanaan dan Keuangan serta Santoso, Kasubbag Anggaran dan Pembendaharaan. (ymw/ns)


25 November 2013

Ketua Kamar TUN MA RI Meresmikan Mushola PTUN Jambi

Jambi - Jumat, 22 November 2013 Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung RI, DR. H. Imam Subechi, SH, MH meresmikan bangunan mushola di Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi yang siap digunakan. Mushola tersebut diberi nama Mushola Fathul Mahkamah.

peresmian1 peresmian2 peresmian3


22 November 2013

Pelantikan Dirbinganismil Ditjen Badilmiltun dan Pejabat Eselon di Lingkungan Mahkamah Agung R.I

Jakarta - Pada hari Kamis, 21 November 2013, Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bapak Nurhadi, SH., MH., melantik Brigjen TNI Anthon R. Saragih, SH., MH., sebagai Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun MA-RI bertempat di ruang Prof. Dr. Mr. Wirjono Prodjodikoro, Gedung Mahkamah Agung RI Jalan Medan Merdeka Utara No. 19-13 Jakarta Pusat. Bersama-sama dengan Brigjen TNI Anthon R. Saragih, SH., MH., dilantik pula delapan orang pejabat eselon lainnya sehingga secara keseluruhan pejabat yang dilantik berjumlah sembilan orang. Pelantikan tersebut dimulai tepat pukul 11.00 Wib dan berlangsung dengan khidmad, dihadiri oleh para pejabat eselon, staf dan pegawai Mahkamah Agung RI serta para istri pejabat yang dilantik.

Dalam satu kesempatan ramah tamah sesaat setelah resmi dilantik sebagai Dirbinganismil Ditjen Badilmiltun MA-RI, dengan didampingi oleh istri tercinta, Ibu Sri Prasetyaningtyas Ayu, Brigjen TNI Anthon R. Saragih, SH., MH., menyampaikan keseriusannya untuk membangun Peradilan Militer dalam hal pembinaan dan pengembangan personil, baik tenaga teknis maupun tenaga non teknis agar lebih giat lagi belajar, bekerja, meningkatkan kemampuan secara maksimal demi kemajuan lingkungan Peradilan Militer. Optimisme tinggi terpancar dari raut wajah Bapak Direktur Binganismil yang baru tersebut untuk dapat segera bekerja, menuangkan ide-ide kreatif dan memimpin gerbong Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer. Namun demikian, beliau mengutarakan bahwa sikap dan semangat positif untuk membangun lingkungan Peradilan Militer akan mustahil dilaksanakan oleh satu atau dua orang saja, tetapi harus menjadi satu kesatuan kerja secara utuh dari segenap komponen yang terlibat di dalam lingkungan Peradilan Militer itu sendiri sehingga hasil yang dicapai nantinya merupakan sebuah hasil kerja yang terkoordinasi dengan baik melalui kerjasama seluruh pihak yang berkompeten dalam lingkungan Peradilan Militer.

Selamat kepada Bapak Brigjen TNI Anthon R. Saragih, SH., MH., selamat bekerja, memimpin Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer, semoga sukses membawa kemajuan secara keseluruhan di lingkungan Peradilan Militer. (HD)

Galeri Foto

Lampiran Nama Pejabat Dilantik


15 November 2013

Ditjen Badilmiltun Menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011

skp14novBogor – Kamis, 14 November 2013. Ditjen Badilmiltun menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Kegiaan diikuti oleh seluruh pejabat dan staf di lingkungan Ditjen Badilmiltun. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Royal, Bogor dengan menghadirkan narasumber Drs. Mamat Rahmat, MM, Widyaiswara Madya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Drs. Darwis, M.Eng, Kepala Bagian Pengembangan Teknologi Informasi Mahkamah Agung ditambah seorang konsultan IT yang sedang mengembangkan aplikasi SIMARI. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum.

Sesuai dengan isi PP No. 46 Tahun 2011, maka penilaian prestasi kinerja pegawai negeri sipil terdiri dari unsur SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dan perilaku kerja. Sehingga dalam sosialisasi banyak diterangkan tentang SKP, seperti bagaimana membuat formulir SKP, formulir pengukuran SKP, dan formulir penilaian kinerja (hasil pengukuran SKP digabungkan dengan perilaku kerja).

Mahkamah Agung sendiri juga sedang mengembangkan program SKP ini didalam aplikasi SIMARI, dimana setiap pegawai akan diberi akun untuk login dan mengisi sendiri formulir SKP nya, dan untuk atasannya yang berwenang menilai kinerja pegawai tersebut dapat memeriksa dan memberikan penilaian langsung dari aplikasi ini.

Penilaian kinerja menggunakan sistem SKP ini rencananya akan dilaksanakan oleh Mahkamah Agung mulai 1 Januari 2014, menggantikan sistem penilaian kinerja sebelumnya, DP3. (ns)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2120
mod_vvisit_counterYesterday1840
mod_vvisit_counterThis week8356
mod_vvisit_counterAll days7357630

We have: 159 guests, 9 bots online
Your IP: 52.201.27.211
 , 
Today: Mar 21, 2019

peraturan-button