PELANTIKAN SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG RI

IMG 5911 Medium

Jakarta- Ditjen Badilmiltun. Hari ini Selasa, 22 Desember 2020 pukul 10:00 WIB, Dr. H. Hasbi, M.H., resmi dilantik sebagai Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia menggantikan A.S Pudjoharsoyo yang telah habis masa jabatannya pada Agustus lalu. Pelantikan dilaksanakan di ruang Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan agar acara tetap berjalan lancar tanpa adanya penyebaran virus covid-19.

Dr. H. Hasbi, M.H., lahir di Menggala, Lampung, pada 22 Mei 1967 dan memulai karir sebagai Calon Hakim di Pengadilan Agama Sungailiat pada tahun 1994. Kemudian menjabat sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Pangkalpinang (1997-2000) dan Hakim pada Pengadilan Agama Tenggamus (2000-2002). Selain itu, beliau juga pernah menjadi Asisten Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama tahun 2002-2005 yang kemudian menjabat sebagai Asisten Wakil Ketua Mahkamah Agung  pada 2005-2007. Alumnus Pondok Pesantren Darussalam Gontor tersebut juga pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (2015) dan teakhir menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI pada 2018-2020.

IMG 5928 Medium

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Surat keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor 193/TPA Tahun 2020 tanggal 8 Desember 2020 tentang  Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung.

Pada acara pelantikan ini Ketua Mahkamah Agung mengatakan jabatan Sekretaris Mahkamah Agung menjadi tumpuan bagi keberlanjutan program-program strategis Mahkamah Agung di masa yang akan datang. Kesekretariatan Mahkamah Agung mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam mendukung Ketua Mahkamah Agung dan Pimpinan Mahkamah Agung dalam menyelenggarakan koordinasi dan dukungan teknis, administrasi, organisasi dan finansial kepada seluruh unsur di lingkungan Mahkamah Agung dan peradilan dibawahnya. Beliau juga berharap agar anggaran besar yang ada pada tahun 2021 dan seterusnya dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dan sebersih-bersihnya oleh jajaran Kesekretariatan Mahkamah Agung maupun peradilan di bawahnya tanpa adanya penyelewengan sedikitpun.

IMG 6017 Medium

Selain itu, beliau juga berpesan kepada Sekretaris Mahkamah Agung agar dapat mempertahankan predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK yang telah diperoleh Mahkamah Agung selama 8 kali berturut-turut dan selalu berkoordinasi membuat laporan Tri-Wulan kepada Ketua Mahkamah Agung berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas kesekretariatan Mahkamah Agung Republik Indonesia.