Panduan Installasi Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP Peradilan Militer

Berikut ini dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan installasi Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS) Peradilan Militer, adapun software-software pendukung yang wajib terinstall pada perangkat yang digunakan ialah sebagai berikut :

  • WinRAR atau WinZip atau 7Zip
  • WinSCP atau FileZilla
  • SQLYog
  • Notepad++ atau SublimeText atau software text editor lainnya
  • Putty

Sebagai langkah awal, extract terlebih dahulu file master Aplikasi Mis. Sebagai contoh, penulis melakukan extract di dalam direktori download.

Kemudian, bukalah WinSCP atau FileZilla (direkomendasikan menggunakan WinSCP). Pilih file protocolnya SFTP, lalu masukkan IP Address Server CentOS-nya dan masukkan username root serta jangan lupa untuk memasukkan password Server CentOS-nya. Selanjutnya klik login


Setelah itu melalui WinSCP atau FileZilla masuklah ke dalam direktori /var/www/html/. Apabila menggunakan WinSCP, pada bagian kolom kanan klik Open Directory/Bookmark atau tekan Ctrl+O.


Selanjutnya akan tampil Open Directory, isikan dengan /var/www/html/ dan klik tombol OK. 


Pastikan posisi saat ini telah berada di dalam direktori /var/www/html/ seperti pada gambar di bawah ini.


Pada kolom sebelah kiri, lik Open Directory/Bookmark atau tekan Ctrl+O


Berikutnya akan tampil Open Directory, klik browse dan pilih direktorinya download (karena penulis melakukan extract Aplikasi MIS-nya pada direktori download). Lalu, klik tombol OK. 


Klik kanan direktori mis kemudian pilih opsi Upload dan pilih lagi opsi Upload


Kemudian akan tampil Upload file mis to remote directory, pastikan sudah terisi dengan /var/www/html/*.* seperti pada gambar di bawah ini. Klik tombol OK untuk memulai proses upload


Tunggu hingga proses upload selesai. 


Langkah selanjutnya, bukalah Aplikasi Putty dan masukkan IP Address Server CentOS-nya (untuk Port biarkan tetap 22). Lalu klik tombol OK. 


Selanjutnya masukkan username root dan masukkan password Server CentOS-nya. 


Melalui Putty, jalankanlah perintah berikut chown -R apache.apache /var/www/html/ 


Kembali lagi ke WinSCP, masuklah ke dalam direktori mis (di double-click). Kemudian akan tampil nama-nama direktori seperti : application, assets, system. Double-click pada direktori application dan setelahnya double-click pada direktori config. Sehingga lokasi saat ini ialah /var/www/html/mis/application/config/.


Cari dan edit file database.php 


Setelah file database.php terbuka edit pada bagian dbname=sipp, apabila nama Database SIPP bukanlah sipp (huruf kecil), maka harus diganti. Sebagai contoh, nama Database SIPP milik penulis ialah dilmil_jakarta. Maka pada dbname=sipp diganti menjadi dbname=dilmil_jakarta, lalu pada 'database' => 'sipp', diganti dengan 'database' => 'dilmil_jakarta', Kemudian untuk 'password' => 'm4ut4uAj@', diganti dengan password MySQL/MariaDB pada Server CentOS-nyaApabila telah selesai klik save (icon disket, pada pojok kiri atas).


Tunggu hingga proses Upload selesai 


Untuk memastikan installasi Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS), silahkan buka IP Address Server CentOS-nya, sebagai contoh IP Address Server milik penulis ialah 192.168.100.191, maka pada Browser Chrome/Mozilla Firefox bukalah http://192.168.100.191/mis/. 


Kembali lagi ke Aplikasi WinSCP, pada bagian kolom kanan klik Open Directory/Bookmark atau tekan Ctrl+O. 


Berikutnya akan tampil Open Directory, ketiklah /etc/ dan klik tombol OK


Pastikan saat ini lokasi direktorinya sudah berada di /etc/, dan carilah file php.ini. Setelah itu klik kanan dan pilihlah edit


Setelah file php.ini terbuka carilah ;date.timezone. Pastikan date.timezonenya ialah date.timezone = Asia/Jakarta. Atau bisa juga diisi dengan (silahkan dipilih) Asia/Jayapura atau Asia/Makassar atau Asia/Pontianak. date.timezone berguna untuk mengatur zona waktu pada seluruh Aplikasi Web (SIPP, PTSP, MIS, dan lain-lain). Selanjutnya klik simpan (icon disket, pada pojok kiri atas).


Login ke dalam Aplikasi MIS. Selamat mencoba 

(@x_cisadane)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca